Nissan Indonesia Siap Jual Mobil Listrik, Termasuk Kicks e-Power?

Nissan Indonesia Siap Jual Mobil Listrik, Termasuk Kicks e-Power?

Tahun ini Nissan Motor Indonesia (NMI) berjanji menjual Leaf. Bahkan sejak 2019 mereka memulai rangkaian edukasi mobil listrik kepada masyarakat. Dari seminar, workshop, kemitraan dengan pihak-pihak terkait, serta memberikan kesempatan test drive. Tak hanya itu, teknologi e-Power pun senantiasa digadang jadi mobilitas ramah lingkungan. Sehingga Nissan Kicks e-Power punya kans besar dijual di sini.

"Permintaan untuk kendaraan listrik di Indonesia terus meningkat. Tetapi kesadaran dan informasi masyarakat Indonesia mengenai mobil listrik tergolong rendah. Banyak kesalahpahaman mengenai mobil listrik yang masih beredar di antara masyarakat. Seperti jarak tempuh, tenaga kurang, charging dan lain-lainnya. Oleh karena itu, strategi kami dalam mempercepat pengadopsian mobil listrik di Indonesia dimulai dari edukasi," jelas R. I. Hana Maharani, General Manager Communications NMI.

Nissan Kicks e-Power Spyshot Thailand

Dalam pernyataan resmi, Nissan terus kerja keras meningkatkan kesadaran dan edukasi soal elektrifikasi. Khususnya Nissan Leaf yang jadi mobil listrik murni terlaris di dunia. Juga turut disebut jenis mobil listrik baru, menggunakan teknologi e-Power. Siapa lagi kalau bukan Kicks e-Power yang sempat tertangkap kamera sedang uji jalan di Lembang, Bandung Barat.

Sofistikasi e-Power merupakan teknologi andalan Nissan. Jadi Anda bisa mendapatkan pengalaman berkendara seperti halnya mobil listrik murni. Sangat senyap, akselerasi instan dan rendah emisi, namun tanpa perlu mengisi daya dari sumber listrik luar. Jujur model inilah yang sebetulnya lebih cocok di sini, melihat kekurangan insfrastruktur elektritikasi. "Kami yakin, e-Power dapat berperan sebagai salah satu solusi mobilitas bagi masyarakat Indonesia. Ia bisa menjadi kendaraan listrik seutuhnya, namun tidak membutuhkan charger eksternal," imbuh Hana.

Jenis kendaraan itulah yang dinilai perusahaan sesuai dengan market. Perspektif itu didukung riset oleh Nissan bersama Frost and Sullivan. Ada sekitar 41 persen pelanggan Indonesia terbuka untuk membeli kendaraan listrik sebagai pembelian berikutnya. Terutama generasi muda yang melihat manfaat kendaraan listrik. Juga dampak baik terhadap lingkungan sebagai faktor motivasi terbesar.

Nissan Kicks e-Power Thailand

Nissan Kicks e-Power sendiri, dijadwalkan mendebut di Thailand pada 19 Maret 2020, menurut rumor dari situs Headlightmag. Ia bakal mengisi tempat yang tadinya dihuni oleh Note e-Power. Kesempatan untuk masuk Indonesia pun kian besar dengan debut di Thailand. Ditambah, sudah ada penampakan uji jalan di Indonesia.

Baca Juga: Lawan Toyota C-HR Hybrid, Nissan Kicks e-Power Diduga Kuat Segera Dijual di Indonesia

Spesifikasi Kicks e-Power

Kicks e-Power mengandalkan mekanikal pacu penenggak bensin 3-silinder. Enjin berkode HR12DE punya kubikasi 1.198 cc. Dimensi silinder x langkahnya: 78.0 x 83.6 mm, rasio kompresi 12 : 1, daya maksimum 80 PS pada 5.400 rpm dan torsi optimal 103 Nm pada 4.400 rpm. Perlu dicatat, mesin hanya bertindak sebagai generator, kemudian menghasilkan listrik untuk disimpan di baterai. Mesin tidak memiliki tugas mengirim tenaga ke roda.

Motor listrik EM57 ditugaskan jadi penggerak utama. Tenaga dinamo mencapai 130 PS pada 3.008 - 10.000 rpm dan momen puntir maksimum 254 Nm pada 0 - 3.008 rpm. Betul, 30 PS lebih besar dari milik Nissan Note e-Power. Menurut pabrikan, sistem e-Power memberi buncahan torsi kuat hampir secara instan, meningkatkan respons pengendaraan dan menghasilkan akselerasi mulus.

Nissan Kicks e-Power Thailand

Baterai lithium ion 296 volt 5 Ah dinilai cukup untuk penggunaan senyap dalam waktu lama. Dimensi tak sebesar milik kendaraan Plug-in Hybrid dengan kapasitas 9 - 10 kWh dan cuma melaju sejauh 30-40 km. Tapi yang tertanam pada Kicks sekitar 50 persen sampai 60 persen lebih banyak daya dari baterai X-Trail Hybrid. Lebih kuat, sehingga tidak perlu menyalakan mesin sesering X-Trail Hybrid. Diprediksi Nissan resmi membuka selubung di IIMS sebentar lagi atau GIIAS 2020. Kita tunggu saja kedatangan unit ini. (Alx/Tom)

Sumber Foto: Headlightmag.com

Baca Juga: Rivalitas Zaman Setrum, Pilih Hyundai Ioniq atau Nissan Leaf?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store