jakarta-selatan
kali dibagikan

Isuzu Panther Baru Gagal Meluncur

  • 07 Des, 2017
  • 8391 Kali Dilihat

Kemunculan Isuzu Panther terbaru, harus tertunda. Mobil yang lekat dengan tagline ‘Rajanya Diesel’ ini, dipastikan tidak dijual di pasar Indonesia pada tahun depan.


"Isuzu untuk produk baru rencana ada untuk tahun depan, tapi di area komersial. Panther memang ada rencana keluar baru, tapi pembicaraannya ternyata masih cukup alot dengan prinsipal, jadi tidak (meluncur) di 2018," papar Division Head of Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Attias Asril, saat menjadi pembicara dalam Workshop Wartawan Industri yang berlangsung, kemarin.


Panther, legenda hidup di dunia otomotif tanah air. Dipasarkan sejak 1991, menjadi kompetitor Toyota Kijang dan Mitsubishi Kuda kala itu di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). Sempat mengalami penyegaran pada 2000 dan terakhir kali pada 2004. Kemudian tidak ada pembaruan berarti lagi, sampai sekarang.


Panther perlu pembaharuan


Panther saat ini dijual dalam empat varian: Smart, LV, LS dan Grand Touring. Keempatnya dibekali mesin diesel berkapasitas 2.499 cc yang performanya sangat lemah. Cuma bisa mengeluarkan torsi puncak 191 Nm pada 1.800 rpm dan tenaga maksimal 80 PS pada 3.500 rpm.


Bandingkan dengan MPV diesel lain, sebut saja Suzuki Ertiga diesel yang menggendong mesin 1.248 cc. Meski lebih kecil kapasitasnya, jantung mekanis mobil berlambang S ini, bisa memuntahkan torsi puncak sampai 200 Nm pada 1.750 rpm dan tenaga maksimal 89 PS pada 4.000 rpm.


Fitur hiburan Panther juga masih sangat terbatas. Varian tertingginya saja, Grand Touring mendapat head unit tanpa layar LCD sama sekali, cuma sanggup memutar CD, MP3 dan DVD. Tidak ada koneksi dengan smartphone, sebagaimana mobil modern.


Sektor keselamatan juga tak mumpuni. Tanpa anti-lock braking system (ABS) untuk mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak. Kantung udara juga belum disematkan. Padahal harga jual Panther cukup tinggi, mencapai Rp 313,5 juta (OTR Jakarta) untuk varian Grand Touring. Sungguh anomali. Lantaran fakta-fakta itulah, Panther benar-benar butuh pembaruan bila ingin bersaing dengan MPV lain di Indonesia.


Kabar Isuzu mempersiapkan penerus Panther, tersebar pertama kali setelah Marketing Direktur IAMI, Joen Boediputra buka suara pada GIIAS, Juni lalu. Dia mengungkapkan pihak Isuzu Jepang sudah merancang mobil baru berjenis MPV. Sayangnya, finalisasinya sampai tahun depan belum juga selesai. Mau tidak mau, konsumen Indonesia lagi-lagi harus bersabar. Tapi sampai kapan? (Lodra/RS)


Baca juga: Isuzu MU-X Baru Resmi Diperkenalkan

  • Tampak Depan Bawah Isuzu Panther
  • Mesin Panther
Isuzu Panther
Rp 282,6 - Rp 337,3 Juta
Lihat Promo

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Isuzu Panther

Lihat video terbaru Isuzu Panther untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Isuzu Pilihan

  • Populer
  • Komparasi