Varian Tertinggi Kia Seltos, Dapat Apa Saja?

Varian Tertinggi Kia Seltos, Dapat Apa Saja?
Gambar
Review Pengguna

Varian tertinggi Seltos, yakni EX+ dibanderol Rp 355 juta. Angka ini berada di tengah-tengah kedua pesaingnya, Hyundai Kona dan Honda HR-V. Dengan harga segitu, Kia pun melengkapi Seltos dengan spesifikasi mumpuni. Berikut detailnya.

Menjadi yang paling mahal, tampilannya diberikan beragam sentuhan berbeda. Secara dimensi tetap sama dengan varian lain, termasuk pilihan warna bodi yang ada enam, yaitu : Glacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

Tampak depan Kia Seltos

Tapi wajahnya lebih mewah, berkat grille bermotif berlian terbungkus kromium. Aksen mengilap seperti ini juga dapat dijumpai pada garis bingkai jendela. Konsumen mendapatkan spoiler belakang yang terintegrasi high mounted stop lamp. LED dipercaya memperkuat lampu-lampu Seltos. Tak hanya headlamp, teknologi hemat daya itu juga diterapkan pada daytime running light (DRL), fog lamp dan lampu kombinasi di belakang (stoplamp maupun sein). Canggihnya lagi, fitur auto light turut dibenamkan untuk pemendar utama, sehingga pengemudi tak perlu repot lagi memainkan tuas untuk mengaktifkannya. Keseluruhan, rupa depannya memang ganteng dan memancarkan aura tangguh.

Ini masih dipadukan kaki-kaki yang diperkuat pelek 17 inci. Desain palangnya menyerupai huruf Y yang bawahnya mengarah ke tengah. Kesannya agresif. Ia pun dibalut ban berspesifikasi 215/60. Nah, untuk menghentikan perputaran roda, Kia memasangkan pengereman berupa cakram berventilasi di depan dan solid disk di belakang. Performanya makin mumpuni, lantaran diselipkan teknologi Anti-brake Locking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Baca Juga: Ini Keunggulan Kia Seltos yang Tak Dimiliki Kompetitornya

Bagaimana dengan dalamnya? Akses kabin untuk EX+ sudah Smart Entry. Tak ketinggalan, menyalakan dan mematikan mesin memakai start-stop button. Yah, dua fitur standar yang sepatutnya berada di mobil semahal ini. Sementara nuansa ruangannya elegan, karena Kia membungkus jok, sebagian door trim dan setir dengan kulit. Masih disempurnakan lagi oleh kromium yang mewarnai gagang pintu. Kemewahan kian lengkap berkat sajian fitur sunroof.

Sunroof Kia Seltos dongkrak kemewahan

Display digital turut menghiasi kabin. Di area pengemudi terpajang panel instrumen digital 7 inci. Cukup besar untuk menampilkan beragam informasi terkait mobil. Tambahkan head unit touchscreen 8 inci berdesain floating. Di dalamnya tersemat fitur Bluetooth voice recognition, USB and Auxiliary connection, Apple Car Play, Android Auto. Keluaran suara harusnya mumpuni, soalnya speaker yang berjumlah empat masih ditambahkan 2 tweeter di depan.

Pengemudi tak bakal repot mengatur posisi duduk. Soalnya setir bisa disetel ke empat arah (tilt dan telescopic), begitu pula joknya ke delapan arah. Baris kedua turut mengizinkan penumpangnya mengatur sesuai keinginan. Bahkan tersedia arm rest dan cup holder yang menguatkan kesan mewah.

Masih bicara kenyamanan, sistem pendingin punya fungsi Auto Climate Control dan ventilasi untuk mengalirkan udara ke belakang. Kecanggihannya tak sampai di situ, konektivitas dengan gawai komunikasi elektronik dipastikan tak bakal terputus. Pasalnya sumber pengisi daya tersebar di mana-mana, mulai dari wireless charging, USB slot hingga outlet DC 12V.

Mode berkendara dan traksi

Safety jangan ditanya. Kelengkapannya mampu melindungi baik saat mengantisipasi maupun mengalami insiden tak diinginkan. Pengendalian di jalur bebas hambatan dimudahkan fitur cruise control. Sedangkan kestabilannya dijaga Electronic Stability Control. Urusan menanjak juga aman, soalnya terdapat Hill Assist Control. Lalu proses parkir tak menjadi masalah. Parking Assist yang dibantu garis pandu dinamis memudahkan pengemudi. Bila terjadi kecelakaan, sabuk pengaman tiga titik dengan ELR siap menahan seluruh penumpang dari tumbukan. Masih ditambah lagi kantung udara berjumlah enam buah.

Engine tak dibedakan dengan dua varian di bawahnya. Mesin Kappa 4-silinder, 1,4 liter Dual CVVT didukung turbocharger. Tenaganya memang tak begitu besar, 140 PS yang keluar di 6.000 rpm. Tapi torsinya luar biasa, mencapai 242 Nm di rentang 1.500 – 3.200 rpm. Daya dorong disalurkan ke roda depan lewat sistem transmisi Dual Clutch Transmission (DCT) 7-speed. Menariknya, varian tertinggi memiliki mode berkendara yang bisa dipilih untuk menyesuaikan performa dengan kondisi jalan. Bukan hanya tiga yang umum terdapat pada mobil sekelas ini, yakni Sport, Eco dan Normal, tapi ada tambahan Mud, Snow dan Sand.

head unit floating 8 inci untuk tipe atas

Konfigurasi selengkap itu pantas membuat Kia Seltos dilirik. Walau memang banderolnya tak murah, tapi apa yang didapat mampu memenuhi semua kebutuhan. (Hfd/Tom)

Baca Juga: SUV Kia Seltos Varian Terbawah, Pantaskah Dibeli?

Jelajahi KIA Seltos

KIA Seltos Rp 295 - Rp 355 Juta Cicilan : Rp 6,73 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store