Begini Spesifikasi Lengkap Triumph Speed Twin

Gambar
Review Pengguna

Triump Speed Twin, motor baru yang mengadaptasi gaya modern-klasik. Pertama kali dikenalkan pada ajang EICMA 2018, lantas masuk Indonesia April 2019. Peluncurannya bertepatan dengan helatan Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Berbeda dengan Thruxton R, ia diklaim lebih nyaman digunakan sehari-hari. Basisnya sebetulnya sama, namun ada peningkatan tenaga berkat racikan mesin baru dan pengurangan bobot karena penggunaan material magnesium. Motor yang diproduksi di Thailand ini, dibanderol Rp 445 juta (off the road). Dengan harga setinggi itu, berikut yang bisa didapat.

Desain

Tak begitu banyak ornamen yang menempel di tubuh Speed Twin. Karakter motor klasik masih kental tersimak. Pahatan tangki, serupa dengan milik Boneville T1200. Khas sekali dengan aksen lekukan di bagian sisinya. Sedangkan jok dan stang, memberikan posisi mengendara yang tegak. Makanya, untuk digunakan harian tak membuat cepat pegal. Berbeda dengan Thruxton R yang begitu merunduk, karena mengusung gaya cafe racer.

Aura lawas juga nampak pada konfigurasi headlamp bulat, stoplamp segaris dan sein terpisah. Untungnya seluruh sumber pencahayaan sudah LED. Elemen yang membuatnya terlihat modern sekaligus sporty, berasal dari penggunaan pelek alumunium palang. Sepatu baru itu dibalut ban berukuran 120/70 ZR17 di depan dan 160/60 ZR17 di belakang. Laburan hitam di pelek, blok mesin dan beberapa titik lainnya juga mendukung gaya sporty.

Fitur

Dalam panel instrumen, informasi disajikan dengan perpaduan digital-analog. Guna mempertahankan gaya klasik, speedometer dan takometer ditunjukkan jarum mekanik. Sedangkan layar LCD monochromenya menampilkan informasi lengkap menunjang kebutuhan pengendara.

Yang spesial, ia dilengkapi tiga riding mode: Sport, Road, dan Rain. Ketiganya bekerja meyesuaikan kebutuhan saluran tenaga ke roda belakang. Adapun kontrol traksi agar ban tak spinning saat tenaga 97PS disemburkan. Semua itu terintegrasi oleh sistem operasi ride-by-wire. Teknologi ini membuatnya mampu memberikan feedback yang responsif. Pada kopling, disediakan torque assist clutch untuk memitigasi risiko engine brake saat deselerasi. Terakhir, Tire Pressure Monitoring System tersedia dalam opsional.

Mesin

Basis mesin yang digunakan sama persis dengan milin Thruxton R. Tapi ternyata Triumph tak hanya menanamkannya, melainkan turut meramu ulang. Berkat penggunaan cover engine dan beberapa part berbahan magnesium, bobotnya tereduksi 10kg. Selain ringan, outputnya pun meningkat tajam.

Mesin 1200cc Parallel Twin yang diusung, berukuran (Diameter x Langkah) 97,6 x 80mm dan kompresi pada rasio 11,0 : 1. Alhasil, membuatnya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 97PS/6.750rpm dan torsi 112Nm/4.950rpm. Melonjak signifikan dari Thruxton R.

Besaran kubikasi jantung pacu, biasa berpengaruh pada hawa panas yang dihasilkan. Namun berkat hadirnya radiator besar, ini cukup teredam. Selain itu, posisi kepala silinder tegak lurus di atas tangki. Makanya hawa panas mestinya hanya tersisa pada area betis saja. Menurut klaim mereka, target pasarnya pun untuk pengendara moge yang ingin menggunakan harian. Artinya, motor ini mestinya cukup reliable dijadikan kendaraan operasional. Ya, setidaknya jika dibandingkan Harley-Davidson yang panas mesinnya mudah membuat sekujur kaki berkeringat.

Rangka & Suspensi

Aplikasi rangka tubular bermodel teralis berdampak pada pengendalian motor yang baik. Selain itu, bobotnya terbilang ringan dan kuat. Sayangnya, suspensi depan masih megandalkan model teleskopik KYB 41mm. Bukan berarti buruk, namun untuk motor seharga ini, fork upside-down mestinya sudah menjadi standar. Apalagi ini varian sporty. Untuk di belakang, suspensi ganda menopang roda dan bisa disetel sesuai kebutuhan.

Pengereman

Menjinakkan Speed Twin seharusnya tak sulit. Selain perangkat elektronik pengatur traksi, peranti remnya juga cukup mumpuni. Dua buah cakram 305mm kaliper Brembo 4-piston dipasang depan. Selain memang bagus, rasanya kami jadi tahu mengapa harganya tinggi. Tapi di belakang tidak ada embel-embel Brembo, melainkan kaliper Nissin 2-piston yang mengapit cakram 220mmnya. Sistem Anti-lock Braking System (ABS) juga turut meminimalisir ban terkunci saat hard-braking. (Hlm/Van)

Baca Juga: Tambah Fitur Ini, Yamaha R15 Jadi Sempurna

Jelajahi Triumph Speed Twin

Triumph Speed Twin Rp 445 Juta Cicilan : Rp 10,15 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store