Ini Modal CFMoto 250SR untuk Lawan R25 dan CBR250RR di Indonesia Tahun Depan

Ini Modal CFMoto 250SR untuk Lawan R25 dan CBR250RR di Indonesia Tahun Depan

Merek motor asal Tiongkok, CFMoto lewat ATPM-nya PT MForce Indonesia memastikan di awal tahun depan mereka akan memboyong motor sport full fairing berkubikasi 250 cc. Nama yang diusung adalah CFMoto 250SR dan digadang-gadang menjadi lawan dari Yamaha R25 dan Honda CBR250RR.

General Manager 3S Marketing MForce Indonesia, Indra Gumay mengatakan, CFMoto 250SR membawa beberapa fitur andalan yang menjadi nilai jualnya. Menariknya, motor tersebut berbagi platform dengan model rilisan KTM.

250 SR

"Tahun depan sekitar mungkin Maret atau April kita akan luncurkan motor tersebut. Saat ini masih menunggu perizinan dan segera kita luncurkan," kata Gumay saat dikonfirmasi OTO.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Menakar Peluang New KTM RC 390 Dijual di Indonesia

Kabar baiknya juga, motor ini akan dirakit secara lokal di fasilitas perakitan milik MForce di kawasan MM2100 Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat. Sudah pasti harga yang ditawarkan nanti akan menarik dan rasanya bakal kompetitif.

"Saat ini kita belum menentukan harga dan masih dihitung, intinya kita bukan main motor murah tapi motor berkualitas," tambah dia.

250 SR

Modal CFMoto SR Bersaing di Pasar Domestik

Lantas modal apa yang dimiliki CFMoto 250SR untuk memikat konsumen di pasar otomotif dalam negeri? Pertama tentu soal desain yang diusung. Boleh dibilang tak kalah menarik dari Yamaha R25 maupun Honda CBR250RR.

Dia punya panel bodi meruncing di beberapa bagian, ditambah desain knalpot model kolong atau underbelly yang menguatkan DNA-nya sebagai motor racy. Sementara lampu depan dipisah menjadi 2 bagian dan sudah mengusung teknologi LED.

Desain fairingnya cukup atraktif, dengan siluet floating yang memang umum pada motor sport. Mempermanis tampilan, disematkan pula semacam aksen karbon pada bagian samping bodi.

CFMoto 250

Adapun di bagian buritan, desainnya menjadi minimalis dengan tampilan stoplamp yang juga futuristik. Kedua velg sudah pakai tipe cast wheel dengan komposisi peredam kejut berjenis upsid- down 37 mm di depan dan monoshock di belakangnya.

Menyoal informasi teknis dari laman resmi CFMoto Global, 250SR memiliki jantung pacu DOHC 249,2 cc, 1-silinder, 4-tak, 4-katup, pendingin cairan, pengabut injeksi, dan sudah dibenamkan engine balancer shaft untuk mereduksi getaran.

Di atas kertas memiliki tenaga maksimal 20,5 kW atau sekitar 27,1 daya kuda pada putaran mesin 9.750 rpm dan torsi puncak 22 Nm di 7.500 rpm. Output tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan yang sudah mendukung assist & slipper clutch.

250 SR

Sementara buat mengimbangi output mesinnya, CFMoto 250SR dibekali pengereman cukup apik. Di depan sudah tipe cakram dengan tebal piringan 292 mm 1 kaliper 4 piston. Sementara di belakang pakai ukuran cakram 220 mm dengan 1 kaliper piston tunggal.

Modal yang tak kalah menarik adalah penyematan beberapa fitur canggih. Mulai dari LCD panel meter dengan interface modern yang menampilkan ragam informasi penting dari kendaraan, pengereman dual ABS (Anti-lock Braking System), sampai hadirnya peranti power modes dengan 2 pilihan yakni Sport serta Rain.

Masih Usung Mesin 1-Silinder

Yap, seperti penjabaran teknis di atas, motor ini memang masih mengemas mesin 1-silinder yang boleh dibilang kurang pamornya di Indonesia, terkhusus segmen seperempat liter. Menarik ke belakang di 2010 lalu, contoh nyatanya adalah Honda CBR250R 1-silinder yang kalah telak dari rivalnya Kawasaki Ninja 250 2-silinder.

250 SR

Meski begitu dengan segala modal yang dimiliki CFMoto SR 250 motor ini rasanya akan menggairahkan pasar motor sport di Tanah Air yang belakangan ini memang lesu penjualannya. Besar kemungkinan juga motor ini jadi alternatif selain Kawasaki Ninja 250 SL dan KTM 250 RC yang sama-sama menggendong mesin seperempat liter 1-silinder.

Terkait harganya, CFMoto 250SR di Malaysia dibanderol 15.800 RM atau setara Rp 53 jutaan. Pertanyaan yang muncul sekarang, berapa harga yang pantas untuk pasar Indonesia setelah dirakit secara lokal nanti? Kita tunggu saja saat momen peluncurannya. (Kit/Tom)

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-4R Siap Masuk Jalur Produksi, Ini Bocorannya

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor