• Wishlist

Drag Race, Kawasaki Ninja H2R Kalahkan Semuanya, dari Jet Tempur sampai Mobil Balap F1

Drag Race, Kawasaki Ninja H2R Kalahkan Semuanya, dari Jet Tempur sampai Mobil Balap F1

Belakangan beredar sebuah video yang membuat penontonnya mungkin tidak percaya. Bagaimana tidak, motor sport Kawasaki Ninja H2R mampu mengalahkan beragam jenis kendaraan, mulai dari mobil supercepat sampai pesawat jet.

 

Dalam videonya, Kawasaki Ninja H2R mengadu kecepatan di landasan udara dalam ajang Teknofest Istanbul, Turki. Daftar lawannya jet tempur F-16, mobil balap F1 Red Bull, dan mobil listrik Tesla S P100DL. Penantang lainnya yang juga ikut dalam adu cepat ini Aston Martin New Vantage dan Lotus Evora GT430, dua spesies kendaraan sport bermesin konvensional.

Pada saat balap dimulai, Kawasaki H2R tampak tertinggal dengan para lawannya. Mobil F1 Red Bull memang berada di posisi terdepan, disusul Tesla dan Jet F16. Namun, kondisi berubah saat menginjak 500 meter, Kawasaki H2R mulai menyusul mobil F1, pesawat jet dan mobil-mobil lainnya. Dengan waktu kurang 10 detik atau lebih tepatnya 9,43 detik, H2R melesat dan keluar sebagai kendaraan yang tercepat di antara pesaingnya.

Dilansir The Drive, penonton mungkin hanya bisa bertanya-tanya dengan apa yang dilihatnya. Anda masih bisa membayangkannya jika Bugatti Chiron atau Koenigsegg Agera RS yang berjejer melawan mobil-mobil sport itu. Tetapi kenyataannya, empat supercar harus dipecundangi oleh kuda besi bermesin supercharger, Kawasaki H2R. Tentu ini bukan hanya soal tenaga, tapi pembuktian ini juga tak lepas dari bakat seorang pengendara H2R, Kenan Sofuoglu, yang merupakan mantan pembalap Kawasaki di Supersport World Champion yang kini berprofesi sebagai senator di Turki.

Kawasaki H2R keluar sebagai pemenang, mampu melewati mobil balap F1, yang selisihnya hanya 0,04 detik. Kemudian disusul pesawat Jet yang menduduki posisi ketiga. Ini menjadi hal mengejutkan, belum lagi Tesla yang posisinya tidak terlalu jauh, berada di posisi keempat. Namun bagi Tesla, ini bukanlah hasil yang buruk, melihat mesin yang digunakan memang mengusung kenyamanan dalam sebuah sedan, bukanlah mobil balap. Sementara untuk Aston Martin dan Lotus tampak sangat tertinggal dalam perjalanan mereka hingga garis finish, hingga tidak dapat dipastikan siapa yang terakhir berada di lintasan.

Kembali pada H2R, motor itu memang telah menjadi incaran pencinta superbike di seluruh dunia karena tenaganya yang tak diragukan lagi. Untuk spesifikasinya, kuda besi terbuas Kawasaki ini menggendong mesin 998 cc 4-tak supercharger yang mampu mengeluarkan power sebesar 296 dk. Motor ini pernah menyabet maksimal top speed-nya hingga 400 kilometer per jam.

Di Indonesia sendiri, H2R ditawarkan dengan banderol lebih dari Rp 1 miliar. Bahkan sempat terdengar kabar, motor ini tak bisa dijual di Tanah Air karena tenaganya hanya bisa digunakan untuk balap di sirkuit. Namun, Kawasaki Indonesia tetap menjual saudaranya yang lebih dulu ada sejak 2015, Kawasaki H2 yang dibanderol Rp 661 juta dan H2 Carbon seharga Rp 820 juta.

Drag Race, Kawasaki Ninja H2R Kalahkan Semuanya, dari Jet Tempur sampai Mobil Balap F1

Seperti diketahui, pada awal 2018, hanya ada satu unit Kawasaki Ninja H2 Carbon dan sudah ada tuannya. Sesi pembukaan selubung atau unboxing juga dihadiri jajaran direksi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), di depan pemilik dan para awak media. Motor ini tidak berbeda jauh dengan H2 standar. Mesinnya berkapasitas 998 cc empat silinder segaris dengan supercharger. Supercharger inilah yang membuat performanya menjadi luar biasa hingga mampu memuntahkan torsi puncak 133,5 Nm pada 10.000 rpm dan tenaga maksimal 215 PS pada 11.000 rpm. (Yrk/Van)

Sumber: The Drive

Baca Juga: Honda Premium Matic Day, Ajang Silaturahmi Pemilik Skutik Mewah 

Jelajahi Kawasaki Ninja H2

Kawasaki Ninja H2 Rp 679 - Rp 820 Juta Cicilan : Rp 15,49 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store