Kupas Perbedaan New Hyundai Santa Fe 2021 dengan Model Sebelumnya

Kupas Perbedaan New Hyundai Santa Fe 2021 dengan Model Sebelumnya

Santa Fe menjadi salah satu produk ikonik milik Hyundai. Inilah SUV yang punya tempat khusus dari para penggemarnya. Edisi terbaru New Hyundai Santa Fe 2021 akhirnya mengaspal di Indonesia dengan tampang baru dan menawarkan fitur-fitur menarik di dalamnya.

Tak hanya urusan kosmetik. Pabrikan asal Korea itu meracik teknologi mesin terbaru pada Hyundai Santa Fe facelift ini dengan angka performa yang lebih bertenaga. New Hyundai Santa Fe 2021 dirilis di bawah bendera PT Hyundai Motors Indonesia dan merupakan unit Completely Built-Up (CBU) jadi jangan berharap untuk dapat “santunan” PPnBM 0%.

Hyundai Santa Fe 2021 juga menawarkan enam varian dengan pilihan mesin bensin dan diesel yang dikawinkan dengan satu pilihan transmisi otomatis 6-percepatan dan 8-percepatan. PT. HMID membanderol Hyundai Santa Fe facelift 2021 ini dengan kisaran harga Rp 569 Juta untuk tipe terendah dan Rp 729 Juta untuk varian tertinggi dengan mesin diesel.

Berikut hal-hal menarik yang terdapat pada Hyundai Santa Fe facelift 2021 dibandingkan dengan model sebelumnya.

Hyundai Santa Fe 2021

Eksterior

Oke pertama kita bahasa soal tampilan. Meskipun mengusung embel-embel facelift ubahan pada eksteriornya ternyata cukup revolusioner. Desain grille dan lampu depannya yang kini terlihat terintegrasi makin menegaskan tampilan yang elegan. Selain itu lampu depan dengan LED juga diberikan sentuhan baru dengan lampu DRL berbentuk "T" yang menegaskan identitas Hyundai dari fascia depan.

Pada bagian belakang juga terdapat sentuhan pada lampu belakang yang kini diberikan aksen reflektor yang membentang dari kiri ke kanan. Selain itu bentangan reflektor juga terdapat pada bagian bumper depan yang kini memiliki desain yang lebih dinamis dibandingkan dengan model sebelumnya. Hyundai Santa Fe juga mengubah sedikit desain pada velg berukuran 18 inci dengan kelir two tone di keempat rodanya.

Baca juga: Hyundai Santa Fe Facelift 2021 Melantai di Pasar Indonesia, Harga Termurah Rp 569 Juta

Hyundai Santa Fe 2021

Interior

Beralih ke bagian interiornya dan satu-satunya yang mencolok adalah penggunaan warna pada material kulit jok, dashboard dan door trim. Warnanya dibuat lebih menyala dibandingkan model sebelumnya sedangkan materialnya tetap menggunakan material soft touch di setiap sudutnya.

Ubahan yang cukup kentara juga tampak pada tampilan cluster meter di balik kemudinya, mungkin model sebelum dan facelift sama-sama menampilkan speedometer analog. Tetapi pada model facelift tampilannya jauh lebih dinamis dengan konsep digital. Menunya pun dibuat lebih lengkap yang menampilkan berbagai informasi tentang kendaraan.

Selain tampilan interior yang menarik, Hyundai Santa Fe facelift juga menawarkan sistem pencahayaan kabin yang tersedia hingga 64 pilihan warna. Sehingga Anda akan menikmati suasana yang lebih roomy sesuai dengan keinginan.

Sebelum beralih ke tempat lain, Anda juga harus perhatikan pada desain layar hiburan berukuran 8-inci yang berbeda dari versi sebelumnya. Tampilannya jauh lebih lebar dengan sokongan menu hiburan yang lengkap dan layar ini juga yang menampilkan kamera Surround View Monitoring saat memarkirkan kendaraan.

Sebagai sebuah kendaraan dengan konfigurasi 7-penumpang atau tiga baris, kini Hyundai menyematkan fitur one touch walk in sebagai tombol untuk akses ke baris ketiga. Serta tombol one touch fold yang berfungsi untuk melipat rata kursi di baris kedua. Tentu saja hal tersebut demi meningkatkan ruang yang lega dan lebih nyaman.

Selebihnya Hyundai Santa Fe facelift juga menyediakan panoramic sunroof yang menambah kesan mewah dan modern dari dalam kabinnya. Rasanya sedikit seperti berada di dalam kabin Hyundai Palisade namun dengan komposisi yang lebih kompak.

Hyundai Santa Fe 2021

Fitur

Kurang lengkap rasanya jika tidak berbicara fitur pada Hyundai Santa Fe facelift pasalnya berbagai fitur pengendaraan dan keselamatan terdapat di dalamnya. New Hyundai Santa Fe memiliki berbagai sistem sensor membantu pengendara menghindari benturan yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

Salah satu teknologi keselamatan pada New Hyundai Santa Fe adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA). Sistem ini secara otomatis memberikan peringatan akan potensi tabrakan dari arah depan dan jika dibutuhkan sistem pengereman akan bekerja secara otomatis menghentikan laju kendaraan. Sensor tersebut tidak hanya membaca obyek berupa kendaraan lain seperti mobil, motor dan sepeda bahkan dapat mendeteksi pejalan kaki di depan mobil.

Tersedia pula Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) yang membaca kondisi di belakang mobil yang tidak terlihat dari sisi pengendara. Bahkan dengan sistem ini kendaraan juga dapat berhenti secara otomatis jika terjadi kemungkinan tabrakan dari belakang. Selanjunya tersedia Blind-Spot View Monitoring yang menampilkan area tak terlihat di sekitar buritan mobil. Sehingga anda dapat melihat kondisi belakang mobil yang tampil pada layar cluster meter berukuran 12,6-inci.

New Hyundai Santa Fe juga menyempurnakan fitur blind spot dengan Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA). Selebihnya anda akan dipandu oleh Lane Keeping Assist dan Lane Following Assist yang membaca marka jalan agar kendaraan selalu dalam jalur aman sehingga mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya.

Baca juga: Daftar Lawan New Hyundai Santa Fe Bensin di Kelas Medium SUV, Mana Paling Kompetitif?

Hyundai Santa Fe 2021

Mesin

New Hyundai Santa Fe lebih banyak menawarkan varian dibandingkan versi sebelumnya. Terdapat enam pilihan varian dengan pilihan mesin bensin dan diesel. Pada varian bensin akan tersedia mesin 4 silinder 2,5 liter MPi yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Tentu saja kapasitas mesinnya berbeda dengan versi sebelumnya yang dibekali dengan mesin 2,4 liter. Tenaganya pun meningkat menjadi 178 hp dengan torsi maksimal 232 Nm yang sudah menendang di putaran 4.000 rpm.

Sedangkan pada varian diesel kini Hyundai New Santa Fe dibekali dengan mesin 4 silinder 2,2 liter CRDi dengan tenaga maksimal 200 hp dan torsi yang mencapai 441 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

Selain itu pada upgrade terbaru New Hyundai Santa Fe 2021 juga seluruh sistem transmisi otomatisnya sudah didukung dengan teknologi Shift by Wire. Dengan teknologi tersebut New Hyundai Santa Fe akan memberikan perpindahan transmisi yang lebih smooth dan mengantarkan tenaga dan torsi lebih maksimal. (Ndo/Raju)

Jelajahi Hyundai Santa Fe

Model Mobil Hyundai

  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai H1
    Hyundai H1
  • Hyundai Kona Electric
    Hyundai Kona Electric
Mobil Hyundai

Jangan lewatkan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Hyundai Santa Fe Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Hyundai Santa Fe

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang