MG HS Magnify i-Smart Selisih Rp 30 Jutaan dari Varian Ignite, Apa Bedanya?

MG HS Magnify i-Smart Selisih Rp 30 Jutaan dari Varian Ignite, Apa Bedanya?

MG HS Magnify i-Smart kini hadir sebagai puncak dari line up HS. Menggeser varian Ignite dari takhta, tentu dibarengi penyesuaian harga. Dengan banderol Rp 468,9 juta (OTR Jakarta), selisihnya tergolong jauh. Bandingkan saja label model Ignite senilai Rp 435,8 juta. Jadi pertanyaan, apa saja bedanya?

Seakan Tak Ingin Tampil Lebih Flamboyan atau Terlalu Pamer Kehebatan

Kedatangan MG HS teranyar ini bukan merupakan pembaruan gaya apalagi full model change. Sebatas menambah varian. Dengan demikian, secara basis rancangan tentu identik dengan sang SUV kedua yang dibawa MG Motor Indonesia. Menawarkan gaya SUV yang boleh dibilang sedap dipandang meski sebagian mungkin beranggapan mirip mobil lain – Anda mungkin tahu acuannya.

Pun seleksi busana tidak benar-benar membuatnya terlihat berbeda dari Ignite. Dari permainan bingkai grille kromium, finishing frame jendela satin, hingga ke pemilihan pelek dual tone abu dengan polesan alloy berukuran 18 inci tidak membuatnya terlihat jauh lebih istimewa. Juga dari segi kelengkapan fitur eksterior, HS Magnify i-Smart sama saja lengkapnya. Contoh pemanfaatan LED sebagai penerangan utama, DRL, sein sekuensial, dan lampu kombinasi belakang. Belum lagi fungsi smart entry berikut bukaan pintu bagasi elektrik.

Upaya diferensiasi rancangan dan perbekalan dalam kabin setara eksekusi langkah membedakan eksterior. Seakan terasa tidak mau tampil jauh lebih flamboyan atau terlalu menyombongkan diri. Agak diwajarkan sebab standar Ignite saja sudah tergolong tinggi dan berkelas. Sebut saja dominasi material leather dan soft touch di berbagai sisi dengan perpaduan kelir merah dan hitam plus aksen perak. Nuansa mewah lantas disudahi permainan ambient lighting 64 warna bak mobil premium Eropa.

First Drive MG HS Magnify i-Smart

Bagaimana dengan perbekalan fitur pendukung kenyamanan? Dipastikan mayoritas kelengkapannya sama. Bangku sport seat dengan pengaturan elektrik pancarkan identitas merek sebagai pabrikan sports car legendaris asal Britania Raya. Tak ketinggalan pula setir flat bottom plus tombol merah shortcut mode berkendara khasnya MG HS dan paddle shifter. Kelengkapan lain seperti rem parkir elektrik komplet fungsi auto hold turut meramaikan kabin.

Jangan sampai berekspektasi juga terdapat jantung pacu berbeda dari opsi trim lainnya. Ia tetap menggendong mesin empat silinder 1.500 cc DOHC 16 katup turbo. Diklaim sanggup gelontorkan tenaga sampai 162 PS dengan torsi puncak 250 Nm. Membuatnya cukup menyenangkan, penyaluran ke roda terlaksana via transmisi otomatis kopling ganda nan cekatan.

Dari segala kesamaan antara dua trim tadi, bukan berarti sama sekali tidak ada diferensiasi yang dapat dinikmati mata. Perhatikan detail apron bumper depan, tertanam boks hitam persis di tengah sebagai komponen pembeda tingkat kepintaran HS. Melihat itu, mudah untuk menebak mana penduduk rangking di kelas dan mana yang justru sekarang menjadi anak berprestasi moderat.

Terdapat pula setitik perbedaan dalam kabin yang sekilas mungkin biasa saja namun menyembunyikan keunggulan baru. Adalah sistem infotainment anyar dengan grafis lebih segar. Memainkan komposisi warna monokrom sehingga membuatnya terasa elegan. Bukan sekadar gaya, disuntik kemampuan seperti navigasi terintegrasi, voice command, dan konektivitas smartphone. Di sinilah salah satu wajah dari kecanggihan paket teknologi i-Smart.

Baca juga: MG HS Magnify i-Smart Resmi Dirilis, Boyong Teknologi Canggih dengan Harga Atraktif

First Drive MG HS Magnify i-Smart

Emblem i-Smart Membedakan Kasta

Bukan berarti buruk bila tidak ada perbedaan penampilan untuk sebuah varian lebih mahal. Justru memungkinkan penambahan fitur komprehensif tanpa dibarengi pembengkakan tag harga. Ini mungkin yang terjadi pada HS Magnify. Pembeda kasta paling kentara hanya emblem i-Smart. Tapi di balik itu, kecanggihannya boleh dibilang meningkat cukup drastis namun tidak membuat label jadi tidak masuk akal. Tetap menjadi alternatif terjangkau dan tak kalah menarik dari geng Honda CR-V.

Teknologi berkendara semi otonom dan implementasi Internet of Things (IoT) jadi tajuk utama pada i-Smart. Menghadirkan asisten artifisial untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara sekaligus tawarkan sensasi masa kini yang serbaterhubung. Paketnya sendiri terbagi atas empat pilar yakni Smart Check, Smart Command, Smart Connect, dan Smart Drive.

Kesan canggih sudah pasti didapat sebab berbagai fungsi mobil bisa dikendalikan dari gawai. Tidak terbatas jarak, juga waktu, asal mendapatkan koneksi internet stabil di dua sisi – mobil dan smartphone. Ini merupakan pembagian dalam Smart Check. Menyiapkan kemampuan kontrol dan pemantauan dari gawai seperti untuk menyalakan mesin dan AC, mengaktifkan lampu atau klakson saat mencari parkir, berikut mengoperasikan kunci pintu.

First Drive MG HS Magnify i-Smart

Smartphone pun dapat dipakai untuk memeriksa kondisi kendaraan melalui Remote Vehicle Diagnosis dari status pintu, temperatur kabin, hingga tekanan angin ban. Juga letak kendaraan secara real time. Lebih dari itu, tersemat Geo Fence untuk membuat batas area gerak kendaraan secara digital. Di samping itu, Travel Plan dapat memanja pengguna untuk merencanakan waktu dan destinasi perjalanan sebelum berangkat. Juga MG Touch Point ada untuk mengetahui letak pelayanan dan membuat janji dengan titik pelayanan MG terdekat.

Geser ke Smart Command, peranti ini akan memudahkan Anda mengoperasikan fitur saat berkendara. Tidak perlu memindahkan tangan dari lingkar kemudi, tinggal bilang "Hello MG" dan minta asisten artifisial untuk mengendalikan suatu komponen dalam Bahasa Inggris. Misal AC, jendela, sunroof, radio, navigasi, dan lainnya.

Hubungan dengan internet lantas memungkinkan MG HS Magnify menawarkan paket Smart Connect. Sistem mampu menampilkan panduan perjalanan dan navigasi pintar berbasis internet. Dari mencari restoran terdekat, pom bensin, atau Point of Interest (POI) yang telah ditetapkan sebelumnya. Sementara itu, keterhubungan lainnya – seperti terjemahan dari “Conect” itu sendiri – termasuk integrasi smartphone untuk sajikan aplikasi sesuai gawai di sistem infotainment. Tersambung via Apple CarPlay atau EasyCon untuk sistem operasi Android.

Baca juga: First Drive MG HS Magnify i-Smart: Semakin Memikat dengan Susuk Teknologi dan Konektivitas Modern

First Drive MG HS Magnify i-Smart

Jika semua itu tadi dianggap sebagai gimik murah masa kini, HS Magnify i-Smart punya senjata terakhir. Adalah teknologi Advanced Driving Assistance System alias ADAS. Terpasang otomatisasi untuk menjaga laju konstan dan sesuai arus jalan, posisi dalam jalur, sistem pra celaka, dan peranti pemantau objek sekitar kendaraan.

Andai dijabarkan, paketnya terbagi lagi jadi tiga bagian. Contoh Lane Assist System untuk memastikan posisi mobil berada dalam satu jalur. Berisi kemampuan seperti Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, dan Lane Keep Assist. Lalu, Front Drive Assist menyiapkan asistensi saat melaju. Meliputi Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist,Forward Collision Warning, dan Intelligent-High Beam Control. Terakhir, Rear Drive Assist menugaskan Lane Change Assist, Rear Cross Traffic Alert, dan Blind Spot Detection untuk memantau pergerakan di area bokong.

Cukup menarik adalah fungsi ekstra pada head unit guna membantu manuver. Terpasang kamera 360 derajat dan ditampilkan lewat monitor touchscreen di tengah. Memberikan imaji tampak atas berikut blind spot samping roda depan kiri dan kanan saat berbelok tajam.

Ya, secara tampilan mungkin MG HS Magnify i-Smart tidak terlihat berbeda jauh dari model Ignite. Tapi hal itu bukan berarti membuat selisih Rp 30 jutaan malah tidak berarti. Sila coba dulu seberapa fungsional penambahan kemampuannya. Minimal akan terasa canggih tapi pada intinya dapat meringankan beban berkendara sekaligus memberikan keselamatan ekstra. (Krm/Raju)

Model Mobil MG

  • MG ZS
    MG ZS
  • MG HS
    MG HS
Mobil MG

Jangan lewatkan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil MG HS Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil MG HS

Tren SUV

  • Yang Akan Datang