Suzuki GSX 250 SF Siap-Siap Masuk Indonesia, Ini Indikasinya

Suzuki GSX 250 SF Siap-Siap Masuk Indonesia, Ini Indikasinya

Suzuki akan meluncurkan motor baru berjenis sport full fairing GSX 250 SF di Indonesia. Rencana awalnya, motor tersebut akan diperkenalkan ke publik pada triwulan kedua 2021 namun hingga saat belum ada tanda-tanda mereka akan merilisnya.

Sinyal Suzuki GSX 250 SF akan meluncur di Indonesia terendus pertama kali setelah adanya informasi bahwa Suzuki Indonesia telah mendaftarkan Nilai Jual Beli Kendaraan Bermotor (NJKB) motor tersebut di laman resmi Permendagri Nomor 1 Tahun 2021.

Dalam situ resmi Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, nilai NJKB-nya adalah Rp 34,5 juta. Namun perlu dicatat, NJKB merupakan angka dasar jual kendaraan yang belum dikenakan pajak oleh pemerintah. Dan jika nanti sudah meluncur banderol resminya akan lebih mahal karena dikenakan pajak seperti PKB sampai BBN-KB.

Terkait statusnya, motor ini dikabarkan akan dijual secara CBU (Completely Built Up) alias diimpor langsung dari negara India. Sebelumnya, Suzuki GSX 250 SF belum lama ini juga sudah meluncur di Thailand dengan nama Gixxer SF berbanderol Rp 60 jutaan.

Lantas kapan motor ini akan diluncurkan? Mengingat merek roda dua Suzuki sampai saat ini belum melansir produk baru untuk para konsumennya di Indonesia. Saat dikonfirmasi, Head of PR & Digital Suzuki, Rudiansyah memilih irit bicara soal GSX 250 SF. "Nanti kami informasikan, ya walaupun jadi diluncurkan. Mohon doanya," kata Rudi singkat saat dihubungi OTO.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Beli Honda Vario 150 Sekarang Dapat Potongan Tenor Senilai Rp 5 jutaan

Suzuki Gixxer SF 250

Spesifikasi Suzuki GSX 250 SF

Suzuki GSX 250 SF pertama kali diperkenalkan pada gelaran Tokyo Motor Show 2019 lalu. Saat itu pabrikan menghindarkan 2 model berbeda, pertama varian fairing dan model naked bike-nya.

Dari tampilan, GSX 250 SF masuk kategori motor sport-touring dengan dimensi yang kompak dan desain setang yang dibuat sedikit tinggi. Dia memiliki panjang 2.010 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.035 mm. Dapur pacunya mengusung mesin 1-silinder, 4-tak, SOHC, 248 cc, 4-katup, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi.

Klaim Suzuki, motor ini memiliki tenaga maksimal 26,5 dk di 9.300 rpm dan torsi puncak menyentuh 22,6 Nm pada putaran mesin 7.300 rpm. Output mesin tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

Soal fitur, Suzuki GSX 250 SF sudah dibekali sistem pencahayaan LED di headlight dan juga stoplamp. Namun sayang, untuk penanda sesin masih menggunakan tipe bohlam konvensional. Motor ini juga dilengkapi dengan LCD panel meter yang menampilkan informasi penting dari kendaraan. Sementara untuk peranti keselamatan sudah dipasangi fitur ABS (Anti-lock Braking System) dual channel pada roda depan dan belakang.

Suzuki Gixxer SF 250

Siapa pesaingnya di Indonesia?

Bicara rivalnya di Tanah Air, dengan racikan mesin yang diusung Suzuki GSX 250 SF akan lebih cocok bertarung dengan Kawasaki Ninja 250 SL, KTM 250 RC, atau calon motor baru asal Cina nanti CFMoto 250SR yang sama-sama mengemas mesin seperempat liter 1-silinder.

Bagaimana menurut Anda, apakah Suzuki GSX 250 SF bisa mendapat tempat di hati para konsumen dengan spesifikasi dan fitur yang dibawanya? Kita tunggu saja pabrikan membuka tudungnya. (Kit/Raju)

Baca juga: Promo Honda CBR250RR Dapat Potongan Harga Sampai Rp 5,5 juta

Model Motor Suzuki

  • Suzuki GSX R150
    Suzuki GSX R150
  • Suzuki Satria F150
    Suzuki Satria F150
  • Suzuki GSX S150
    Suzuki GSX S150
  • Suzuki NEX II
    Suzuki NEX II
  • Suzuki GSX 150 Bandit
    Suzuki GSX 150 Bandit
  • Suzuki Smash FI
    Suzuki Smash FI
  • Suzuki Address
    Suzuki Address
  • Suzuki Gixxer SF 250
    Suzuki Gixxer SF 250
  • Suzuki NEX Crossover
    Suzuki NEX Crossover
Motor Suzuki

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Suzuki Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Suzuki