• Wishlist

Mercedes-Benz CLA Terbaru Akan Meluncur Di New York Auto Show 2016

Mercedes-Benz CLA Terbaru Akan Meluncur Di New York Auto Show 2016

Jakarta: Mercedes-Benz CLA adalah mobil compact sedan pertama dari pabrikan Jerman tersebut, yang hadir pada tahun 2014 di Indonesia. Sejauh ini, respon dari pasar Tanah air memang tidak terlalu antusias untuk sedan yang diposisikan sebagai entry level, di bawah Mercedes-Benz C-Class tersebut. Namun pabrikan Jerman itu mengabarkan bahwa versi terbaru dari CLA akan mereka hadirkan di gelaran New York Auto Show 2016.


Kenapa harus New York? Rupanya di Amerika Serikat konsep entry level yang terpasang di mobil ini lebih mengena, dan mobil ini berhasil menembus pasar negeri itu. Kenapa di Indonesia responnya biasa-biasa saja? Pertama mobil yang berdiri diatas platform A-Class ini memiliki banderol harga yang tidak jauh berbeda dengan C-Class yang ada diatasnya. C200 Avantgarde, yang merupakan varian paling bawah C-Class hanya berselisih Rp 30 jutaan dibanding CLA200 Sport yang dibanderol Rp 784 juta.


Kedua, orang Indonesia sepertinya pro status quo kalau sudah bersangkutan dengan mobil yang kerap dipanggil 'Mercy' ini. Mercedes adalah sedan mewah dan nyaman, berpenggerak roda belakang, atau SUV yang mampu melahap medan off-road tulen, untuk mereka yang sudah mapan. Tidak percaya? Selama bulan Januari-Februari 2016 lalu, mobil yang diniagakan dalam varian CLA200 Urban dan Sport ini hanya terjual 30 unit, sementara C-Class terjual 154 unit.


Tapi itu di Indonesia. Toh hal itu tidak menghalangi Mercedes-Benz untuk merilis penyegaran CLA. Penyegaran yang jujur saja agak sulit untuk dilihat, terutama di bagian eksterior. Mercedes-Benz memberikan bumper dengan desain baru untuk mobil yang saat peluncurannya nanti akan hadir dalam 3 varian ini (CLA250, CLA250 4MATIC, dan CLA45 AMG).


CLA45 AMG Adalah varian paling bertenaga


Beberapa situs luar negeri bilang bumpernya kini memiliki desain yang lebih halus. Tapi sepertinya dengan desain baru ini paras CLA menjadi lebih agresif. Terlebih penyematan grille yang dinamakan 'diamond grill' membuat kesan itu semakin kental. CLA45 AMG bahkan terlihat sangat sportif dengan tambahan sirip aerodinamika berwarna hitam di bagian sisi bumper. Sementara di bagian belakang, bumper baru juga hadir, dan perlu sedikit ketelitian untuk menemukan aksen lubang angin di sisi kiri dan kanan bumper, yang merupakan sebuah hal baru. Selain itu, lampu belakang kini memiliki tatanan baru, dengan bentuk yang masih sama.


Bgian belakang CLA45 AMG


Di balik moncongnya, Mercedes-Benz memberikan mesin yang cukup bertenaga. Untuk varian CLA250 dan CLA250 4MATIC, tersedia dengan pilihan mesin bensin empat silinder bertenaga 208 hp. Sementara CLA45 AMG akan memiliki tenaga 375 yang bersumber dari mesin empat silinder turbo, yang dituning ulang oleh AMG. Semua varian tersebut dibekali transmisi otomatis 7-speed sebagai standar. Khusus untuk AMG, sepertinya akan mendapatkan sentuhan fitur berkendara AMG, yang membuat perpindahan transmisi menjadi lebih agresif.


Interior CLA250


Interior? Jok dan trim kini memiliki jahitan merah yang sportif, serta hadirnya layar 8-inchi yang lebih tipis di dashboard. Fitur bantu berkendara yang hadir antara lain Active Brake Assist, sebuah sistem pengereman otomatis yang bisa mendeteksi bahaya. Headlight dengan teknologi LED adalah fitur standar pada varian AMG, namun merupakan opsional bagi CLA lainnya.


Menurut rilis dari Mercedes-Benz, mobil ini akan mulai dijual pada akhir 2016 di Amerika Serikat dan Eropa. Dan sepertinya paling cepat pertengahan tahun 2017 baru akan masuk ke Indonesia.


Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya Ada Mercedes-Benz C-Class Cabriolet

Jelajahi Mercedes Benz CLA-Class

Bandingkan & Rekomendasi