Dijual Rp 169,2 Juta, Ini Ubahan Honda CMX 500 Rebel Terbaru

Dijual Rp 169,2 Juta, Ini Ubahan Honda CMX 500 Rebel Terbaru

Astra Honda Motor segarkan CMX 500 Rebel untuk mengisi segmen big bike cruiser. Pabrikan mengimbuhi opsi warna anyar dan sedikit pembaruan pada unit yang dijual di Indonesia. Ia disuguhkan buat konsumen yang mencari identitas di atas motor. Tapi tetap mendapatkan ruang untuk berkreasi atau modifikasi sesuai kehendak personal. Harganya pun nyaris menyentuh Rp 170 juta. Sebelum beli, simak deret rombakan.

Honda Rebel baru meluncur

Assist Slipper Clutch

Peranti ini sangat signifikan mempermudah dan memperhalus perpindahan gigi. Salah satu manfaatnya ialah membuat tuas kopling menjadi lebih ringan dari model lawas. Dan mengurangi efek engine break ketika melakukan penurunan gigi dengan cepat. Jadi, ia memiliki assist cam dan slipper cam. Dua benda ini bisa mengoperasikan pelat kopling bareng atau terpisah.

Lantas bagaimana cara kerjanya? Assist clutch bekerja saat motor berakselerasi. Sebaliknya, slipper clutch bertindak kala motor deselerasi alias melakukan penurunan gigi (downshift). Ambil contoh bila Anda melesat kencang dan mendadak turun gigi, kerap terjadi back torque atau torsi berlebih. Motor yang tidak dibekali peranti itu berpotensi besar selip. Ban belakang sontak kehilangan traksi pada permukaan jalan hingga kendaraan sulit dikendalikan. Fitur sangat membatu menekan semua gejala itu pada Rebel 500.

Baca Juga: Honda Rebel 2020 Meluncur di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

Lampu LED

Cahaya Rebel kian terang berkat sisipan empat buah LED. Bentuk rumah lampu tetap membulat dengan bingkai kromium. Jadi ada kesan paduan retro dan gaya motor kontemporer. Termasuk sepasang lampu sein di depan dan belakang berteknologi dioda, yang terbuat dari bahan semikonduktor. Guna mengimbangi tampilan memesona depan, lampu belakang (tail light) juga diberi teknologi serupa. LED merah kecil melintang di belakang. Posisinya tepat di atas sepatbor. Ubahan tidak terlalu mencolok, tapi lumayan saja.

Honda Rebel dapat lampu LED

Digital Panel Meter

Meter cluster anyar serbadigital. Sehingga lebih terlihat atraktif dan punya beberapa informasi yang bisa Anda lihat. Ia memiliki tampilan LCD negatif. Muncul indikator seperti speedometer, bahan bakar tersedia, Anda bisa melihat posisi gigi dan shift up indikator. Informasi itu melengkapi putaran mesin, kecepatan, jarak perjalanan, rata-rata konsumsi bahan bakar real time. Termasuk penunjuk waktu di bagian atas. Jadi Anda tak perlu repot menengok jam tangan saat berkendara.

"Rebel tidak hanya sekadar menjadi moda transportasi bagi pengendaranya. Ubahan pada model ini kami hadirkan untuk mendukung media ekspresi bagi pecinta sepeda motor. Sesuatu yang memiliki karakter berani namun memiliki selera modern minimalis," ujar President Director AHM, Toshiyuki Inuma, di Jakarta (04/02).

Panel meter digital

Engine Sama

Namanya juga penyegaran, jangan berharap lebih pada sektor engine. Rebel berbekal mesin 471 cc 8 valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder yang diambil dari mekanikal pacu CBR500R. Untuk menyuguh kemampuan jelajah, telah dilakukan ubahan settingan PGM-FI. Sehingga memberi karakter berbeda. Dari model yang berfokus pada performa rpm tinggi di CBR, menjadi output torsi bottom-end. Diklaim penyaluran halus dan linear di seluruh rentang putaran. Torsi maksimum tersedia 43,6 Nm pada 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 33,5 kW di 8.500rpm.

Unit pacu yang ditancap diklaim tetap memberi keseimbangan yang baik. Antara ukuran fisik dan output yang fleksibel. Bore dan stroke dibuat pada 67 mm x 66,8 mm dengan rasio kompresi 10,7: 1. Sementara itu bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm; penyetelan katup jenis shim untuk memperoleh bobot yang ringan. Kemudian ada penurunan beban per katup dan mengurangi gesekan.

Selanjutnya, silent (SV Chain) cam chain memiliki pin yang permukaannya dilapisi dengan Vanadium. Guna mengurangi gesekan serta peningkatan perlindungan terhadap debu. Diameter katup inlet berukuran 26,0 mm bersama diameter katup buang 21,5 mm. Crankcases menggunakan centrifugally cast thin-walled sleeves. Desain internal mengurangi ‘pumping’ losses yang dapat terjadi dengan 180 ° waktu pengapian. Motor ini memiliki bak oli berkapasitas 2,5L. Nilai lebih lain berupa gear box enam-percepatan dirancang mudah dinaikkan dan diturunkan, terutama di perkotaan. Bagaimana menurut Anda. Apakah ubahan kecil itu bikin CMX 500 Rebel menarik dipinang? (Alx/Tom)

Baca Juga: Lengkapi Line Up Big bike, Honda Rilis CRF1100L Africa Twin

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store