Manhart Performance Gali Potensi Mini Terkencang

Manhart Performance Gali Potensi Mini Terkencang
Gambar
Review Pengguna

Mungil dan gahar, mungkin dua kata itu bisa mengekspresikan ciri Mini john Cooper Works GP. Bagaimana tidak, ia terlahir sebagai sebuah hatchback kompak dengan performa tinggi. Belum lagi bersolek agresif untuk menyombongkan kemampuan. Kendati begitu, tuner asal Jerman, Manhart Performance, melihat masih ada potensi yang bisa digali.

Diberi nama Manhart GP F350, menjadi karya termutakhir Manhart di atas kanvas Mini paling kencang. Mereka kembangkan Mini JCW GP generasi ketiga agar sanggup memuntahkan tenaga lebih banyak. Pada dasarnya, JCW GP sudah terbilang hebat. Juga menggiurkan, siapkan tenaga 301 hp dibarengi torsi berlimpah hingga 450 Nm dalam bungkus tubuh mungil. Namun, kemampuan itu dikorek lagi hingga mencatatkan angka 350 hp dan 530 Nm di atas kertas.

Manhart GP 350

Yang jelas basis enjin empat silinder B48 turbo berkapasitas 2,0 liter dipertahankan. Peningkatan datang lewat remap ECU, dikerjakan spesialis Mini asal Belanda: Beek Auto. Di samping itu, urusan turbo turut disentuh. Intercooler Manhart buatan Airtec dijebloskan guna mengoptimalkan pendinginan udara dari turbin. Di sektor pembuangan gas, Gasoline Particulate Filter lengser, lantas disudahi cat-back exhaust system Remus demi melegakan pernapasan. Tak hanya itu, tersemat pula flap control sehingga GP F350 dapat bersuara lebih gahar.

Baca Juga: MINI Countryman Dapat Penyegaran, Ubahan Minor Ada Aksen Union Jack

Urusan kaki-kaki mungkin tidak dieksekusi sehebat sektor pemacu daya. Mereka hanya membekali pegas berukuran pendek – karya AST Suspension – sehingga menurunkan kuda-kuda sejauh 20 mm di depan dan 15 mm di belakang. Hal ini dikarenakan Manhart meyakini JCW GP sudah punya suspensi yang mumpuni. Namun, disebutkan bahwa sistem Coilover Suspension spesifik tengah dikembangkan.

Manhart Gp F350

Rancangan luar Manhart GP F350 mempertahankan elemen bawaan. Wajar saja karena pada dasarnya sang Mini terkencang dibuat ekstrovert menampilkan kemampuan. Bisa dilihat fender flare menyerupai sirip terpisah pada sepatbor. Di belakang, spoiler besar bertengger di bagian atas untuk memberikan downforce ekstra.

Desain eksterior sedikit dibuat berbeda agar menunjukkan hasil karya modifikator asal Jerman. Tubuh dibungkus lapisan matt black dengan dekorasi kontras berwarna emas. Sepatu juga diganti, mengenakan pelek Manhart Concave One diameter 19 inci dibalut ban 235/30. Ada modifikasi lain tersedia sesuai permintaan seperti digital multi-functional gauge atau komponen eksterior dan interior buatan Cravenspeed.

Baca Juga: X-Raid Ubah Tampilan MINI Countryman Bergaya Cross-Country

Meski dijual terbatas, F350 belum menjadi puncak dari modifikasi Manhart pada JCW GP. Dijelaskan saat ini beberapa tingkatan upgrade mesin tengah dikembangkan. Termasuk di dalamnya carbon intake, downpipe, dan paket sistem gas buang bakal tersedia di masa mendatang. Semua bertujuan membuat Mini paling atletis jauh lebih bertenaga.

Menggarap Toyota GR Supra

Modifikasi Toyota GR Supra oleh Manhart

Toyota GR Supra turut menjadi bahan garapan Manhart Performance. Saudara se-platform BMW Z4 itu dibesut ulang sehingga mampu melontarkan daya fantastis sekaligus melenggok lebih tampan. Output tenaga ditingkatkan dari 340 hp menjadi 450 hp. Sementara itu, kekuatan memuntir dilatih lagi sehingga sanggup menghasilkan 650 Nm.

Racikan utama terletak di remap ECU berikut pakai MHtronik Powerbox. Di samping itu, exhaust system stainless steel menggantikan komponen bawaan. Filter partikel bensin dicabut dan dilangsungkan oleh pipa agar aliran udara lebih lancar. Tersemat pula Valve Control untuk mengatur tingkat kesopanan suara knalpot.

Di sektor kaki-kaki ada dua opsi bagi konsumen. Paling sederhana adalah tuning suspensi Manhart dengan lowering spring H&R. Jika ingin lebih serius disediakan pilihan Manhart Coilover Variant 3 dilengkapi pengaturan 3 arah racikan KW Coilover.

Visual turut dimainkan, paling kentara ditampilkan lewat set striping dekoratif khas Manhart. Lalu, pelek diganti ke model Manhart Concave One diameter 20 inci. Secara mendetail trim knalpot digebyur cat hitam dan serat karbon. Pelanggan bisa melakukan kustomisasi lain sesuai keinginan karena hasil eksekusi ini ditujukan sebagai role model saja. (Krm/Odi)

Baca Juga: Mini Indonesia Luncurkan Edisi Spesial Cooper GT Edition, Hanya Tersedia 30 Unit

Jelajahi MINI 3 Door

MINI 3 Door Rp 765 Juta - Rp 1,11 Milyar Cicilan : Rp 17,45 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store