• Wishlist

Ini Keunggulan Kia Seltos yang Tak Dimiliki Kompetitornya

Ini Keunggulan Kia Seltos yang Tak Dimiliki Kompetitornya

Seltos, senjata baru Kia Indonesia. Tentu, mereka menentukan spesifikasi sedemikian rupa, agar dapat menggoda minat konsumen Tanah Air. Bahkan beberapa hal tak dimiliki para pesaing. Menjadikan Seltos punya keunggulan daya saing menarik dari segi fitur. Apa saja?

Semua tipe varian dibekali mesin 1.4 liter turbo

Pertama dari segi engine. Mengusung dapur pacu Kappa, 4-silinder berkubikasi 1,4-liter yang disokong induksi paksa turbocharger. Nah, padanan turbo itu sendiri sudah masuk poin unggul. Selain Chevrolet Trax, tak ada lagi di kelas yang memasang turbo pada jantung mekanis. Bekal mesin Seltos mampu menghasilkan 140 PS. Walau memang tak lebih besar dari beberapa pesaingnya. Contoh Hyundai Kona, 149 PS. Beda tipis, lantaran jantung mekanis Kona berkubikasi 2,0-liter naturally aspirated.

Baca Juga: Alasan KIA Bawa Seltos ke Pasar Indonesia

Bicara output mungkin tak terlalu menarik. Namun, jika melihat torsi, konfigurasi Seltos pantas jumawa. Ia menjadi terbesar dengan 242 Nm yang keluar di rentang 1.500 – 3.200 rpm. Jauh dibandingkan Kona yang hanya menciptakan 179 Nm. Kemudian, jika dibanding Chevrolet Trax berkonfigurasi mesin setara, Seltos masih di atas. Trax memiliki momen puntir 200 Nm. Bahkan mengungguli CR-V yang berada di kelas lebih tinggi. SUV andalan Honda bermesin 1,5 liter turbo, torsinya cuma 240 Nm, terpaut 2 Nm.

Kelebihan lain yang hanya Seltos punya saat ini adalah transmisi. Kia dengan penuh keyakinan memasang Dual Clutch Transmission (DCT) 7-speed sebagai opsi tunggal. Sontak, menjadi satu-satunya SUV crossover yang pakai girboks kopling ganda. DCT umum digunakan mobil sport karena perpindahan gigi supercepat dan halus. Alhasil, akselerasi pasti menjanjikan, melebihi transmisi otomatis konvensional, CVT, bahkan manual sekalipun. Hasil pengujian Cardekho, sprint 0-100 km/jam secepat 9,51 detik. Efisiensi bahan bakarnya untuk satu liter konsumsi bahan bakar, dapat melaju sejauh 16,8 km.

Transmisi DCT kopling ganda dengan pilihan mode berkendara

Poin plus lain yang tak dimiliki kompetitor Seltos,  pilihan drive mode paling banyak. Sebuah fitur untuk menyesuaikan karakter penyaluran daya, berdasarkan kebutuhan dan kondisi jalan. Mode Normal, Sport dan Eco jelas ada. Menyajikan responsivitas terkait performa mesin dan transmisi. Selain itu, Seltos juga punya mode traksi. Opsi Mud, Snow dan Sand bisa dipilih sesuai kondisi permukaan jalan yang dilalui. 

Di samping jantung pacu, Seltos dilengkapi fitur yang biasanya sering ditemukan pada mobil premium. Bintangnya adalah sunroof. Di kelas LSUV saat ini, cuma Seltos yang punya kaca jendela di atap.  Kelebihan premium lain, wireless charging untuk smartphone. Ya, pengisian daya gawai komunikasi elektronik nirkabel biasanya hadir untuk segmen lebih atas. Meski belum banyak smartphone yang mendukung pengisian daya nirkabel, fitur tetap memudahkan. Tak perlu lagi menarik dan mencolok kabel ke power outlet. Cukup letakkan smartphone, baterai pun terisi.

Kia Seltos meluncur dengan mesin turbo tantang Honda HR-V

Terakhir, kantong udara. Kia kali ini tak kompromi menyajikan fitur penjamin keselamatan penumpang. Airbag tersedia enam (driver, passenger, side dan curtain). Itu melengkapi daftar fitur safety lain termasuk ABS+EBD, Electronic Stability Control, Hill Assist dan cruise control. (Hfd/Tom)

Baca Juga: Komparasi Small SUV Korea, Pilih Kia Seltos atau Hyundai Kona?

Jelajahi KIA Seltos

KIA Seltos Rp 295 - Rp 355 Juta Cicilan : Rp 6,73 Juta

Bandingkan & Rekomendasi