• Wishlist

Nissan Frontier ini Berhasil Menembus Batas Sejuta Kilometer, Kondisinya Masih Sempurna

Nissan Frontier ini Berhasil Menembus Batas Sejuta Kilometer, Kondisinya Masih Sempurna

Banyak orang menjaga odometer tetap rendah agar harga jual tidak anjlok. Tapi tidak bagi Brian Murphy di Chicago, Negara Bagian Illinois, Amerika Serikat. Ia mengendarai Nissan Frontier lansiran 2007 sampai menembus batas satu juta mil, lebih dari 1,6 juta kilometer. Hebatnya tidak ada kerusakan berarti selama pemakaian.


Nissan Frontier menembus 1 juta km pada odometer


Murphy meminang Frontier ini sejak Juni 2007. Tembus satu juta mil berarti kurang lebih hampir 300 mil (482 km) per hari. Bisa dibayangkan seperti jalan dari Jakarta ke Brebes dan kembali lagi. Ia berkendara sejauh ini selama 13 jam per hari lantaran bekerja sebagai delivery driver independen. Sebuah pencapaian bagi seorang pria berumur 62 tahun. Pasalnya, rata-rata orang seumuran di AS hanya berkendara 15.859 mil (25.522 km) per tahun, atau kira-kira 40-an mil (64 km) per hari.


Daftar spesifikasi Frontier milik Murphy ini cukup standar. Bodi bukan double cabin, hanya King-Cab berukuran 1,5 kali kabin. Drivetrain pun bukan 4x4. Juga soal mesin dibekali unit basic berkapasitas 2,5 liter empat silinder DOHC. Tentunya tidak fantastis, hanya sanggup gelontorkan tenaga sebesar 152 hp dengan torsi puncak 232 Nm.


Baca Juga: Nissan Rilis Kompak SUV Murah Berbasis Renault Triber Tahun Ini


Yang menarik adalah keawetan kondisi keseluruhan sang kuda pekerja. Coba lihat dari foto, tampak sangat segar dan tidak terlihat babak belur bukan? Kelir merah merona awet muda tidak menunjukkan efek penuaan sama sekali. Juga dari nat bodi terlihat rapi, bak baru keluar dari pabrik. Mungkin beda cerita bila orang lain yang menggunakan. Tidak bakal seapik Murphy.


Murphy merawat apik Nissan Frontier miliknya


Pun dari segi kekuatan komponen boleh diacungi Jempol. Berdasar penuturan Murphy, pelat kopling sanggup bertahan sampai 801 ribu mil (1,2 juta km). Sebuah clutch berhasil lewat sejuta kilometer? Kaki kirinya pasti disekolahkan sampai mendapat gelar Doktor. Atau mungkin juga kondisi lalu lintas mendukung hal ini. Selain itu, timing chain diganti pada titik 700 ribu mil sebagai tindakan preventif. Alternator dan radiator menyerah pada 450 ribu mil (700 ribu-an km).


Hal ini membuktikan kalau komponen utama Frontier sangat kuat. Syaratnya adalah berkendara dengan hati-hati dan disiplin melakukan perawatan. Seperti diujarkan Murphy,"Saya tidak heran bila truk ini sanggup mencapai satu juta mil. Ia kuat dan bensinnya irit, sesuai dengan kebutuhan untuk menyelesaikan pekerjaan." Ia pun menambahkan,'Saya mengganti oli tiap 10 ribu mil, dan berkendara dengan hati-hati. Semua komponen utama belum pernah diganti, itu sangat menarik."


Odometer mentok


Karir Murphy sebagai delivery driver sudah dimulai sejak 45 tahun lalu di Chicago. Akhirnya pensiun dari korporasi pada 2016 dan kemudian melakoni pekerjaan paruh waktu pada 2007. Hebatnya ia tak pernah menggunakan GPS. Selain itu, catatan kepolisian menunjukkan ia bersih dari pelanggaran saat mengemudi. Meski sudah berumur, ia belum ingin berhenti melakukan pekerjaan pengantaran. "Truk saya layak beristirahat, tapi saya harus tetap sibuk," tutupnya. (Krm/Tom)


Sumber: Nissan


Baca Juga: Lawan Toyota C-HR Hybrid, Nissan Kicks e-Power Diduga Kuat Segera Dijual di Indonesia