Lebaran Drive 2024: Perjalanan Menyenangkan Chery Omoda 5 GT ke Yogyakarta

Fitur-fitur canggihnya begitu membuai sepanjang perjalanan

Lebaran Drive 2024: Perjalanan Menyenangkan Chery Omoda 5 GT ke Yogyakarta

Chery Omoda 5 GT juga ikut serta dalam acara Lebaran Drive yang diselenggarakan oleh OTO Media Group. Kendaraan ini menempuh jarak terjauh, dibawa ke Yogyakarta melalui jalan tol Trans-Jawa dengan perjalanan hampir 600 km dan waktu tempuh sekitar 8-9 jam. Bagaimanakah pengalaman berkendara dengan mobil ini?

Visibilitas & Posisi Berkendara

Chery Omoda 5 GT

Posisi berkendara Omoda 5 GT disokong pengaturan jok elektronik dan kemudi. Setir pun punya penyetelan tilt dan teleskopik. Sehingga sangat memudahkan. Sebenarnya cukup tricky untuk menemukan posisi duduk tepat pada mobil ini. Untuk duduk dengan pandangan yang dapat melihat hidung mobil harus terganjal kepala yang jadi terlalu dekat dengan atap rendah. Hanya tersisa sedikit celah antara kepala dengan plafon.

Omoda 5 GT menawarkan visibilitas yang luar biasa. Pilar-pilarnya dirancang sedemikian rupa sehingga tidak terlalu menghalangi blind spot. Teknologi Advanced Driving Assistance System (ADAS) yang ada meningkatkan pemantauan. Sensor yang tertanam sangat sensitif dalam mendeteksi objek di sekitar kendaraan. Kita akan membahas ini lebih lanjut. Untuk sektor penerangan, penggunaan teknologi LED memberikan pencahayaan yang sangat baik. Tinggi dan arah cahaya dapat diatur secara manual melalui kontrol pada dasbor. Lampu tambahan yang menyala saat setir dibelokkan memastikan pengemudi dapat melihat area tersebut dengan jelas.

Performa

Mesin Chery Omoda 5 GT

Bicara spesifikasi, unit yang digunakan mengaplikasikan jantung mekanis 4 silinder berkubikasi 1,6 liter yang disokong turbo. Ia mampu menghasilkan tenaga sebesar 197 hp dan torsi 290 Nm. Angka ini cukup besar dan mampu bersaing dengan kompetitornya. Seluruh energi dorong disalurkan ke roda depan. Chery sendiri memiliki varian penggerak seluruh roda (all wheel drive) untuk Omoda 5 GT. Sementara sistem pemindah gigi berupa dual clutch 7-percepatan.

Memulai perjalanan dari Depok, Jawa Barat, mobil diisi tiga orang dengan ruang bagasi penuh barang. Bobot ini cukup baik untuk mendukung pergerakan kendaraan. Karakter suspensi Omoda 5 GT tergolong cukup keras, tapi tetap terasa nyaman ketika bergerak lambat terutama saat melewati rintangan seperti polisi tidur. Sebelum memasuki jalur tol, kami cukup dinamis memilih antara Normal dan Eco.

Ya, Omoda 5 GT dilengkapi drive mode terdiri dari Eco, Normal dan Sport. Menariknya masing-masing memiliki karakter yang berbeda signifikan. Untuk Eco karakternya menjaga putaran mesin serendah mungkin, respon pedal akselerasi pun jadi terasa lambat. Untuk bergerak dari posisi nol km per jam pun membutuhkan waktu. Tentunya ia jadi kurang cocok di jalan tol dengan kondisi lenggang. Pasalnya aksi menyalip jadi membutuhkan usaha. Mengingat mode Eco bertujuan untuk memastikan efisiensi bahan bakar menjadi optimal. Kami pun menilai ia sangat cocok dipakai di jalan padat. Walau tak ada salahnya juga di jalanan lenggang dan Anda memang mengejar konsumsi bahan bakar sehemat mungkin.

Ketika diubah ke normal, karakternya langsung berubah total. Putaran mesin meningkat dan pedal gas terasa lebih responsif. Ini jadi sangat cocok ketika jalur yang dilewati tidak terlalu padat dan jarang melakukan stop&go. Karakter tersebut membuat mobil bergerak lebih luwes dan memudahkan saat menyalip.

Memasuki tol, keinginan untuk melaju lebih kencang disediakan oleh mode Sport. Lagi-lagi karakternya berubah total. Putaran mesin terendahnya disetel tinggi guna menghasilkan torsi lebih kuat. Akselerasi pun terasa responsif padahal pedal gas ditekan tak terlalu dalam. Namun, kesan menjambak tidak muncul. Hal ini tentunya sangat ramah terhadap seluruh penumpang, apalagi saat membawa keluarga.

Kondisi tersebut bukan berarti tak dapat diubah. Ketika menginjak pedal lebih dalam, sensasi kepala tertarik ke headrest langsung terasa. Karakter buas Omoda 5 GT benar-benar keluar. Jarum speedometer bergerak cepat bersama raungan mesin yang terdengar merdu hingga ke dalam kabin. Setir pun ikut terasa berat memastikan keamanan dan keselamatan. Usaha menanjak dapat dengan mudah dilakukan Omoda 5 GT bahkan tanpa usaha berat.

Walau begitu, Omoda 5 GT memiliki sedikit kelemahan saat bermanuver di kecepatan tinggi. Sebenarnya banyak faktor, bisa jadi suspensi yang kurang keras atau profil ban. Pengemudi harus mengontrol atau mengoreksi kemudi saat melewati belokan kecepatan tinggi yang cukup tajam. Namun, hal ini bukanlah masalah besar, toh dapat diatasi dengan mengurangi kecepatan.

Advanced Driving Assistance System (ADAS)

Chery Omoda 5 GT

Harus diakui, mobil yang dibanderol sangat kompetitif ini memiliki fitur ADAS yang lengkap. Mereka antara lain Blind-spot Detection, Emergency Lane Keeping, Rear Cross Traffic Alert, Front Collision Warning, Autonomous Emergency Braking, Intelligent High Beam Control Headlamp dan Car Lead Departure Sign.

Fitur yang paling terasa kegunaannya adalah Adaptive Cruise Control. Ia sangat membantu ketika berada di jalan bebas hambatan. Rasa percaya diri melepas kaki dari pedal gas dan rem pun cukup tinggi. Mobil mengikuti kecepatan yang ditentukan dengan sangat baik. Peningkatan kecepatan untuk mengejar setingan terasa dilakukan dengan mulus.

Kendalanya mungkin terletak pada Lane Keeping Assist. Pasalnya pergerakan mobil terasa terlalu patah ketika menghindari marka jalan yang menandakan mobil berpotensi keluar jalur. Beberapa kali rasa badan terdorong ke samping cukup keras. Mau tak mau kendali pengemudi harus berjibaku mengendalikan kemudi.

Kekurangan lainnya adalah warning jalur atau Lane Departure Warning. Ia bisa disetel mengeluarkan peringatan dalam bentuk suara saja, getaran atau keduanya. Karena tingkat sensitifnya yang cukup tinggi ia pun selalu aktif. Bahkan beberapa kali ia terus memberikan peringatan padahal arah pergerakan mobil sudah menjauhi marka jalan.

Walau begitu, overall teknologi ADAS pada Omoda 5 GT sangat membantu perjalanan menjadi lebih nyaman. Meski memang harus diakui pabrikan perlu melakukan penyempurnaan sehingga ia lebih ramah lagi. (HFD/ODI)

Baca Juga: 5 Hal Favorit New Mazda3 Hatchback yang Menjadikannya Partner Liburan Ideal

Muhammad Hafid

Muhammad Hafid

Muhammad Hafid, atau biasa dipanggil Hafid adalah jurnalis otomotif berpengalaman. Pengetahuannya tidak hanya terbatas di teknis otomotif roda empat, tapi juga roda dua dan industri secara keseluruhan. Beberapa media pernah menjadi tempat baginya menyalurkan bakat dan pengetahuan, sebelum akhirnya bergabung bersama OTO.com awal Oktober 2018.

Baca Bio Penuh

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Model Mobil Chery

  • Chery Omoda 5
    Chery Omoda 5
  • Chery Tiggo 5x
    Chery Tiggo 5x
  • Chery Omoda E5
    Chery Omoda E5
  • Chery Tiggo 8 Pro
    Chery Tiggo 8 Pro
  • Chery Tiggo 7 Pro
    Chery Tiggo 7 Pro
  • Chery Tiggo 8 Pro Max
    Chery Tiggo 8 Pro Max
  • Chery Tiggo 8
    Chery Tiggo 8
Harga Mobil Chery

Jangan lewatkan

Promo Chery Omoda 5, DP & Cicilan

  • Omoda 5 Z DP Rp 71,13 Juta Angsuran Rp 12,81 Juta x 23 Bulan Rp 334,8 Juta OTR Lihat Promo
  • Omoda 5 RZ DP Rp 83,06 Juta Angsuran Rp 15,31 Juta x 23 Bulan Rp 404,8 Juta OTR Lihat Promo
  • Omoda 5 GT FWD DP Rp 94,86 Juta Angsuran Rp 16,96 Juta x 23 Bulan Rp 453,8 Juta OTR Lihat Promo
  • Omoda 5 GT AWD DP Rp 105,58 Juta Angsuran Rp 18,45 Juta x 23 Bulan Rp 493,8 Juta OTR Lihat Promo

GIIAS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Berita
  • Artikel feature
  • Yang Akan Datang
  • Chery Tiggo 4 Pro
    Chery Tiggo 4 Pro
    Rp 457,02 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Mobil Chery Omoda 5 Terbaru di Oto

Oto
  • Chery Omoda E5, Desain dan Spek Ok, tapi Harganya? | First Drive
    Chery Omoda E5, Desain dan Spek Ok, tapi Harganya? | First Drive
    30 Jan, 2024 .
  • Chery OMODA 5 GT, Performa Nagih & Rasa Premium | Roadtest
    Chery OMODA 5 GT, Performa Nagih & Rasa Premium | Roadtest
    20 Nov, 2023 .
  • Kupas Tuntas Varian Baru Chery Omoda 5 GT, Mulai Desain hingga Mesin | Review
    Kupas Tuntas Varian Baru Chery Omoda 5 GT, Mulai Desain hingga Mesin | Review
    26 Sep, 2023 .
  • Lihat Langsung Chery Omoda 5 EV di Auto Shanghai 2023, Segera Rilis di Indonesia!
    Lihat Langsung Chery Omoda 5 EV di Auto Shanghai 2023, Segera Rilis di Indonesia!
    15 May, 2023 .
Tonton Video Mobil Chery Omoda 5

Bandingkan & Rekomendasi

Chery Omoda 5
Chery Omoda 5
Rp 334,8 - 404,8 Juta
Harga Omoda 5
Honda WR-V
Honda WR-V
Rp 269,9 Juta
Harga Honda WR-V
Daihatsu Terios
Daihatsu Terios
Rp 203,25 - 292,75 Juta
Harga Terios
Hyundai Creta
Hyundai Creta
Rp 333,5 Juta
4.67 (6 Ulasan)
Harga Creta
Honda HRV
Honda HRV
Rp 375,9 Juta
Harga Honda HRV
Tenaga 145
119
103
113
119
Torsi 230 Nm
145 Nm
136 Nm
144 Nm
145 Nm
Power Steering Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
AC Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Anti Lock Braking System Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
EBD (Electronic Brake Distribution) Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Kantong Udara Pengemudi Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Airbag Penumpang Depan Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Adjustable Seats Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Headrest Kursi Belakang Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Bandingkan Sekarang

Tren Crossover

  • Yang Akan Datang
  • Chery Tiggo 4 Pro
    Chery Tiggo 4 Pro
    Rp 457,02 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Maserati Levante
    Maserati Levante
    Rp 1,292 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Kia Sonet 2024
    Kia Sonet 2024
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Toyota Corolla Cross 2024
    Toyota Corolla Cross 2024
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
Mobil Crossover Yang Akan Datang

Artikel Mobil Chery Omoda 5 dari Carvaganza

  • Antisipasi Kerusakan, Chery Indonesia Imbau Pemeriksaan As Roda Untuk Omoda 5
    Antisipasi Kerusakan, Chery Indonesia Imbau Pemeriksaan As Roda Untuk Omoda 5
    Bangkit Jaya, 22 Jun, 2024
  • Chery Indonesia Recall Omoda 5, Antisipasi Patah Sasis Seperti di Malaysia
    Chery Indonesia Recall Omoda 5, Antisipasi Patah Sasis Seperti di Malaysia
    Muhammad Hafid, 13 Mei, 2024
  • Heboh Omoda 5 Patah As Belakang di Malaysia, Chery Putuskan Recall
    Heboh Omoda 5 Patah As Belakang di Malaysia, Chery Putuskan Recall
    Muhammad Hafid, 06 Mei, 2024
  • LEBARAN DRIVE: Pengalaman Seru Mudik ke Jogja Bersama Chery Omoda 5 GT
    LEBARAN DRIVE: Pengalaman Seru Mudik ke Jogja Bersama Chery Omoda 5 GT
    Muhammad Hafid, 29 Apr, 2024
  • Omoda E5 Versi CKD Bakal Beda Spek Dengan Negara Lain
    Omoda E5 Versi CKD Bakal Beda Spek Dengan Negara Lain
    Setyo Adi, 06 Des, 2023

Artikel Mobil Chery Omoda 5 dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Langkah Preventif, Chery Indonesia Ganti Sumbu Roda Omoda 5
    Langkah Preventif, Chery Indonesia Ganti Sumbu Roda Omoda 5
    Bangkit Jaya Putra, 21 Jun, 2024
  • Viral As Roda Chery Omoda 5 Patah di Malaysia, 600 Unit Kenal Recall
    Viral As Roda Chery Omoda 5 Patah di Malaysia, 600 Unit Kenal Recall
    Muhammad Hafid, 07 Mei, 2024
  • Sebentar Lagi Meluncur, Chery Pamer Fitur-fitur Omoda E5
    Sebentar Lagi Meluncur, Chery Pamer Fitur-fitur Omoda E5
    Ardiantomi, 17 Jan, 2024
  • Minat Beli Chery Omoda E5, Sediakan Uang Panjar Rp10 Juta
    Minat Beli Chery Omoda E5, Sediakan Uang Panjar Rp10 Juta
    Anjar Leksana, 11 Jan, 2024
  • Chery Indonesia Hendak Rakit Omoda 5 EV dan Ekspor Mulai 2024
    Chery Indonesia Hendak Rakit Omoda 5 EV dan Ekspor Mulai 2024
    Anjar Leksana, 30 Nov, 2023

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*