Mini John Cooper Works GP Diluncurkan, Tersedia Hanya 12 Unit

Gambar
Review Pengguna

BMW Indonesia begitu menggebut garap pasar di tengah kondisi kurang kondusif. Produk baru diluncurkan lagi. Setelah sebelumnya memboyong Seri 8 Gran Coupe minggu lalu, kali ini giliran merek Mini. Adalah the new Mini John Cooper Works GP, model terpanas dengan jumlah produksi terbatas.


Secara global hanya disediakan 3 ribu unit. Indonesia sendiri kebagian 12 unit. Menjadikannya koleksi menarik. Tak cuma kuantitas, jantung mekanis yang dibenamkan membuat Mini John Cooper Works GP menjadi pilihan paling buas. Mengandalkan empat silinder berkubikasi 2,0 liter dan disokong turbo ganda.


“Model performa tinggi dan sporty Mini selalu menjadi favorit. Tercermin dari hasil penjualan Mini GT Special Edition. Permintaan terhadap unit baru sangat positif. Kuota sudah terisi, bahkan sebelum mobil mendarat di Tanah Air,” ucap Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.


Mini JCW GP rear end


Tenaga tertinggi yang tercipta mencapai 310 PS di putaran 5.200 sampai 6.250 rpm. Torsi 450 Nm sejak 1.750 hingga 4.500 rpm. Diklaim lebih tinggi 76 PS dari varian John Cooper Works lainnya. Hasilnya mobil mampu melesat dari posisi diam ke 100 kpj dalam 5,2 detik, dan berkecepatan puncak 265 kpj.


Baca Juga: Detail MINI Cooper GT Edition, Apa yang Membuatnya Spesial?


Unit dibekali konfigurasi komponen yang didesain khusus berdasarkan dunia motorsport, untuk menunjang performa. Seperti sistem pendingin independen sebanyak dua unit, penyimpanan modul pendingin dan kipas listrik dengan output lebih besar. Guna mempertahankan suhu pengoperasian di level optimal. Pengiriman energi untuk memutar roda dilakukan Steptronic 8-speed teranyar dengan differential-lock mekanis. Perpindahan semakin sporty, apalagi bisa dikontrol lewat paddle shift di balik kemudi. Menambah keseruan ketika memacu dapur pacu liarnya.


Perangkat peredaman sudah pasti turut mendukung performa, khususnya pengendalian. Lewat program pengujian intensif di Nurburgring Nordschleife dan trek balap lainnya, suspensi disetel sesuai output mesin yang tinggi. Berkat kombinasi single-joint spring strut untuk depan dan multilink di belakang. Mini pun memperlebarkan trek dan merendahkan ground clearance hingga 10 mm untuk kelincahan lebih maksimal. Sementara pengereman memanfaatkan cakram-kaliper tetap 4 piston di muka, dan cakram-kaliper mengambang satu piston di buritan. Penjepit piringan berventilasi 360 x 30 mm dibuat dari alumunium.


Mini JCW GP Interior


Rupa begitu atraktif disematkan dan fokus pada aerodinamika. Berbagai perangkat seperti spoiler wing besar dengan kontur ganda, apron surround depan dan spoiler lip memastikannya. Bahan serat karbon tak luput dipakai, yakni pada fender. Menariknya terbuat dari hasil daur ulang produksi BMW i3 dan i8. Kemudian diimbuhkan nomor unit. Indonesia sendiri kedapatan 0075, sebagai peringatan hari kemerdekaan Indonesia tahun ini yang mencapai 75. Pilihan warna cuma ada Racing Grey Metallic, kontras bersama Melting Silver Metallic pada di atap dan spion. Untuk menyempurnakan, pelek 18 inci berspesifikasi 8,0 J x 18 yang bobotnya berkurang 9 kg. Dibungkus ban 225/35.


Baca Juga: Manhart Performance Gali Potensi Mini Terkencang


Interior didesain memaksimalkan karakter sporty. Insulasi suara dikurangi agar bobot berkurang. Jok sporty kombinasi Dinamica dengan kulit tampil mencolok. Sementara kemudi dikerubungi kulit nappa. Dasbor khas Mini terpajang. Kontrol AC otomatis tersaji, bersama Mini Navigation System 8,8 inci dan pengisi daya nirkabel. Pada sisi pengemudi, layar warna 5 inci mengisi panel instrumen. Menampilkan informasi lengkap.


“MINI John Cooper Works GP baru adalah jenis sports car langka dengan DNA motorsport. Tetapkan tolok ukur baru untuk tenaga mesin dan kedinamisan berkendara di segmen sports car premium kompak. Dengan hanya 3,000 unit yang diproduksi di MINI Plant Oxford,” ucap Head of Mini Asia, Kidd Yam.


Ada 12 unit saja, sudah pasti banderolnya tak murah. Harga rekomendasi Mini Rp 1,5 miliar. Konsumen pun sudah mendapat garansi tanpa batasan kilometer selama empat tahun, free scheduled service, 5 years Mini Service Inclusive dan warranty ban BMW dua tahun. (Hfd/Odi)


Baca Juga: Mini Luncurkan New Countryman Blackheath Edition, Cuma 24 Unit!

Jelajahi MINI 3 Door

MINI 3 Door Rp 765 Juta - Rp 1,11 Milyar Cicilan : Rp 17,45 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store