Nissan New GT-R, Bukan Sekedar Penampilan Agresif Dan Kabin Berkelas

Nissan New GT-R, Bukan Sekedar Penampilan Agresif Dan Kabin Berkelas
Gambar
Review Pengguna

Mendengar namanya tidaklah asing terutama di kalangan penggemar game balap atau fanatik otomotif roda empat. Ya, GT-R, merupakan generasi mobil sport ikonik Nissan yang telah mengaspal sejak tahun 1969 dan memiliki kepanjangan dari Grand Touring (GT) serta Racing (R) ini, sudah diluncurkan versi terbarunya pada perhelatan New York Auto Show 2016.

Produsen yang berkantor pusat di Yokohama, Jepang tersebut merilisnya dengan perubahan menyeluruh. Hal ini diperkuat oleh pernyataan Daniele Schillaci selaku Executive Vice President, Global Marketing & Sales, Nissan Motor Co. Ltd. ketika mempresentasikannya saat prosesi launching. “New GT-R ini merupakan mobil sport yang paling canggih, paling berkelas dan paling progresif yang pernah dibuat oleh Nissan,” jelasnya.

GT-R ini adalah yang terbaik dari semu GT-R

Tidak berlebihan apabila Schillaci menanggapi perubahannya termasuk tampilan New GT-R ini. Pasalnya insiyur Nissan diminta supaya berhati-hati dalam merombak rancang bangunnya supaya karakternya tetap ada. Oleh karena itu langkah perubahan bersifat mendetail menjadi jalan tengah yang diambil.

Pada bumper depannya timbul garis-garis tegak di bagian pinggirnya, lalu bentuk gril yang mengaplikasi V-Motion terbaru yang kental dengan ciri GT-R, kemudian lampu DRL berbentuk kotak yang tertanam tidak jauh dari lampu utama. Sedangkan bagian buritan masih tetap mengusung lampu belakang model lingkaran ganda dan empat buah lubang knalpot. Bila diperhatikan lebih mendetail, terasa garis tegas pada sisi samping bodi, pintu bagasi di bawah spoiler dan diatas knalpot.

“Bahasa desainnya kini diimprovisasi supaya agresif dan tetap dewasa untuk menunjukkan keganasannya. Komponen bagian bawah bumper depan, side skirt hingga ke area belakang benar-benar dirombak supaya menghadirkan tampilan yang menarik dan juga meningkatkan aerodinamika ketika melaju dengan kecepatan tinggi,” imbuh Schillaci.

Aerodinamika GT-R direvisi ulang

Sepertinya produsen otomotif asal Jepang ini merasa sudah waktunya melakukan terobosan terhadap jajaran produknya, dan jenuh dengan doktrin yang menyatakan bahwa kabin mobil sport haruslah monoton dan biasa saja karena intinya kan tenaga besar. Bahkan GT-R varian Nismo tahun 2015 saja masih menerapkan dashboard berkelir gelap dan kabin didominasi satu warna.

Dengan berkunjung ke dalam interior Nissan New GT-R ini terasa berbeda, karena lebih bernuansa modern dan berkelas berkat lapisan kulit nappa dengan jahitan tangan yang melekat pada dashboard, doortrim, lingkar kemudi dan tuas transmisi. Di samping itu jok depan ikutan direvisi bentuknya supaya menjunjung kenyamanan dan mampu menahan tubuh ketika bermanuver. Model dashboard GT-R pun ikutan berubah dan berdampak dengan ukuran layar peranti multimedia yang lebih besar menjadi 8 inci yang dilengkai dengan NissanConnectSM.

“Paddle shift telah dijadikan satu dengan stir sehingga pengemudi tetap memiliki kendali yang tetap baik ketika harus mengoperasikan paddle ketika menikung tajam. Dari semua aspek yang lebih berkelas dan agresif dari sebelumnya membuat GT-R dapat dikendarai dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja,” terang Schillaci.

Apakah hanya berbeda tampilan dan kabin? Tidak juga, karena terjadi peningkatan tenaga dari jantung mekanis yang bersembunyi dibalik bonnet. Menurut Nissan, GT-R ini didesain untuk bisa dikendarai oleh siapapun dimanapun, dan tetap berperforma. Mesin Nissan New GT-R berbahan bakar bensin berkapasitas 3.8L berkonfigurasi V6 twin-turbocharged ini dibekali prestasi tenaga lebih baik 20,2 PS dan torsi lebih besar 5,4 NM dibandingkan suksesornya yakni daya maksimum 572 PS dan momen puntir 633 NM.

GT-R 2017 lebih agresif

Catatan yang menyenangkan ini didapat melalui penyempurnaan waktu pengapian di masing-masing, racikan kurva torsi yang disempurnakan dan dorongan tenaga dari turbocharge sehingga berpengaruh ketika pengemudi berakselerasi di kecepatan menengah hingga atas. Berperan sebagai penyempurna distribusian tenaganya, dibenamkan sistem transmisi 6-percepatan dual-clutch yang memiliki kelebihan perpindahan antar gigi nya halus dan senyap.

“Dengan peningkatan 20,2 PS membuatnya paling bertenaga dibandingkan rivalnya dan di setiap blok mesin GT-R dibuat secara handmade yang prosesnya dijalankan oleh 5 orang Takumi serta nama mereka akan tertera di tiap blok mesin ini” tambah Schillaci.

Mobil sport dengan jarak sumbu roda 2,78 meter ini pun mendapat peningkatan di sektor pengendalian melalui struktur bodi yang semakin rigid, sistem peredam kejut baru dan velg palang 15 berdimensi 20 inci sehingga tetap menggigit aspal ketika melahap tikungan.

Seiring peningkatan tenaganya, perihal kekedapan kabin menjadi pertimbangan khusus bagi Nissan yang tak kalah penting. Menyandang status sebagai mobil berperforma tinggi, GT-R pun harus menyajikan kualitas berkendara yang nyaman dan kabin senyap oleh karenanya Nissan menyuguhkan teknologi Active Noise Cancellation, Active Sound Enhancement dan penanaman material peredam suara kebisingan didalamnya. Simak video peluncuran GT-R terbaru di bawah ini,

Baca Juga: Warna Nissan Juke Ini Bikin Heboh

Jelajahi Nissan Juke

Nissan Juke Rp 303,3 - Rp 332,6 Juta Cicilan : Rp 6,92 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store