• Wishlist

Honda Genio atau Yamaha Soul GT?

Honda Genio atau Yamaha Soul GT?

Honda Genio dan Yamaha Soul GT terlihat sangat berbeda peruntukkan dari tampilan.  Sekilas, keduanya tak komparatif. Nyatanya harga dua motor ini mirip, dan beragam spesifikasinya pun menarik dibandingkan.


Jika dibandingkan sesama tipe tertinggi, Genio CBS-ISS Rp 17,7 juta, sedang skutik Soul GT AKS SSS Rp 17,8 juta OTR Jakarta. Hanya beda Rp 100 ribu. Sebelum membeli di antara keduanya, simak ulasan ini.


Mesin


Honda Genio


Honda Genio menggendong mesin 110 cc SOHC generasi terbaru. Konon pengembangan utama di konstruksi yang sangat overstroke. Diameter dan langkahnya sebesar 47 x 63,1 mm serta rasio kompresi lebih padat, 10:1. Alhasil, meski tenaganya cuma 8,9 hp, torsinya mampu tembus 9,3 Nm.


Tujuan utamanya, kenyamanan berkendara dan efisiensi. Klaim pabrikan, konsumsi bahan bakarnya mencapai 59,1 km/liter (fitur ISS on). Pengujian dilakukan dengan metode ECE R40. Matematika sederhananya, dari kondisi tangki penuh (4,2 liter), maka skutik ini dapat menempuh hingga 248 km.


Jantung mekanis Yamaha Soul GT lebih besar, 125 cc. Menggunakan teknologi Bluecore, SOHC, berpendingin carian dengan sistem pembakaran fuel injection. Mesin satu silinder miliknya mampu mengeluarkan torsi puncak 9,6 Nm di 5.500 rpm dan tenaga maksimal 9,5 hp di kitiran 8.000 rpm. Meski kapasitas mesinnya lebih besar, di atas kertas torsinya tak terlalu beda jauh dengan Honda Genio.


Mesin keduanya juga sudah dilengkapi penunjang efisiensi berupa penyala mati mesin otomatis. Tak cuma itu, masing-masing mengedepankan pendekatan mesin yang lebih halus dengan generator terintegrasi dengan dinamo starter. Efeknya, nyala mati mesin lebih halus.


Fitur


Yamaha Soul GT


Fitur kedua motor ini relatif mirip. Baik Honda Genio maupun Yamaha Soul GT sudah membenamkan aneka piranti pendukung untuk kepraktisan, efisiensi, hingga keamanan.


Bagasi 14 liter, dimiliki oleh keduanya. Hal ini cukup unik, menilik dimensi Genio dari luar tampak tak lebih besar dari Soul. Meski demikian, skutik Yamaha lebih unggul karena bagasinya bisa menampung helm. Di sisi lain, motor lambang sayap menyediakan soket power outlet. Jadi bisa mengecas peranti elektronik dengan aman.


Lampu LED, sudah digunakan oleh Genio dan Soul, utamanya untuk lampu depan. Fungsional, dan memungkinkan desain keren pada paras yang ekspresif. Panel indikator digital, Genio sudah pakai, jadi beragam data bisa tersaji dengan lebih informatif, model Yamaha masih analog.


Keamanan


Peningkat keamanan motor, kami nilai Yamaha lebih andal. Kunci canggih berbasis remote sudah digunakan untuk meningkatkan perlindungan (Advance Key System). Meski masih mengandalkan batang besi untuk memainkan kontak, namun lebih unggul dari Genio yang pakai kunci magnetik biasa.


Terkait keamanan pengendaraan, kunci rem sudah dipakai keduanya untuk roda belakang, fungsional ketika sedang ingin berhenti di tanjakkan. Nah, meski keduanya belum pakai ABS untuk rem, namun Honda memberikan rem kombinasi (CBS-combi brake system). Hal ini tak dilakukan Yamaha.


Dimensi


Kedua motor ternyata punya dimensi yang relatif mirip. Padahal desainnya sekilas menyiratkan Soul lebih besar dari Genio. Nyatanya angka di atas kertas berkata beda.


Honda Genio malah sedikit lebih unggul dengan ground clearance mencapai 147 mm. Soul cuma 135 mm, harusnya skutik buatan Sunter bisa lebih andal menerjang jalanan yang tak rata maupun genangan air.


Efek bobot motor Genio yang lebih ringan juga harusnya berimbas positif pada pengendalian. Berbekal rangka baru, skuter Honda ini bisa mereduksi bobot hingga tinggal 90 kg. Lebih ringan 8 kg dari model Yamaha. (Bgx/Van)


Baca Juga: Harga Cuma Beda Rp 27 Ribu, Pilih Honda Revo X atau Yamaha Vega Force

Jelajahi Yamaha Soul GT AKS

Yamaha Soul GT AKS Rp 17,3 - Rp 17,8 Juta Cicilan : Rp 394.724

Bandingkan & Rekomendasi