Bocor Gambar Paten Desain Diduga Suzuki V-Strom 160

Bocor Gambar Paten Desain Diduga Suzuki V-Strom 160

Mitra Suzuki di Cina, Haojue dikabarkan tengah kembangkan sepeda motor baru dalam bentuk adventure. Informasi itu tersiar dari gambar paten yang bocor secara online. Unit anyar itu menggunakan mesin 160 cc dan diyakini bakal menyandang nama V-Strom.

Dari gambar yang beredar, modelnya sangat mirip dengan V-Strom yang lebih besar. Desainnya sangat memikat dan punya bentuk standar motor tualang. Tampak depannya mencirikan khas motor jelajah Suzuki. Headlight pakai sistem tumpuk dan sepertinya udah LED. Begitu pula dengan sinyal belok yang menempel di sisi cover.

Di bawah lampu utama diberikan sepatbor yang mirip paruh burung. Windshieldnya dibuat tinggi, sesuai dengan konsep motor adventure. Di baliknya ada setang tinggi untuk menunjang stabilitas saat berkendara di medan sulit. Demi menguatkan karakter tualang, tiap sisi kemudi dipasangi handguard. Berfungsi untuk melindungi tangan pengendara.

baby V-Strom

Bodinya mengadopsi sudut tajam. Paling kentara di bagian shroud yang menempel di tangki dan memanjang hingga ke depan. Membuat tampilannya agresif. Sektor tengah dibuat ramping agar paha pengendara mengapit sempurna. Joknya pakai model menyatu, tapi bagian belakang dibuat lebih tinggi. Tak lupa juga ada rear carier atau braket yang dapat langsung diaplikasikan untuk membawa box motor.

Sementara bagian belakang dibiarkan minim cover, agar para pemilik mudah meletakkan side box. Sepatbor belakang pakai model menggantung, lengkap dengan lampu sein dan dudukan pelat nomor. Dilengkapi pula piranti penahan cipratan lumpur atau biasa disebut mudguard. Berkat komponen itu, bagian kolong di bawah jok pembonceng terlihat lebih padat.

Untuk urusan kaki-kaki mengandalkan suspensi teleskopik di depan. Belakang menggunakan suspensi tunggal atau monoshock dan sepertinya terdapat penyetelan preload. Peleknya pakai model palang 10 dan dibungkus dengan ban tipe dual purpose. Ada kemungkinan kalau dirinya dipasangi Anti-lock Braking System (ABS) sebagai standar.

Bicara mesin, Haojue memang telah dipercaya Suzuki untuk membuat produk-produk unggulan. Contoh yang sudah ada seperti Inazuma, DR150, DL250 atau V-Strom 250. Dan yang baru diluncurkan yakni naked bike DR300. Besar kemungkinan model anyar ini mengambil basis dari DR160 yang sudah dijual di Cina. Apalagi dari gambar patennya terlihat logo Haojue dan disinyalir menggunakan kubikasi mesin 160 cc.

2020 Suzuki V-Strom 1050 accessory packs

Jika benar, maka baby V-Strom ini memiliki konfigurasi 162 cc, SOHC, satu silinder, berpendingin udara. Tapi untuk urusan tenaga sepertinya disetel ulang untuk keperluan tualang. Kalau bersumber dari DR160, berarti mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 15 Hp serta torsi 13,5 Nm.

Seri Suzuki V-Strom merupakan salah satu model motor tualang yang cukup populer di pasaran. Produk dari raksasa Jepang ini juga dicintai di sleuruh dunia karena kehebatannya di dalam dan di luar jalan raya. V-Strom versi global yang dijual saat ini hanya punya dua pilihan kapasitas mesin, 650 cc dan 1.037 cc. Namun, ada juga V-Strom 250 yang dijual di Australia, Asia, dan beberapa negara Eropa.

Dengan kapasitas mesin dan tenaga yang lebih kecil, Suzuki V-Strom dirasa cocok dipasarkan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Secara fisik juga cukup menjanjikan jika memang ini menjadi V-Strom 160, untuk menggantikan DR 150 yang urung hadir di Tanah Air. Di sisi lain dirinya juga bisa dipasarkan di Eropa untuk opsi bagi pemula. (Bgx/Tom)

Sumber: Bikewale, Rideapart

Baca juga: Rayakan HUT Satu Abad, Suzuki Rilis GSX-R1000R Edisi Spesial

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store