jakarta-selatan

Toyota Corolla Altis Terbaru Meluncur di Thailand Bulan Agustus

  • 21 Jun, 2019
  • 664 Kali Dilihat

Generasi baru Toyota Corolla Altis segera meluncur tahun ini. Bukan di Indonesia, melainkan Thailand dulu. Wajar saja, Negeri Gajah Putih adalah pasar yang besar bagi sedan medium ini. Hingga sekarang, selalu setia dijadikan armada taksi. Selain penjualan sedan yang tetap tinggi, tidak seperti Indonesia.



Model dijual untuk Thailand, dipastikan sama seperti Corolla terbaru versi Cina, Taiwan dan Eropa. Tentunya sangat berbeda dengan Corolla untuk pasar Amerika Serikat. Desain agresif dengan lampu berbentuk kapak tidak bisa ditemui di pasar Asia. Tak mengapa, toh Corolla baru dengan kode E210 tetap terlihat keren dibanding generasi terdahulu.


Sesuai model baru Toyota lain, platform memanfaatkan Toyota New Global Architecture (TNGA). Tepatnya TNGA-C atau GA-C, yang dirancang khusus mobil berukuran kompak dengan penggerak empat roda atau roda depan. Toyota Prius dan C-HR juga pakai sasis ini. Dibanding model yang sekarang beredar, Altis anyar lebih panjang 10 mm (4.630 mm), lebih lebar 5 mm (1.780 mm), lebih rendah 25 mm (1.435 mm), tapi wheelbasenya tak berubah (2.700 mm).


Belum diketahui pasti bakal memakai mesin yang mana, karena ada tiga pilihan. Mungkin saja semuanya, terdiri dari dua mesin naturally aspirated dan satu hybrid, yang semuanya sudah tak asing lagi. Paling kecil 1ZR-FAE 4-silinder 1,6-liter Dual VVT-i dengan besaran tenaga 132 hp dan torsi 159 Nm. Pilihan transmisi manual 6-speed atau CVT.


Mesin kedua unit lama juga, 2ZR-FE 4-silinder 1,8-liter Dual VVT-i. Tenaga dihasilkan 140 hp dengan torsi puncak 173 Nm yang disambungkan ke transmisi Super CVT-i.


Varian hybrid menjadi yang termahal. Mesinnya pakai 2ZR-FXE 4-silinder 1,8-liter VVT-i siklus Atkinson. Daya dari mesin saja hanya 98 hp dan torsi 142 Nm. Itu belum ditambahkan output dari motor listrik dengan besaran 72 hp dan 163 Nm. Transmisinya E-CVT untuk penggerak depan saja. Konfigurasi macam ini sudah bisa ditemui di Tanah Air lewat C-HR hybrid. Sayang sekali, tidak ada rencana menggunakan mesin canggih Dynamic Force 2,0-liter seperti di pasar AS.


Corolla generasi ke-12 meluncur pertama kali dalam format hatchback 5-pintu pada Maret 2019 di New York International Auto Show. Kemudian diikuti versi station wagon Touring dan sedan 4-pintu pada November 2018. Cina jadi negara Asia yang memasarkan Corolla sedan. Ada dua model dijual, Corolla yang condong ke elegan dan mewah, serta Levin yang lebih sporty.


Merapatnya Corolla Altis terbaru ke Thailand, menandakan semakin dekat hadir di Indonesia. Walau penjualan sedan di sini sedang lesu-lesunya, rasanya tak mungkin Toyota Astra Motor melupakan model legendaris mereka, selain Kijang. Lagipula, Altis model sekarang beredar sejak 2014. Makin sulit melawan rival abadinya, Honda Civic, dan sudah waktunya regenerasi. (Odi/Van)


Sumber: headlightmag


Baca Juga: Perluasan Jaringan Diler DFSK Berlanjut di Palembang

Galeri

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Corolla Altis

  • 1.8 G M/T | Rp439,95 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp138,48 Juta
    Angsuran Rp7,57 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo
  • 1.8 V A/T | Rp474,45 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp148,95 Juta
    Angsuran Rp8,16 Juta
    Tenor 60 Months
    Lihat Promo

Video Toyota Corolla Altis

Lihat video terbaru Toyota Corolla Altis untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Toyota Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi