Tak Mau Kalah dari SUV Wuling, Geely Siapkan Icon Penantang

Tak Mau Kalah dari SUV Wuling, Geely Siapkan Icon Penantang

Banyak khalayak terkagum kemolekan SUV garapan Wuling. Garis pahatan tajam mengalir indah membentuk karakter tubuh memesona. Tak mau kalah melihat itu, Geely, sesama pabrikan Cina kenalkan Icon, SUV paling anyar. Dan rancang bangun keduanya memang mengacu pada segmen yang sama. SUV berbasis B-Segment Modular Architecture (BMA) ini dirilis 1 November 2019 di Cina.

geely icon

Tak bisa dipungkiri, mobil garapan Cini kini punya paras rupawan. Peter Horbury, Head of Desain for Auto Brand Geely mengamini itu. "Selama enam tahun di Geely saya melihat banyak perubahan besar. Produsen mobil Tiongkok bergerak lebih cepat dari Jepang. Dan sekarang lebih percaya diri dengan kreasi mereka sendiri. Bahkan saat ini tidak ada yang bisa menghentikan itu,” paparnya. Geely merupakan pabrikan mobil terbesar ketiga di Cina. Mereka memiliki Volvo, Lynk & Co, Proton dan Lotus.

Kembali lagi ke Geely Icon. Sang kendaraan konsep pernah mejeng di Beijing Auto Show 2018. Kini wujud model produksi mengeksplorasi batas-batas bahasa desain dan menampilkan versi evolusi dari DNA rancangan Geely: Expanding Cosmos. Pabrikan mengaku, dalam menukangi Icon, berfokus pada gaya minimalis dan tarikan garis halus. Mereka berusaha melepas diri dari model SUV kuno dan bergerak menapaki tren desain abad ke-21.

Desain

Sejak awal, Icon digadang menjadi model global dengan gambar konsep berasal dari studio global Geely. Rancangan eksterior dibikin di fasilitas Geely Barcelona dan interior dari Geely California. Keduanya disempurnakan di studio Geely Shanghai dalam versi produksi akhir. Kalau Anda lihat, ia mempertahankan hampir 90 persen profil yang ditampilkan dalam Concept Icon.

Icon merupakan mobil kedua yang berpijak pada arsitektur BMA Geely. Sedang model pertama ialah sedan Bin Rui. Namun fleksibilitas arsitektur keduanya amat berbeda. Mari kita lihat. Tubuh Icon mempertahankan siluet yang jujur sama agak sama dengan Range Rover Evoque. Mata menyipit, konfigurasi tiga baris dan atap mobil cenderung menurun ke belakang. Ditambah model pegangan pintu pop-out flush, sangat identik.

Pada bagian muka, kisi-kisi kosmos persegi panjang linier, lampu utama head infinity loop LED dan dibarengi DRL. Dari belakang, motif infinity loop terlihat lagi di lampu belakang. Bersama dengan pola kosmos persegi panjang yang mengembang. Tampilan eksterior minimalis terus berlanjut ke interior.

Dasbor didominasi dua layar besar, panel informasi dan panel pusat hiburan. Dari layar interaktif ganda, pengguna dapat berinteraksi dengan kendaraan. Dan terhubung internet melalui penggunaan Geely Smart Ecosystem GKUI. Sayang belum ada informasi spesifikasi detail. Namun diprediksi mesin yang tertanam pakai 1,5 liter turbo. Ouputnya mungkin sama dengan Wuling Almaz. (Alx/Odi)

Sumber: Geely

Baca Juga: Saudara Wuling Almaz, Baojun RS-3 Resmi Dijual dengan Harga Murah