Virus Corona Masuk Indonesia, GIICOMVEC dan IIMS 2020 Tetap Digelar

Virus Corona Masuk Indonesia, GIICOMVEC dan IIMS 2020 Tetap Digelar

Implikasi sebaran virus Corona merambah berbagai sektor. Khususnya dunia otomotif. Geneva Motor Show pun harus batal. Belum lagi ajang motorsport yang ditunda. Bahkan baru-baru ini Presiden Jokowi mengumumkan dua WNI terjangkit itu. Bahkan Pemprov DKI setop izin acara berskala besar dan meninjau kembali yang sudah dikeluarkan. Tapi pameran kendaraan komersial dan IIMS 2020 dibilang tetap berjalan sesuai jadwal.

Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) berlangsung 5-8 Maret 2020 di JCC Senayan. "Sampai saat ini persiapan untuk GIICOMVEC 2020 masih berjalan sesuai rencana. Arahan dari Gaikindo juga demikian. Masih sangat dini sekali kalau kami batalkan. Ini baru disampaikan. Tindakan yang dilakukan pemerintah juga bagus dan tidak mengkhawatirkan bagi kita," ungkap Romi Amara, President Director Seven Events seperti dilansir Liputan6.com.

GIICOMVEC 2018

Lantas bila digelar adakah tindakan pencegahan? Seven Events sebagai penyelenggara GIICOMVEC, lanjut Romi, mengaku siap antisipasi. Misalnya menyediakan berbagai cairan antiseptik di banyak titik. Termasuk imbauan untuk buang sampah pada tempatnya. Menyoal penurunan jumlah pengunjung akibat virus Corona, ia tak khawatir.

"Masih terlalu dini untuk bicarakan hal itu. Karena ini kan B2B (business to business) jadi pengunjung datang berdasarkan undangan langsung. Bukan visitor umum seperti GIIAS. Ini potensial buyer yang datang untuk membeli kendaraan komersial, karena bukan pameran B2C atau business to consumer," pungkas dia.

Baca Juga: DFSK Siapkan Produk Baru, Perkuat Segmen Komersial?

Sebagai info, GIICOMVEC 2020 diikuti oleh puluhan merek dari industri kendaraan komersial dan pendukung. Mulai dari Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, KIA, Mercedes-Benz. Kemudian Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, United Tractors dan lainnya.

Dari industri pendukung diramaikan oleh Adiputro dan industri karoseri lain, Alcoa Wheels, Aspira, Blackvue, BRQ, GS Astra, Himawan Putra, Incoe. Lanjut Indoprima, MRF Tyres, PanaOil, Regency, Techindotama, Topy, Trubo Engineering, Wintor. Kemudian masih banyak lagi, yang siap membawa suku cadang, aksesori, fitur teknologi dan perlengkapan otomotif. Semua itu melengkapi kebutuhan kendaraan komersial buat pebisnis.

GIICOMVEC diikuti oleh APM dan industri pendukung serta asosiasi terkait

IIMS 2020 Sesuai Jadwal

Kegiatan pameran otomotif lain seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 jua tetap digelar. Hal ini dijabarkan langsung Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara. Ia berserta tim mengaku masih terus memantau dan mendengarkan. Juga ikut prihatin atas kejadian itu. Dan tetap bekerja sesuai jadwal untuk menyiapkan ajang itu pada 9 sampai 19 April 2020.

"Harapannya, semoga tidak ada pengumuman yang lebih berat lagi (dari pemerintah). Tapi, jika berandai-andai pemerintah melarang ya mau tidak mau harus patuh," jelas pria yang karib disapa Kohen. Dyandra tetap menunggu dan melihat perkembangan kondisi terkait penyebaran virus ini. Soalnya, ajang besar tentu melibatkan banyak pihak dan khalayak umum. Bahkan jumlahnya bisa ratusan ribu pengunjung.

"Prinsip kami, keselamatan nomor satu. Tidak hanya pengunjung, tapi juga exhibitor, wartawan, SPG, taruhannya terlalu besar. Jadi, kami tetap memantau. Kalaupun ada keputusan pemerintah untuk menunda dahulu, ya kita harus legowo karena keselamatan nomor satu," imbuh dia.

Tercatat sejauh ini 12 APM kendaraan roda empat turut serta memeriahkan IIMS 2020. Mereka adalah BMW, Brand X, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mini, Mitsubishi, Suzuki, Toyota, Wuling dan satu merek mobil baru yang akan debut khusus di sana. Tak lain ialah Morris Garage.

suasana IIMS

Jenama baru juga datang dari segmen motor. Terdapat 8 APM kendaraan roda dua yang siap memamerkan produk mereka. Misalnya AHM, Benelli, Electro, Kymco, Royal Enfield, Viar, Yamaha, dan brand baru. "Jumlah APM yang ikut serta belum final. Masih ada beberapa brand lagi yang belum bisa kami umumkan saat ini. Dikarenakan demi menghormati timeline promo masing-masing merek," pungkasnya. (Alx/Tom)

Sumber: Liputan6

Baca Juga: Petaka, Virus Corona Gagalkan Pameran Akbar Geneva Motor Show 2020!

Coronavirus

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil