• Wishlist

Menelisik 812 Superfast, Supercar Terbaru Ferrari Paling Bertenaga

Menelisik 812 Superfast, Supercar Terbaru Ferrari Paling Bertenaga

Ferrari merilis mobil terbarunya, berjuluk 812 Superfast di Geneva Motor Show 2017. Mobil ini digadang-gadang jadi supercar paling bertenaga buatan Ferrari. Bahkan sengaja dihadirkan sebagai perayaan ulang tahun pabrikan mobil berlogo kuda jingkrak itu ke-70.

Ferrari 812 Geneva 2017 02

Kabarnya, 812 Superfast bakal dipasarkan juga di Indonesia. Lantas seperti apa spesifikasi detail dari supercar bermesin V12 itu? Seperti disebutkan tadi, mobil ini hadir dengan mengusung mesin V12 yang sudah jadi warisan luhur Ferrari dan merupakan akar dari berdirinya perusahaan sejak 70 tahun lalu ini. Ferrari sampai pada hari ini, masih menjadi satu-satunya produsen yang terus menghasilkan sportscar dengan mesin 12-silinder.

Mesin V12 berkapasitas 6.5-liter terbaru, dan jadi acuan dalam segmen sportscar bermesin depan. Mesin ini memiliki kemampuan daya maksimum pada 8,500 rpm, menjamin rasa mendebarkan dari kinerja luar biasa yang merupakan karakter eksklusif dari Ferrari bermesin V12. Sementara torsi maksimum 718 NM @ 7,000 rpm, atau 80% dari yang sudah tersedia pada 3.500 rpm, meningkatkan kemampuan berkendara dan mengangkat pada putaran rendah.

Mobil ini hadir dengan desain yang inovatif dengan aero package-nya. Ferrari juga mengklaim bila tingkat pengendalian tak tertandingi. Dalam keterangan resminya pada Oto.com, Ferrari menjelaskan, 812 Superfast jadi supercar Ferrari pertama yang menggunakan Electric Power Steering (EPS). Teknologi ini digunakan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki mobil dari segi kinerja.

Pengenalan sistem Virtual Short Wheelbase 2.0 (PCV), menggabungkan bantuan sistem elektrik kemudi roda depan dengan konsep mekanik berlandaskan pada dimensi roda dan sistem kemudi roda belakang. Semua terintegrasi dengan sistem kontrol kendaraan, bersumber pada SSC versi 5.0, bertujuan meningkatkan kelincahan dan respons kemudi.

Ferrari 812 Geneva 2017 01

Dua contoh 812 Superfast yang ditampilkan memiliki karakteristik warna baru, yakni warna perayaan istimewa Rosso 70 Anni (merah) dan Grigio Caldo Opaco (abu-abu tua). Kendaraan baru ini hadir pada stan di Geneva didampingi California T dalam Bianco Italia (putih), 488 GTB dalam Giallo Tristrato (kuning), 488 Spider dengan Rosso Corsa (merah) yang klasik dan GTC4Lusso dalam Nero Stellato (hitam).

Selain itu, dari corak eksklusif Ferrari yang dikembangkan dalam perayaan ulang tahunnya yang ke 70. Yakni persembahan dari 70 Tailor Made yang terinspirasi mobil-mobil ikonik dalam sejarah Ferrari yang tersedia dalam masing-masing kisaran lima model.

Mobil 488 GTB yang dipamerkan dalam balutan warna Rosso Corsa (merah) dengan Blu Laguna (biru) dan Giallo Modena (kuning) yang terinspirasi dari 290 MM yang dikendarai oleh Juan Manuel Fangio pada 1956 di Mille Miglia, yang menampilkan Ferrari pada peringkat empat tertinggi.

Ferrari 812 Superfast 2017 03

Sebelumnya, dalam rangkaian perayaan ulang tahun Ferrari di Jakarta, Arie Christopher, Chief Executive Officer Ferrari Jakarta menyatakan tidak menutup kemungkinan pihaknya menjual 812 Superfast. Namun pihaknya masih menunggu pihak prinsipal memproduksi supercar anyar Ferrari ini dengan menggunakan setir kanan.

"Mobil itu (Ferrari 812 Superfast) bakal masuk, tapi tahun depan kali. Sampai saat ini saya belum dapat informasi pastinya. Biasanya kan setir kiri dulu yang diproduksi, untuk mengubah dari setir kiri ke kanan membutuhkan waktu enam bulan," ungkap Arie beberapa waktu lalu di Jakarta.

Baca juga: Ferrari pamer sejarah mobil klasiknya di Jakarta