Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Kecelakaan Maut Balikpapan, Produksi Hyundai Creta dan Inden Peugeot 2008

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Kecelakaan Maut Balikpapan, Produksi Hyundai Creta dan Inden Peugeot 2008

Kecelakaan yang mengenggut nyawa karena kelalaian kembali terjadi. Kali ini viral di media sodial sebuah truk tronton menabrak sejumlah kendaraan di perempatan Muara Rapak, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan pada Jumat (21/1/2022) pukul 06.15 WITA. Dari kecelakaan maut ini, belasan orang dinyatakan meninggal dunia dan belasan lainnya mengalami luka ringan hingga berat.

Tabrakan ini bermula oleh sebuah truk dengan nomor polisi KT 8534 AJ bermuatan kontainer 20 fit berisikan kapur pembersih dengan berat 20 ton melaju dari arah jalan Soekarno Hatta dengan kecepatan tinggi. Dugaan sementara, truk mengalami rem blong dan sopir tak dapat mengendalikannya.

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) baru saja melakukan seremoni dimulainya produksi massal Hyundai Creta di Indonesia. Perayaan yang diselenggarakan, Senin (17/1/2022) ini memperlihatkan kemampuan produksi SUV dengan kualitas global di pabrik Hyundai yang baru saja berdiri di kawasan Delta Mas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Meski belum diperkenalkan secara resmi, Astra Peugeot sudah menerima banyak permintaan pesanan awal untuk model terbaru New 2008. Konsumen juga bisa memesan di diler tersebut dengan tawaran menarik uang muka hanya Rp 49 juta. Peugeot menawarkan pilihan warna baru Fusion Orange dan Amazonite Grey serta warna pearl white dan nera black. Belum ada informasi kapan model 2008 SUV ini akan diperkenalkan secara resmi di Indonesia. Informasi kehadiran 2008 sudah tercium sejak awal tahun mengikuti kehadiran model ini di beberapa pasar Asia Tenggara serta di kawasan asalnya yakni Eropa.

Kecelakaan Balikpapan

Kecelakaan Maut di Balikpapan

Truk tronton menabrak sejumlah kendaraan di perempatan Muara Rapak, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan pada Jumat (21/1/2022) pukul 06.15 WITA. Dari kecelakaan maut ini, belasan orang dinyatakan meninggal dunia dan belasan lainnya mengalami luka ringan hingga berat.

Tabrakan ini bermula oleh sebuah truk dengan nomor polisi KT 8534 AJ bermuatan kontainer 20 fit berisikan kapur pembersih dengan berat 20 ton melaju dari arah jalan Soekarno Hatta dengan kecepatan tinggi. Dugaan sementara, truk mengalami rem blong dan sopir tak dapat mengendalikannya.

"Berdasarkan hasil rekaman CCTV kemungkinan remnya blong. Pada saat kondisi lampu merah ada beberapa kendaraan roda empat kalau nggak salah 5 sampai 6 motor dan beberapa kendaraan motor. Sehingga pada saat blong langsung menabrak beberapa roda dua di depannya serta beberapa mobil sehingga kendaraan kontainer melaju ke depan hingga ke samping Masjid Al-Munawar," kata Direktur Lalu Lintas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Sonny Irawan.

Salah satu saksi di TKP mengatakan saat kejadian banyak pengendara yang memang sedang menunggu lampu hijau. Tabrakan itu terbilang dahsyat beberapa mobil dan sepeda motor sampai terpental cukup jauh. Dari rekaman CCTV bahkan sebuah mobil LCGC warna merah terhempas dan ringsek seketika.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengungkapkan kejadian ini mengingatkan kita akan pentingnya kondisi aman di sekitar meski saat tengah berhenti di lampu merah. "Sudah jadi kebiasaan di Indonesia, lampu merah malah merasa aman dan tidak waspada. Buka handphone, make up atau beristirahat. Padahal berada dalam kabin kendaraan juga tidak terhindar dari resiko celaka, video kecelakaan ini salah satunya," ucap Sony saat dihubungi, Jumat (21/1/2022). Baca lengkapnya di sini.

Hyundai Creta produksi

Hyundai Resmikan Produksi Creta

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) melakukan seremoni dimulainya produksi massal Hyundai Creta di Indonesia. Perayaan yang diselenggarakan, Senin (17/1/2022) ini memperlihatkan kemampuan produksi SUV dengan kualitas global di pabrik Hyundai yang baru saja berdiri di kawasan Delta Mas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Seremoni ini menjadi bentuk apresiasi dari HMMI untuk semua pemangku kepentingan terutama para karyawan yang telah bekerja keras serta mitra lokal Hyundai. Dalam seremoni itu hadir Yoon Seok Choi, President Director PT HMMI, SungJong Ha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMI) dan YoungTack Lee, President Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters.

Pabrik Hyundai berdiri di atas lahan seluas 77,7 hektar dengan luas bangunan 18,8 hektar dan menjadi perwujudan dari nota kesepahaman antara Hyundai Motor Company dengan pemerintah Indonesia di 26 November 2019 lalu. Pusat manufaktur ini menjadi yang pertama di Asia Tenggara dengan nilai investasi sekitar 1,55 miliar US Dollar hingga 2030 mendatang.

Hyundai Creta sendiri baru diperkenalkan pada November 2021 lalu dan hingga saat ini tercatat mendapatkan total lebih dari 1.200 SPK hingga akhir Desember 2021 lalu. "Creta adalah produk pertama yang diproduksi di pabrik ini dan menjadi bukti nyata komitmen tersebut," ucap SungJong Ha dalam keterangan resmi.

Bagaimana dengan spesifikasinya? Baca di sini. Kami juga sempat melakukan test drive singkat Hyundai Creta. Seperti apa pengalamannya? Baca di sini.

Peugeot 2008

Inden New Peugeot 2008

Astra Peugeot mengumumkan pembukaan inden untuk model New 2008 SUV. Dalam pengumuman yang dikeluarkan Astra Peugeot, diler resmi mereka sudah menerima banyak permintaan pesanan awal. Konsumen juga bisa memesan di diler tersebut dengan tawaran menarik uang muka hanya Rp 49 juta.

Keterangan resmi tersebut juga memperlihatkan pilihan warna untuk model SUV 2008. Astra Peugeot ditawarkan dengan pilihan warna baru Fusion Orange dan Amazonite Grey serta warna pearl white dan nera black. Belum ada informasi kapan model 2008 SUV ini akan diperkenalkan secara resmi di Indonesia. Informasi kehadiran 2008 sudah tercium sejak awal tahun mengikuti kehadiran model ini di beberapa pasar Asia Tenggara serta di kawasan asalnya yakni Eropa.

Astra Peugeot memang fokus pada pasar SUV selama empat tahun belakangan. Model Peugeot 3008 dan 5008 SUV, terhitung sukses dibawa perusahaan yang berada dalam Grup Astra di pasar lokal tersebut. Varian SUV yang ditawarkan pun terbilang banyak yakni GT Line, Allure Plus hingga Active yang menjadi nilai tambah bagi konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan keinginannya.

Soal produk baru ini, Peugeot sebenarnya sudah memperlihatkan model yang akan datang dalam situs peugeot.co.id. Dalam situs tersebut terpampang informasi bahwa pemesanan untuk model baru 2008 sudah dibuka. Dari informasi yang didapat, SUV ini ditawarkan dengan banderol Rp 490 juta. Soal waktu kehadiran model terbaru ini, diperkirakan hadir pada medio Februari sampai Maret 2022.

Mau lebih dekat dengan New 2008? Baca ulasan lengkapnya di sini(Raju)

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil