Canggih, Lexus ES Tanpa Kaca Spion Samping

Canggih, Lexus ES Tanpa Kaca Spion Samping
Gambar
Review Pengguna

Lexus punya teknologi baru yang canggih dan praktis : mengganti kaca cermin spion dengan kamera digital. Fitur yang bakal tersedia di lini Lexus ES itu, membantu pengemudi mendapatkan penglihatan ke belakang yang lebih baik ketimbang kaca spion konvensional.

Teknologi Lexus ES ini disebut digital outer mirrors (kaca spion digital), desain bentuknya lebih ramping dan pipih ketimbang spion biasa. Itu secara tak langsung mengurangi hambatan angin, serta bisa berpengaruh pada pengurangan polusi suara yang masuk ke dalam kabin. Diklaim, efisiensi bisa meningkat sampai lima persen dengan menghilangkan atau memperkecil ukuran spion luar.

Sementara pengemudi melihat hasil tangkapan melalui layar 15 inci di sudut pilar A di dalam kabin, posisinya sejajar dengan spion luar. Jadi tidak perlu membiasakan diri dengan arah yang harus dilihat.

Kelebihan paling utama dari kamera pengganti spion luar itu adalah sudut pandang yang lebih besar. Artinya, sudut mati yang biasanya tak terlihat, bisa dengan jelas dilihat kamera. Keunggulan lain, kemampuan beradaptasi otomatis, yang memungkinkan kamera zoom-in dan zoom-out dengan sendirinya sesuai dengan kondisi pengemudian. Misal, saat ingin berbelok dan menyalakan lampu sein, kamera zoom-out, sehingga menawarkan cakupan penglihatan yang lebih luas. Menariknya, pengemudi atau pengguna, bisa menyesuaikan kadar dan kondisi zoom sesuai preferensi.

Saat berkendara malam, spion kamera digital itu juga punya keunggulan. Dengan fitur khusus bisa mengurangi silau hasil pembiasan cahaya dari lampu mobil yang ada di belakang. Selain itu, ada fungsi pemanas di dalam yang mencegah terjadi pengembunan ketika diguyur hujan deras maupun saat sedang bersalju, sehingga tampilan pada layar bisa tetap jernih tanpa ada yang menghalangi.

Melengkapi kamera digital, ada garis bantuan ketika parkir mundur, seperti kamera parkir mundur yang biasa di belakang. Pengingat atau tanda dari sensor blind spot monitor, juga tampil pada layar di dalam, ketika ada objek maupun kendaraan lain yang dinilai terlalu dekat dengan sudut mobil (blind spot).

Memang spion dengan kamera digital bukan teknologi yang paling canggih. Namun jelas membantu memudahkan pengemudi. Ada alasan lain, teknologi semacam ini belum pernah diimplementasikan, terkait regulasi soal kaca spion luar. Di Jepang sendiri sudah dibolehkan. Jadi Lexus ES dengan spion luar digital baru, bisa dipasarkan di Jepang saja. (Tom/Van)

sumber: Motor1

Baca Juga: DFSK Buka Diler Terus Menerus

Jelajahi Lexus ES

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store