jakarta-selatan

Mercedes-Benz G-Class Edisi Spesial, Selebrasi Ulang Tahun ke-40

  • 17 Jun, 2019
  • 495 Kali Dilihat

Banyak yang tak menyadari, mobil off-road mewah Mercedes-Benz G-Class ternyata sudah berusia 40 tahun. Sebagai bentuk perayaan, manufaktur merilis edisi spesial. Disebut dengan Stronger Than Time, edisi spesial G-Class, sejatinya hanya penambahan aksesori dibanding versi standar. Selain itu, G-Class Stronger Than Time juga menjadi bagian selebrasi 20 tahun AMG G-Class melalui edisi khusus Mercedes-AMG G 63 Stronger Than Time.



Dilansir dari situs Autoblog, edisi spesial G-Class Stronger Than Time terdiri dari tiga model: G 400 d, G 500 dan G 63. Semuanya diberi kelengkapan ekstra. Untuk versi model G 400 d dan G 500, manufaktur memberikan paket AMG Line di sektor luar, meningkatkan kegagahan sekaligus kemewahan dari off-roader kotak itu. Fender flare, bumper depan direvisi bentuknya, pelek 20 inci AMG, sejumlah kromium, penutup roda cadangan dan door sills termasuk dalam paket AMG Line.


Sedang lampu depan sorot pada spion, bakal menembakkan cahaya dengan logo G-Class dan tulisan Stronger Than Time ke arah permukaan jalan. Selain gimmick estetika, fitur itu juga berfungsi memberi penerangan ekstra saat pengemudi mengakses mobil di tempat gelap. Kelengkapan mewah lain, lampu depan LED, sistem audio premium lansiran Burmester dan sunroof.


Beralih ke interior, konsumen bisa memilih tiga paket desain. Pilihan pertama menggunakan kulit Nappa sebagai pemanis kabin, dengan jahitan emas dan trim kayu berjenis open-pore black. Pilihan desain interior kedua, padanan kulit berwarna Macchiato Beige dan Yacht Blue, serta warna coklat muda untuk trim kayunya. Pilihan lain, Macchiato Beige dan Lounge Red dengan trim piano black. Pada semua pilihan, material kulit itu juga membungkus gagang atau pegangan pada bagian langit-langit serta kulit Nappa untuk membungkus panel instrumen.


Mercedes-AMG G 63 Stronger Than Time sedikit berbeda kelengkapannya. Grille menggunakan aksen kromium gelap. Sedang kromium matte diaplikasikan pada pijakan kaki di samping, exhaust outlets, rumah kaca spion, sebagian bumper depan dan belakang, skid plate dan sejumlah bagian pada penutup roda cadangan. Untuk penampilan lebih gagah, ada pelek AMG 22 inci berkelir hitam matte terpasang di kaki-kaki.


Untuk bagian dalam, edisi spesial G 63 itu menggunakan kulit Nappa berwarna two tone hitam dan Titanium Grey Pearl, dengan trim serat karbon menghiasi penjuru kabin. Seperti pada versi standarnya, G 63 Stronger Than Time juga menerapkan balutan kulit hingga ke pegangan di bagian langit-langit dan membungkus semua instrumen.


Konsumen yang tertarik G 63 edisi spesial ulang tahun, bisa memilih AMG Trail Package. Paket itu menambah pengaturan lebih lembut untuk peredam adaptif, menawarkan variasi lebih nyaman kala melibas medan tak ramah. Paket itu juga dilengkapi dengan lima pelek twin spokes 20 inci (termasuk roda cadangan) dengan balutan ban all terrain. Manufaktur memberi warna hitam pada skid plate dan pelindung lumpur roda belakang. Sedang kaca jendela belakang dilengkapi pelapis film dengan penahan panas sebagai standar. Fungsinya melindungi penumpang dari teriknya sinar matahari.


Jantung mekanis perkasa digendong oleh G-Class edisi spesial. G 400 d memakai dapur pacu OM656, turbodiesel inline 6-silinder dengan tenaga 330 hp dan torsi puncak 700 Nm. Model bensin G 500 dengan mesin V8 4,0 liter biturbo, menyemburkan daya 422 hp dan torsi 610 Nm. Versi AMG G 63 juga menggunakan mesin V8 biturbo. Hanya saja tenaga lebih tinggi dari versi standar, menjadi 585 hp. Transmisi juga berbeda, AMG Speedshift TCT 9-speed untuk AMG G 63 Stronger Than Time.


Peningkatan tampilan luar-dalam tentu harus dibayar dengan harga yang lebih mahal. Sayangnya, Mercedes-Benz tak menyertakan harga G-Class Stronger Than Time itu dalam informasi resmi. Yang pasti, G-Class tetap berstatus mobil mewah dengan kemampuan off road yang serius, bukan sebagai mobil jalan raya banyak gaya. Buktinya manufaktur membuka pusat pelatihan G-Class Experience Center di Austria. Arena khusus itu menawarkan program simulasi off road bagi yang ingin mengeksplorasi lebih dalam G-Class mereka.


Sumber: Autoblog, Motor1


Baca Juga: Sebelum Membeli, Ketahui Fitur Menarik Datsun Cross

Galeri

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi