Mitsubishi Xpander AP4 dan Rifat Sungkar Juara Sprint Rally Nasional 2021

Mitsubishi Xpander AP4 dan Rifat Sungkar Juara Sprint Rally Nasional 2021

Mobil balap reli MPV Mitsubishi Xpander AP4 berhasil menjuarai kompetisi nasional sprint rally 2021. Kendaraan yang dibangun dan dikendarai oleh pereli nasional Rifat Sungkar ini meraih hasil manis setalah menjalani berbagai tahapan kejuaraan sprint rally taraf nasional yang digelar di 2021.

Pada seri terakhir di Meikarta Sprint Rally yang berlangsung 26 sampai 27 November 2021 lalu, pereli senior tersebut memperlihatkan kemampuan maksimal Xpander AP4. Rifat berhasil duduk di tempat ketiga di dua seri yang berlangsung di Meikarta tersebut.

Hasil ini membuat Rifat bersama navigator M. Redwan tidak tergoyahkan di posisi teratas kejuaraan nasional sprint rally. Langkah mereka di beberapa seri sebelumnya selalu mendapatkan podium. Pada putaran 1 di Tanjung Lesung, Banten pasangan ini berhasil menjadi juara di putaran 1. Hasil yang sama juga diraih di putaran 3 di Sentul, Jawa Barat. Pada putaran 2 ada di posisi runner up.

Mitsubishi Xpander AP4

Keberhasilan low MPV Xpander ini menjadi juara di ajang reli membuktikan bahwa mobil keluarga juga dapat bersaing dengan mobil reli lainnya. Kegiatan balap reli yang membutuhkan mobil bertenaga serta tangguh mampu dipenuhi Xpander. "Ini agak gila karena balapan menggunakan MPV. Semua orang memilih menggunakan hatchback," ucap Rifat dalam keterangannya, Selasa (30/11/2021).

Mitsubishi Xpander AP4 yang merupakan konsep reli yang diwujudkan Rifat, cukup membantu dalam menaklukan arena balapan dengan kondisi topografi di Indonesia. Lokasi yang digunakan tidak berorientasi pada kecepatan tinggi sehingga fungsi aerodinamika tidak begitu terpengaruh handling atau pengendalian mobil. "Beda kalau kita reli di Finlandia atau Swedia misalnya," ujar Rifat.

Selain itu, Rifat juga merasakan kelebihan menggunakan Xpander AP4 selama lomba, yakni dimensi. Rifat mengungkapkan dimensi mobil tidak jauh berbeda dengan mobil-mobil reli di dunia, seperti Mitsubishi Evolution.

Baca juga: Tunjukkan Dukungan Elektrifikasi, Mitsubishi Ramaikan Pameran IEMS 2021

Mitsubishi Xpander AP4

Meski model low MPV menawarkan tinggi yang sangat berbeda dengan mobil reli lainnya, namun itu bisa diatasi dengan mengatur suspensi agar lebih mumpuni menaklukkan arena balap. "Untuk Xpander kita, begitu duduk dalam mobil, saya enggak merasa duduk di mobil lain. Tapi seperti duduk di mobil (Mitsubishi) Evolution," ujar Rifat.

Rifat menjelaskan, keterlibatan Mitsubishi Xpander AP4 di berbagai ajang balap sprint reli nasional sekaligus dijadikan sebagai laboratorium alam. Selama mengikuti berbagai ajang kejuaraan, Rifat mendapatkan masukan agar nantinya Mitsubishi bisa mengembangkan mobil yang lebih baik lagi.

"Siksaan yang saya berikan ke mobil itu memang sangat berat. Tapi mobilnya bisa lolos dan mengantarkan kita juara. Puas sekali rasanya," ucap Rifat.

Baca juga: New Xpander Dominasi Penjualan Mitsubishi di GIIAS 2021

Mitsubishi Xpander AP4

Keberhasilan yang didapat Rifat dan tim menjadi jawaban yang ditunggu dari perjalanan panjang dalam membuat Mitsubishi Xpander AP4. Dalam membangun mobil ini dimulai dari persiapan desain tiga dimensi, diskuti dengan tim RFT, menyiapkan mobil bersama Ralliart Selandia Baru hingga dukungan dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) atas ide yang termasuk unik ini untuk membuat mobil keluarga mengikuti kejuaraan reli. "Akhirnya persiapan yang lama mendapatkan hasil yang saya harapkan," ucap Rifat.

Mitsubishi Xpander AP4 dikembangkan selama satu tahun dengan pengerjaan sketsa dan pengerjaan hingga jadi selama enam sampai tujuh bulan. AP4 sendiri adalah keasl baru untuk lomba reli di kawasan Asia Pasifik. Segmen ini memperbolehkan mobil harian untuk dimodifikasi sesuai regulasi FIA dan untuk menambah keseruan kompetisi reli dengan biaya yang lebih terjangkau.

Bagian mesinnya ditetapkan dua kapasitas yang bisa dipilih yakni 1.600 cc dan 1.800 cc. Xpander AP4 menggunakan mesin 1.600 cc dengan blok mesin milik Evo (4B11) dengan penambahan turbocharger. Girboks nya dipilih merek Xtrac dengan gardan dari merek yang sama. Hasilnya Xpander AP4 ini memproduksi tenaga sebesar 350 hp dan torsi 555,8 Nm.

Soal biaya, Xpander AP4 ini diperkirakan menghabiskan dana Rp 4 miliar. Biaya ini jauh lebih murah dari mobil spek WRC yang saat ini harus menyiapkan dana sekitar Rp 15 miliar. (Sta/Raju)

Spesifikasi Mitsubishi Xpander AP4:

  • Engine: Mitsubishi 4B11 destroked and sleeved (1600cc) turbocharge
  • Horse Power: 350 HP
  • Torque: 555,8 Nm
  • Wheels: Speedline 15 x 7
  • Tire: Dellium RG4
  • Weight Distribution: 55/45
  • Gearbox: Xtrac

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil