CFMoto Kenalkan SR-C21 Concept, Punya Kelengkapan Premium

CFMoto Kenalkan SR-C21 Concept, Punya Kelengkapan Premium

CFMoto mulai kenalkan motor konsep SR-C21. Unit berstatus prototipe itu berjenis sportsbike. Ada indikasi model purwarupanya itu mulai diproduksi pada 2022. Memiliki desain khas kuda besi Eropa dan memiliki kelengkapan yang tergolong premium.

Seperti kita tahu, CFMoto telah bekerja sama dengan KTM, bahkan memiliki 51 persen saham dari produsen sepeda motor Austria. Di antara produsen sepeda motor Cina, CFMoto boleh dibilang salah satu yang paling aktif di pasar Internasional. Produk-produknya secara teratur diekspor ke banyak negara. Apalagi banyak model yang dirilis berdasarkan pengetahuan teknis dari KTM. Tidak hanya itu, perusahaan asal Tiongkok bahkan siap hadir di kejuaraan dunia Moto3 tahun depan.

CFMoto SR-C21 concept

Tak ingin kalah dengan KTM yang telah memperbarui RC 390 dan meluncurkan RC 8C track-only, CFMoto mulai berekspansi ke motor sport. Meski begitu, desain yang ditawarkan menunjukkan referensi dari Eropa, khususnya Ducati dan Aprilia. Nyatanya memang benar, dirancang langsung oleh tim R&D Modena 40 CFMoto yang berada di Benua Biru.

Baca juga: Ini Modal CFMoto 250SR untuk Lawan R25 dan CBR250RR di Indonesia Tahun Depan

Melihat lebih dekat dari teaser yang diterbitkan, berorientasi pada jajaran sportbike SR perusahaan yang saat ini ditempati oleh 300SR dan 250SR. Tapi kalau dilihat dari wujudnya secara keseluruhan, tampaknya memiliki performa yang jauh lebih baik dari pada single 250cc. Meski begitu, motor ini terasa seperti langkah maju yang besar untuk CFMoto, terutama jika Anda melihat line-up mereka dari 10 tahun yang lalu.

CFMoto SR-C21 concept

Unit ini sepenuhnya berfokus pada balapan, lengkap dengan rearset dan swingarm satu sisi yang dirancang dengan indah. Dan dilihat dari knalpot kembar SC-Project, kemungkinan besar memiliki mesin kembar paralel. Namun, pilihan yang akan diambil CFMoto untuk menggerakkan sepeda motor konsep ini masih belum diketahui. Kemungkinan besar kita menemukan mesin yang dikembangkan KTM. Bisa jadi V-twin dengan kubikasi 990cc yang dipasangkan dengan KTM 990 Super Duke. Tapi tampaknya terlalu jauh bila pabrikan Tiongkok langsung melompat ke mesin besar.

Pada titik ini, paling masuk akal bila pakai unit kembar paralel dari 700 CL-X, yang tak lain adalah mesin milik KTM Duke 790. Dengan keluaran tenaga sebesar 94 Hp dan torsi 88 Nm sepertinya sudah terdengar menarik. Dengan cara ini, ia bisa bersaing dengan motor seperti Aprilia RS 660 dan Yamaha R7. Apalagi jika mereka dapat mempertahankan harga di bawah $9.000 (Rp 127 jutaan), mungkin bisa menarik perhatian serius.

CFMoto SR-C21 concept

Mengikuti kemitraan perusahaan dengan KTM, jelas terlihat bahwa CFMoto telah meningkatkan permainannya. Tidak hanya dalam hal kualitas dan keandalan, tetapi juga kinerja secara keseluruhan. Prototipe CFMoto SR-C21 memiliki komponen top-of-the-line seperti suspensi Ohlins, rem Brembo, swingarm belakang tunggal, knalpot SC-Project dan winglet yang terinspirasi MotoGP. (Bgx/Tom)

Sumber: Autoevolution

Baca juga: Suzuki GSX 250 SF Siap-Siap Masuk Indonesia, Ini Indikasinya

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor