• Wishlist

Toyota Indonesia Siap Jika Harus Produksi C-HR

Toyota Indonesia Siap Jika Harus Produksi C-HR

Toyota memiliki pendatang baru di kelas crossover yang diberi nama C-HR. Rencananya, mobil yang digadang-gadang jadi pesaing kuat Honda HR-V dan Nissan Juke ini akan dimulai penjualannya pada awal tahun 2017.


Sebagai tahap awal, Toyota memilih Sakarya, Turki sebagai sebagai basis produksi C-HR untuk kemudian mendistribusikannya khusus kawasan Eropa dan sekitarnya. Lantas, apa mungkin Toyota memilih Indonesia sebagai lokasi produksi C-HR untuk kawasan ASEAN dan sekitarnya?


Mengenai hal ini, kami coba konfirmasi kepada Vice President PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono. Ia menuturkan bila Toyota Indonesia siap bila Toyota Motor Corp, (TMC) memberikan mandat untuk memproduksi mobil tersebut di pabrik Karawang, Jawa Barat.


"Pada prinsipnya kita sanggup untuk produksi mobil apapun, C-HR juga. Tapi sejauh ini belum ada arahan dari TMC, kalau marketnya ada dan kompetitif ya bisa diproduksi di sini. Di Asia pasti ada beberapa kandidat, kemungkinan ada yang enggak lulus. belum tentu jadi atau tidak," papar Warih beberapa waktu lalu di Jakarta.


Masih kata Warih, pabrik TMMIN memiliki kemampuan untuk memproduksi produk apapun. Pasalnya, saat ini kapasitas pabrik belum sepenuhnya beroperasi sehingga masih memiliki ruang untuk melakukan produksi produk baru.


Toyota memproduksi C-HR dengan menggunakan konstruksi terbaru Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform ini merupakan pengembangan baru Toyota dan baru digunakan pada generasi terbaru Prius dan juga C-HR. Nantinya tidak hanya digunakan di model-model terbaru Toyota, produk Lexus pun juga akan menggunakan platform ini.


"Pada prinsipnya produksi apa pun, kita harus siap, kita harus mempersiapkan diri. Kalau tidak, kita enggak ditunjuk sebagai apa-apa," tegas Warih.


Sebagai informasi, Toyota C-HR menggunakan beberapa pilihan mesin antara lain bensin 4-silinder 1.2-liter turbocharger, bensin 4-silinder 2,0-liter, dan bensin 4-silinder 1,8-liter hybrid. Untuk transmisi tersedia pilihan manual 6-kecepatan (khusus varian 1,2-liter), dan transmisi CVT.


Desainnya yang sungguh atraktif mempesona pengunjung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 bulan Agustus lalu. Tak ayal banyak calon konsumen yang bertanya-tanya kapan crossover ini akan dipasarkan di Indonesia. Seandainya jadi masuk ke pasar tanah air, sungguh akan menjadi pertarungan seru dengan Honda HR-V.


Baca Juga:  Akankah Avanza Diesel Menyapa Indonesia?

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store