Penerus Honda Civic Sedan Tertangkap Basah di AS, Berikan Gambaran Kuda-kuda Elegan

Penerus Honda Civic Sedan Tertangkap Basah di AS, Berikan Gambaran Kuda-kuda Elegan
Gambar
Review Pengguna

Setelah beredar foto spyshot di Jerman, Honda Civic kembali tertangkap basah di AS. Tepatnya di dekat Kota Salida, Colorado, Amerika Serikat. Sempat terkecoh sebagai Accord, kemudian dikoreksi sedan terbungkus kamuflase itu adalah Civic. Mungkin karena banyak kemiripan. Yang jelas dalam spek sedan standar, bukan hatchback Type R.

Tak mengherankan bila akhirnya penerus Honda Civic malah disangka Accord jika sebatas menilai dari foto. Terlihat dari foto amatir yang terbit di situs Motor1. Lekuk permukaan tubuh sederhana ditambah profil merendah berikan gambaran identitas sang kakak. Ditambah juga garis bahu tinggi mendekati rumah kaca. Pun terlihat di balik kamuflase, tidak banyak drama lekukan. Melenggok lebih simpel dan dewasa.

Melirik profil samping, Civic sedan bakal dibikin layaknya sedan dengan bokong mencuat. Melengserkan kesan punggung melandai ala liftback. Pun tampil elegan dengan tapak kaki memanjang, membuat profil keseluruhan seakan begitu rendah. Atas komposisi ini, tubuhnya tampak melar ke belakang. Belum lagi dikuatkan ruang kaca yang serbabesar.

Spyshots Civic

Di area wajah, dahi menonjol sebagaimana palang grille tebal di pada model berjalan. Dapat diekspektasikan bagian itu bukan sebatas ornamen grille. Melainkan satu panel moncong penghubung fender. Hasil dari garis bibir kap mesin yang mundur. Sementara rongga udara di bawahnya terbentuk oleh cerukan lekuk bumper. Menjadi bagian penerangan adalah set lampu persegi panjang, diketahui dari bocoran paten sebelum. Pencahayaan LED dan DRL sewajarnya mengisi daftar kelengkapan standar.

Baca juga: Ekspektasi Mobil Baru Honda di Indonesia, City Hatchback Jadi Pengganti Jazz?

Rangkaian foto amatir dari Motor1 tidak menangkap area buritan. Kendati begitu, melansir forum CivicXI, Civic sedan dalam balutan kamuflase tertangkap basah juga di Thailand. Dapat ditarik kesimpulan tidak ada perbedaan mendasar antara AS dan Thailand. Terutama pada lekuk paras dan profil samping. Di bokong, jangan harap ia mempertahankan lampu bumerang. Namun elemen sporty mungkin tidak luntur sepenuhnya sebab melekat pahatan menyerupai ekor itik di ujung bagasi.

Hingga saat ini detail spesifikasi masih menjadi misteri. Secara dimensi boleh jadi semakin besar demi menawarkan ruang ekstra bagi penumpang. Lalu, urusan pemacu, bukan tidak mungkin bila Honda mempertahankan unit empat silinder 1,5 liter turbo. Akankah dipadu sistem hybrid? Semua masih abu-abu lantaran Honda memiliki Insight sebagai saudara Civic berjantung hibrida.

Kalau benar mempertahankan unit 1,5 liter turbo, wajar bila berharap peningkatan output. Saat ini sang sedan dibekali enjin berteknologi VTEC DOHC 16 katup berikut sokongan turbo. Total ekstraksi dicatatkan sampai 173 PS pada 5.500 rpm, diawali tendangan torsi 220 Nm sejak 1.700 -5.500 rpm. Putaran tersalur ke roda depan melalui transmisi CVT.

Honda civic gen 11th

Kedekatan dengan Gambar Paten

Eksistensi model uji seakan mengonfirmasi bocoran gambar paten. Yep, boleh dibilang persis serupa dari depan sampai belakang. Paling ditutup-tutupi adalah garis bawah area jendela mengangkat begitu memasuki pilar C. Sementara itu, hasil tangkapan nyata malah terlihat sejajar shoulder line. Yang jelas, Civic sedan bakal melenggok seperti sedan seutuhnya. Kesan liftback benar dilunturkan bila mengacu gambar. Juga dari fasad depan dan belakang, porsi kesan sporty besar kemungkinan sedikit dikurangi meski tidak luntur.

Hal lain dapat diterawang adalah desain interior. Lagi-lagi dari gambar paten. Layout berubah total dengan posisi kisi AC sejajar horizontal. Sarana hiburan tidak lagi ditanam ke center stack. Besar kemungkinan dipindahkan ke permukaan dasbor. Wujud keseluruhan sama seperti eksekusi eksterior: lebih sederhana ketimbang model berjalan. Selain itu, setir ikut diganti. Masih mempertahankan komposisi tiga palang hanya saja meminimalisir kemiringan. Kubah klakson pun diganti ke model heksagonal. (Krm/Tom)

Sumber: Motor1, CivicXI

Baca juga: Honda Pamer Strategi Elektrifikasi, Kenalkan Konsep SUV listrik dan CR-V PHEV

Jelajahi Honda Civic

Honda Civic Rp 533 Juta Cicilan : Rp 12,16 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store