Toyota Camry Generasi Baru Mengaspal di Thailand dan Malaysia

Toyota Camry Generasi Baru Mengaspal di Thailand dan Malaysia
Gambar
Review Pengguna

Generasi kedelapan sedan midsize Toyota Camry resmi mendebut di wilayah ASEAN. Negara pertama yang menikmatinya adalah Thailand, berlanjut ke Malaysia. Hadirnya di negara tetangga, mengindikasikan model terbaru ini semakin dekat ke pasar Indonesia. Meski belum tahu kapan tepatnya, sepertinya tak lama lagi mengingat mobil tes dengan kamuflase sudah tertangkap kamera.

Sambil menanti kehadirannya di Tanah Air, menarik untuk mengetahui apa yang baru dari all-new Toyota Camry ini. Di Negeri Gajah Putih, Camry dijual dalam 4 varian: 2.0G AT, 2.5G AT, 2.5 HV AT dan 2.5 HV Premium AT. Sementara Camry di Malaysia cuma satu varian, 2.5V.

Spek Thailand, tipe G terendah ditenagai mesin bensin 6AR-FBS 2,0-liter naturally-aspirated. Tenaganya sebesar 167 PS dan torsi 199 Nm. Level atasnya pakai mesin A25A-FKB 2,5-liter dengan teknologi VVT-iE bertenaga 209 PS dan torsi maksimum 250 Nm. Kemudian varian teratas HV adalah hybrid yang mengkombinasikan dengan motor listrik sehingga tenaganya mencapai 211 PS. Mesinnya A24A-FXS 2.5-liter 178 PS yang dipadukan motor 120 PS.

Ketiga mesin tersebut ternyata dilengkapi transmisi berbeda. Mesin 2.0 memakai transmisi otomatis 6-speed. Sementara mesin 2.5 diberi transmisi anyar otomatis 8-speed. Untuk hybrid mengandalkan E-CVT demi efisiensi bahan bakar.

Sistem hibrida Toyota Hybrid System II (THS II) menambah komponen baterai nickel-metal hydride 6,5 Ah yang diletakkan di bawah kursi belakang. Tujuannya agar tercipta titik gravitasi lebih rendah tanpa harus mengorbankan luas bagasi. Tapi tangki bahan bakar jadi berkurang 10 liter dari Camry non-hybrid (60 liter). Dan versi hybrid ini juga bisa menenggak bahan bakar kadar ethanol E20.

 

Nah, bedanya dengan Thailand, Camry Malaysia malah masih pakai mesin 2AR-FE 2,5-liter Dual VVT-i dengan transmisi otomatis 6-speed yang sama dengan generasi sebelumnya. Tenaganya cukup 184 PS dan torsi 235 Nm. Tampaknya mesin ini paling masuk akal untuk pasar Indonesia kelak.

All-new Camry ditopang platform Toyota terbaru, TNGA-K. Merupakan bagian dari platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang dibagi lagi kelompoknya berdasar ukuran mobil dan sistem penggerak. Jadi, platformnya berbeda dengan Toyota C-HR yang pakai TNGA-C. Camry berbagi sasis dengan Avalon, RAV4 dan juga Lexus ES.

Desain sudah mulai mengacu pada pasar global, namun tidak sama persis dengan model Camry yang dijual di Amerika. Jika diperhatikan, banyak karakter sporty dihilangkan. Jadinya seperti sedan eksekutif yang cenderung monoton. Ubahan terjadi sangat totalitas. Terlihat bahasa desain terbaru Toyota yang banyak diisi sudut meruncing. Mirip desain Toyota Vios dan Yaris terakhir.

Wajah barunya didominasi air dam besar mengikuti gaya Lexus sekarang. Interiornya tampak unik dari desain lekukan besar pembagi area pengemudi dan penumpang. Kemewahan tetap terpancar dari balutan kulit. Serta fiturnya semakin lengkap saja, seperti adanya ventilated seat, power seat, climate control 3-zona, head-up display, dan sound system JBL.

Harga untuk Camry Thailand mulai dari 1.445.000 baht (Rp 663 juta) sampai 1.799.000 baht (Rp 826 juta). Sementara Camry Malaysia, dihargai RM 189.900 (Rp 685 juta). (Odi)

Baca Juga: Versi Lexus dari Toyota Alphard Mungkin Terwujud

Jelajahi Toyota Camry

Toyota Camry Rp 641,9 - Rp 675,2 Juta Cicilan : Rp 14,65 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store