Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Mazda Facelift, Penyegaran Wuling Confero S dan Investasi Otomotif

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Mazda Facelift, Penyegaran Wuling Confero S dan Investasi Otomotif

Menghadapi tahun pemulihan usai dihantam pandemi Covid-19. Sejumlah Agen Pemegang Merek berlomba membawa mobil anyar di Indonesia. Pengenalan model baru menjadi startagi yang diterapkan untuk menarik perhatian konsumen.

Yang pertama dari Mazda, merilis versi penyegaran CX-5 dan CX-9 di segmen SUV. Terdapat penyempurnaan fitur, walau ubahan keduanya tak begitu mencolok. Kemudian Wuling pun tak luput menyuguh pembaruan Confero S. Namun sayang, meski tampilannya lebih segar terdapat penyunatan sejumlah fitur di low MPV tersebut. Lalu kunjungan Menteri Perindustrian yang menarik investasi empat pabrikan otomotif Jepang juga patut disimak juga. Berikut ikhtisarnya:

Mazda

Sejumlah ubahan terjadi pada Mazda CX-5 GT 2021. Mulanya trim ini diniagakan Rp 549,8 juta on the road Jakarta. Sekarang ia dilepas Rp 555,8 juta. Naik sekitar Rp 6 juta lantaran mendapat teknologi pada pemacu daya dan sedikit sentuhan ringan di bagian tubuh. Memang, kalau dilihat secara fisik, masih sama dari model lama.

Unit pemacu sekarang pakai kubikasi sama, 2.488 cc in-line four cylinder DOHC 16 valve. Tapi mesin digunakan mendapatkan teknologi cylinder deactivation. Ini yang memungkinkan enjin tetap bekerja dengan hanya mengaktifkan dua silinder dari mesin empat piston tersedia. Mode itu bekerja secara otomatis melalui sensor sesuai beban kerja mesin. Sehingga diklaim mampu menyuguhkan efisiensi bahan bakar lebih baik. Hasil racikan anyar itu, bikin tenaga naik 4 PS menjadi 194 PS. Kemudian torsi puncak terkerek 6 Nm menjadi 257 Nm. Tidak ketinggalan peranti i-Stop, fitur canggih untuk menghentikan fungsi kerja mesin pada saat kendaraan berhenti. Pastinya sesuai beban kerja mesin agar kian irit bensin. Baca berita selengkapnya di sini.

Pada kesempatan sama dengan pengenalan CX-5 2021, Mazda Indonesia turut menyegarkan CX-9. Kini sang SUV bongsor ditawarkan Rp 869,9 juta untuk varian 2WD. Jika Anda berminat untuk membeli tipe All Wheel Drive (AWD) dilepas Rp 998,8 juta on the road Jakara. Kalau diamati, paling kentara ubahan terjadi pada grille depan dengan bilah vertikal berlapis kromium. Dan memang perawakan tampak sama dari model sebelumnya.

New Mazda CX-9 AWD mendapatkan tambahan fitur berupa paddle shift sebagai standar. Kemudian wireless smartphone charger plus sistem koneksi nirkabel Apple CarPlay. Kemudian pelek berukuran sama, namun desain serta warna baru. Di bagian belakang, tersisip tailpipe lebih besar. Sementara di kabin, ia mendapatkan ubahan desain di bagian samping jok dan beberapa sentuhan baru pada bagian panel interior. Agar konsumen tambah nyaman. Di dalam kabin New Mazda CX-9 diberi material Nappa Leather berwarna coklat pada keseluruhan bagian jok. Serta penggunaan Real Wood Panel pada beberapa bagian interior, agar mempertegas sentuhan kemewahan di dalam mobil. Baca berita selengkapnya di sini.

Wuling Confero S

Wuling Confero S

Low MPV Wuling Confero S alami sedikit rombakan di area depan. Wajahnya sedikit diaransemen ulang sehingga terlihat bersolek lebih segar nan modern. Rumah lampu depan dengan kandungan pencahayaan halogen dihiasi jeroan gelap membentuk gaya smoked lamp. Di tengahnya tertanam grille anyar yang mengisi penuh jeda antarlampu plus dibubuhi aksen kromium.

Ia sembunyikan revisi mekanikal pacu di balik penyegaran ini. Diketahui saat membandingkan brosur model lama dengan lembar fakta anyar. Mesin empat silinder 1.500 cc DOHC dengan penyalur transmisi manual lima percepatan terlihat punya tenaga mengecil. Enjin menorehkan output sebesar 98 PS di 5.800 rpm dengan torsi puncak 135 Nm di 3.800 – 4.200 rpm. Sebagai pembanding, versi sebelum sanggup melontarkan tenaga hingga 108 PS/142 Nm. Baca berita selengkapnya di sini.

Kemenperin Kunker Jepang

Investasi 4 Pabrikan Otomotif

Kucuran dana segar siap ditanam empat pabrikan otomotif raksasa Jepang di Indonesia. Hal itu disampaikan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam kunjungan kerja di Negeri Matahari Terbit. Ia melakukan beberapa pertemuan dengan pelaku industri roda empat, petrokimia, asosiasi pengusaha, serta pemerintah Jepang. Hasilnya, produsen mobil besar siap tambah investasi di Tanah Air hingga triliunan rupiah.

Agus Gumiwang menuturkan, dari pertemuan dengan prinsipal Honda Motor Company.Ltd. Perusahaan berlogo H tegak ini berkomitmen menanamkan investasi sebesar Rp 5,2 triliun. Sementara itu, Suzuki Motor Corporation berencana suntik dana Rp 1,2 triliun. Adapun Toyota Motor Corporation merealisasikan investasi yang sudah ada untuk kendaraan elektrifikasi. Yaitu sekitar Rp 28 triliun. Kemudian, Mitsubishi Motors Corporation menyampaikan rencana investasi Rp 11,2 triliun untuk bikin fasilitas produksi kendaraan hybrid. Baca berita selengkapnya di sini. (Alx/Raju)

Baca juga: Lawatan ke Jepang, Menperin Ajak Manufaktur Otomotif Tanam Dana Segar di RI