Honda Tampilkan Konsep Hornet di EICMA 2021, Jadi Pesaing Triumph Trident 660?

Honda Tampilkan Konsep Hornet di EICMA 2021, Jadi Pesaing Triumph Trident 660?

Honda mengungkapkan sepeda motor konsep baru di EICMA 2021. Hadir dalam wujud karya seni 3D, model itu diindikasi sebagai kembalinya nama 'Hornet' di pasar internasional. Belum banyak informasi tentang unit purwarupa itu. Namun yang bisa dipastikan kalau ia tergolong motor sport kelas menengah.

Selain CBR1000RR-R Fireblade Edisi 30th Anniversary dan skuter ADV350, Honda Hornet Concept juga menjadi perhatian pengunjung EICMA 2021. Tak seperti biasanya, model prototipe yang dikenalkan beruwujud patung. Ia dtampilkan di area khusus di dalam stand Honda, menggunakan efek cahaya 3D dan suara yang menggambarkan kembalinya generasi Hornet.

Karya seni yang ditampilkan merupakan hasil pahatan dan dikerjakan secara detail oleh computer. Bentuk Hornet masa lampau seakan hilang. Ciri khas lampu depan bundar besar dan bingkai tulang punggung yang tersembunyi di bawah tangki tak lagi tampak. Cukup banyak evolusi yang diberikan.

Hornet concept

Lampu melingkar itu diganti dengan desain terintegrasi yang tajam. Mirip desain KISKA yang disematkan pada KTM Duke terbaru. Sementara sisi tangki menjulang ke depan agar sejajar dengan garpu. Di bagian belakang, joknya memiliki nuansa Fireblade, dengan intake yang berbeda di kedua sisi bagian pengendara dengan ekor tinggi dan runcing. Selain itu, swingarm konvensional dua sisi dan sistem pembuangan yang dipasang di perut menjaga tampilan keseluruhan tetap bersih.

Mesin yang ditunjukkan pada profil jelas kompak. Informasi pers Honda mungkin kurang fakta dan angka, tetapi di situ masih menonjolkan “exhilarating engine performance” dari model Hornet asli. Sementara keterangan pada video yang dirilis di YouTube menyebut motor itu “a middle-class naked of ultramodern design and high-revving engine character” atau naked bike kelas menengah dengan desain ultramodern dan mesin berkarakter di putaran tinggi.

Hornet concept

Itu mungkin mengisyaratkan empat silinder, yang merupakan faktor konsisten pada Hornet masa lalu. Terlepas dari kapasitasnya, informasi dari Jepang mengatakan kalau Hornet baru mengambil basic mesin dari model yang sudah ada saat ini.

Honda memang tidak memberikan beberapa petunjuk tentang mesin Hornet baru. Video menunjukkan apa yang tampak di situ seperti sepasang piston berdampingan, menunjukkan Kembar-Sejajar. Proyeksi mesin seperti itu mirip dengan Africa Twin dan Rebel 1100. Tata letak keseluruhan komponen juga menunjukkan arsitektur yang lebih kompak.

Hornet concept

Untuk diketahui, Honda Hornet pertama kali dikenalkan di Eropa pada 1998. Saat itu ditenagai oleh mesin 599 cc empat silinder segaris, berpendingin cairan. Unit ini terakhir diproduksi pada 2013.

Kemungkinan Honda bakal mengungkap model produksi Hornet pada 2022, diikuti dengan debut internasionalnya. Bila benar datang tahun depan dan masuk segmen kelas menengah, tentu langsung berhadapan langsung dengan Triumph Trident 660 atau Kawasaki Z650. (Bgx/Tom)

Sumber: Motorcycle, Ride Apart

Baca juga: Simak 11 Fakta Menarik Honda ADV350 yang Baru Saja Mendebut

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor