Gambar Paten Skutik Honda Terungkap, Mirip SH150i

Gambar Paten Skutik Honda Terungkap, Mirip SH150i

Gambar paten motor baru Honda bocor di dunia maya. Cetak biru yang tersebar itu telah didaftarkan ke lembaga kekayaan intelektual internasional. Konsep desainnya seperti SH150i tapi tampangnya lebih modern dan futuristis. Paling menarik, siluetnya terlihat banyak lekukan bodi dinamis minim sudut.


Dari foto yang tersiar, sepetinya ditujukan sebagai motor prototipe bukan untuk produksi massal. Secara umum desainnya masih belum memenuhi syarat dan perlengkapan road legal. Namun tetap saja itu sebuah hal menarik. Pasalnya jika Honda Merilis sebuah motor konsep, biasanya memang ada agenda lain di baliknya.


Jika dilihat dari beberapa foto yang bocor, desainnya lebih ke arah motor konsep dengan style retro modern. Cukup radikal untuk ukuran skutik yang dibungkus dengan bodi yang melengkung dinamis. Semua terlihat menyatu mulai dari depan lalu ke dek, hingga ke belakang. Bagian kokpitnya menarik. Terdapat visor tipis yang melindungi spidometer. Komponen itu pun terpasang tanpa ada embel-embel baut, lantaran menyatu dengan cover setang.


Desain skutik baru Honda bocor


Untuk bagian depan terdapat headlamp sipit mirip huruf V. Tentunya jika ini motor untuk masa depan, sudah dipastikan menggunakan teknologi LED. Bawahnya ada sepatbor yang tidak lazim. Piranti itu hanya menutupi bagian atas saja, tidak sampai ke belakang roda. Namun bentuknya lancip nan sporty.


Di balik tameng depan, terlihat seperti ada dua glove box di tiap sisi yang tertutup rapi. Besar kemungkinan salah satunya menjadi tempat power charger. Komponen itu sangat lazim dan memang menjadi piranti wajib yang disediakan untuk motor zaman skearang. Di situ tidak tampak rumah anak kunci, apakah pihak pabrikan memiliki teknologi baru dalam hal keamanan, masih butuh pembuktian lebih.


Baca juga: Honda CT125 Hunter Cub Tampil Sangar di Tangan Builder Thailand


Ia mengdopsi footboard model rata dan punya ukuran cukup luas. Jadi terlihat mirip dengan Honda SH150i yang ada sekarang. Bagian joknya pun sangat mirip dengan skutik 150 cc yang dijual Rp 41,9 juta. Namun di bawah kursinya itu belum bisa dipastikan berapa besar bagasinya. Semoga saja bisa menampung sebuah helm full face.


Selaras dengan bodinya, dipasangkan pelek berdiameter besar. Bentuknya pun didesain unik seperti turbin. Untuk menopang tubuh bagian belakang, pabrikan hanya menaruh satu suspensi di sebelah kiri. Bentuk CVT dan filter udara di atasnya pun hampir serupa dengan skutik premium Honda. Lalu wujud knalpot dibuat lebih simpel, serasi dengan bagian ekor yang tajam.


Bocoran desain skutik baru Honda


Meski belum diketahui mengenai basis mesin yang digunakan, kemungkinan kuda besi ini mewakili kelas 150 cc sampai 160 cc. Dari situpun terlihat kalau ia masih menggunakan pembakaran bensin dan CVT, bukan bertenaga listrik. Tetapi tidak menutup kemungkinan skuter ini hadir dalam full elektrik kedepannya.


Walau desain ini masih mentah, ada beragam alternatif untuk pilihan mesinnya. Bisa saja menggunakan mesin 150 cc lain seperti Vario, PCX, ADV maupun SH150i. Namun yang paling mendekati yaitu mesin berkapasitas 156 cc 4 katup, eSP kepunyaan SH150i.


Mengenai fitur yang di tawarkan tentunya belum dapat diketahui hingga saat ini. Namun bisa dipastikan sudah menggunakan panel isntrumen full digital. Dan bisa saja mengaplikasikan fitur konektivitas yang sedang tren sekarang. Bentuknya persegi panjang dan berada tepat di tengah setang. Sementara sistem pengereman depan menggunakan model cakram, dikombinasikan dengan rem tromol untuk belakang. Hal ini lazim diaplikasikan pada skutik Honda saat ini.


Selain gambar paten, belum terdapat bocoran informasi lainnya dari pabrikan Honda. Jangankan tanggal peluncurannya atau di mana bakal dikenalkan, nama dan modelnya saja masih tanda tanya. Tetapi kehadiran motor baru selalu menjadi antusias tersendiri bagi pecinta roda dua. (Bgx/Tom)


Sumber: visordown


Baca juga: Honda Mengenalkan CBR600RR Model Baru Berwajah Modern

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store