Mercedes-Benz T-Class Bakal Hadir Sebagai Lifestyle Van

Mercedes-Benz T-Class Bakal Hadir Sebagai Lifestyle Van

Mercedes-Benz sebenarnya punya line-up van yang cukup variatif. Kalau kita familiar dengan Sprinter, Vito, dan V-Class, di luaran sana beredar spesies bernama Citan – diketahui bakal segera berganti generasi. Belum selesai sampai di situ karena Mercedes akan menambahkan satu kelas baru: T-Class.


Sebelum membahas T-Class, ada baiknya mengenal siapa itu Citan. Bertubuh kompak, ia mewakili pabrikan berlogo Three Pointed Star di segmen Light Commercial Vehicle (LCV). Bukan model orisinal buatan Mercedes-Benz melainkan rebadge dari Renault Kangoo. Generasi pertama sendiri mendebut pada 2012 sebagai suksesor Vaneo. Tak lama lagi penerus bakal mengganti karena kedapatan tengah melakukan uji coba Maret lalu.


Mercedes-Benz Citan (T-Class)


Dari Spyshot mudah diidentifikasi kalau all new Citan tetap dibangun dari basis Kangoo. Bisa dilihat bentuk tubuh persis menyerupai van bikinan Renault meski dibalut kamuflase. Kendati menuai kritik karena kemiripannya, diyakini model terbaru ini bakal terdiferensiasi sekaligus lebih mencirikan keluarga Mercedes-Benz. Diekspektasikan ada peningkatan pada sisi material, desain, dan kandungan teknologi.


Baca juga: Keistimewaan Dua Model Terbatas Mercedes-Benz, Rayakan Eksistensi 50 tahun di Indonesia


Nah, keberadaan sang van komersial tampak dimanfaatkan untuk memperkaya line up passenger cars. Pasalnya, T-Class bakal menjadi versi penumpang Citan – sama seperti hubungan darah antara Vito dan V-Class. Lifestyle Van disebutnya, hal baru bagi pabrikan asal Stuttgart, Jerman. Hingga saat ini belum diketahui seperti apa rancangan final T-Class. Gambaran baru sebatas teaser sketsa ringan. Namun, kemungkinan besar ia bersolek lebih manis dan mewah untuk membawa penumpang wara-wiri.


Kalau melihat arah pengembangan V-Class mungkin terdapat diferensiasi besar-besaran dari basis pembangun. Terutama dalam kabin, wajar bila digarap berkelas. Yang pasti T-Class menawarkan ruang efisien guna memenuhi berbagai kebutuhan pengangkutan sebagaimana sebuah MPV. Cita rasa kendaraan multifungsi kian dikuatkan oleh pintu geser. Dari semua itu, sisi kenyamanan diklaim tidak akan terkompromi.


Mercedes-Benz T-Class


"Melalui Mercedes-Benz T-Class baru ini, kami menawarkan mobil yang memungkinkan bagi keluarga dan mereka dengan hobi aktif untuk memasuki dunia Mercedes-Benz," papar Head of Mercedes-Benz Vans, Markus Breitschwerdt, terkait konsep mendasar T-Class. Ia menambahkan, "Pelanggan seperti ini mencari kendaraan kompak atraktif sekaligus praktis – dan inilah tepatnya tuntutan yang dipenuhi T-Class baru."


Baik itu Citan dan T-Class, keduanya dikembangkan bersama aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Mereka menganut platform anyar Renault dengan kemampuan menggendong pemacu konvensional atau full-electric. Sudah dikonfirmasi pula nyawa elektris pada kedua van ringan Mercedes ini – juga Renault Kangoo – bakal hadir di masa mendatang.


Urusan pilihan mekanikal peminum olahan fosil, unit diesel 1,5 liter dCi Renault diharapkan bertugas duluan. Saat ini tersedia dengan tiga pilihan output: 80 hp, 95 hp, 116 hp. Di samping itu, mesin bensin 1,3 liter turbo hasil kembangan Daimler dan Renault juga mungkin bakal menambah variasi. (Krm/Tom)


Sumber: Motor1


Baca juga: Mercedes-Benz Indonesia Masih Tunggu Situasi untuk Ikut GIIAS 2020

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store