Komparasi Head Unit Hyundai Creta Lawan Rivalnya

Komparasi Head Unit Hyundai Creta Lawan Rivalnya

Segmen SUV kini hadir dengan beragam pilihan model. Menariknya, di kelas mesin 1.500 cc kini sudah ada berbagai model yang bertarung menawarkan kelebihan produk.

Hyundai Creta jadi salah satu yang bermain di pasar SUV dengan mesin 1.500 cc ini. Namun kali ini bahasan perbandingan bukan melihat mesin atau fitur, tapi lebih dikonsentrasikan pada tawaran hiburan dari head unit antara Creta dan rival. Seperti apa? Kita simak bersama-sama.

Creta

Creta

Bahasan kita mulai dari Hyundai Creta terlebih dahulu. Head unit Creta berukuran 8 inci dan menawarkan konektivitas dengan telepon genggam lewat Apple Carplay dan Android Auto. Beberapa kemampuan dasar head unit ini adalah memutar radio serta memutar beragam format musik juga sambungan telepon. Khusus untuk tipe teratas, terdapat delapan speaker dengan sistem audio BOSE untuk pengalaman hiburan selama perjalanan yang lebih baik. Head unit ini bisa diakses lewat audio steering switch di lingkar kemudi. Tidak ketinggalan, fitur kamera belakang juga dapat terlihat lewat head unit ini.

Head unit pada Creta juga menjadi penghubung untuk fitur Bluelink. Pada headunit ini menempatkan SIM Card untuk layanan sambungan darurat pada operator dimana pun pemilik kendaraan berada. Selain itu head unit ini juga memiliki beberapa pengaturan fitur yang ada di dalam kendaraan.

Lebih lengkapnya, layanan Bluelink yang ditawarkan seperti auto collision notification, SOS Emergency assistance, road side assistance, stolen vehicle immobilization, stolen vehicle tracking, stolen vehicle notification. Kemampuan lain, pemilik bisa menyalakan dan mematikan mesin dari jarak jauh, remote climate control, remote door lock dan unlock, remote horn dan light control serta fitur Find My Car bagi pemilik yang pelupa. Masih ada geo fencing notification, speed notification, time fence notification, valet mode, dan idling time notification. Selain itu masih ada fitur untuk diagnostik kendaraan, informasi berkendara dan kondisi kendaraan serta notifikasi status kendaraan.

All New Honda HR-V

HR-V E CVT

Ini adalah produk terbaru Honda yang baru saja mendapatkan penyegaran. Pada sisi hiburannya, HR-V juga menawarkan layar sentuh kapasitif berukuran 8 inci. Head unit ini dapat memutar beragam format hiburan mulai dari audio dan video, radio AM dan FM, koneksi Bluetooth serta hand free telephone.

Head unit HR-V juga sudah memiliki fifur konektivitas smartphone baik Android maupun Apple. Pengalaman hiburannya ditingkatkan dengan penempatan empat speaker dan dua tweeter juga hadirnya hands free telephone & audio steering switch di lingkar kemudi. Head unit ini juga menjadi tempat melihat tangkapan kamera pada fitur LaneWatch untuk sisi kiri kendaraan.

Toyota Rush

Rush GR Sport

LSUV Toyota ini menjadi benchmark sebelum rival-rivalnya yang lebih muda datang. Pembaruan terakhir adalah penyematan model GR Sport untuk sentuhan yang lebih sporty.

Soal head unitnya, Rush terbaru menawarkan beberapa fitur. Ada smartphone remote app, sambungan dengan miracast atau weblink serta radio, CD dan USB. Ada juga DVD AVX7 dengan internet, sambungan bluetooth, dan ipod/iphone connectivity. Tidak lupa tampilan kamera belakang untuk kemudahan parkir. Setidaknya head unit ini sudah bisa memperlihatkan navigasi lewat sambungan dengan telepon genggam. Sebagai tambahan kenyamanan, Toyota memberikan 8 buah speaker di seluruh kabin, serta kehadiran audio steering switch dan sambungan telepon di lingkar kemudi.

Suzuki XL7

Suzuki XL7 Alpha FF

Ini adalah produk SUV dari Suzuki yang ikut bermain di pasar yang gemuk di Indonesia. Sebagai pengingat, di sisi hiburan XL7 menawarkan head unit berukuran 8 inci. Kemampuan dasarnya seperti konektivitas Bluetooth untuk telepon juga hiburan, aux in, koneksi untuk ke smart phone, radio, dan USB. Akses juga dipermudah dengan kehadiran tombol Bluetooth connection dan audio steering switch di kemudi. Menariknya head unit ini sudah menyediakan pengaturan suara untuk menyesuaikan dengan selera pengemudi dan penumpang. Equalizer ini dapat mengatur keluaran suara sesuai dengan tipe lagu.

Pada model terbaru XL7 Alpha FF Edition, Suzuki memberikan tambahan DSP soundstream 5 CH dan subwoofer soundstream berukuran 10 inci. Penempatan subwoofer ini ada di bagasi belakang namun tidak menyulitkan pengoperasian bangku baris ketiga karena sudah dibuat presisi.

Nissan Kicks e-Power

Kicks

Nissan Kicks e-Power menjadi SUV yang berada di pasar 1.5L saat ini meski mengusung mesin 1.2L. Berkat penggeraknya yang berbeda dengan model lain, Kicks punya penggemar tersendiri dan cukup menjanjikan di pasar yang penuh dengan kompetitor.

Head unitnya juga menggunakan layar sentuh berukuran 8 inci. Kemampuan hiburannya mencakup pemutar CD, USB, MP3, sambungan Bluetooth serta Aux in. Nissan memberikan enam speaker yang terpasang di penjuru kabin. Akses head unit dapat dilakukan lewat tombol di lingkar kemudi, termasuk untuk mengatur telepon serta hiburan. Head unit ini juga memperlihatkan fitur around view monitor atau kamera 360 derajat. NIssan juga memberikan kemudahan pengaturan suara dengan adanya setting equalizer suara, terdiri dari bass,mid dan balance, yang bisa diatur sesuai keinginan pengemudi dan penumpang.

MG ZS

MG ZS

Berikutnya ada SUV MG ZS yang berada di segmen mesin 1.500 cc. Produk ini ditawarkan dengan banderol harga mulai Rp269,8 juta hingga Rp309,8 juta.

Soal head unit, MG ZS percaya diri dengan menawarkan layar sentuh berukuran 10,1 inci. Kemampuan dasarnya adalah sambungan telepon melalui Bluetooth serta sudah disematkan Apple Carplay dan Android Auto. Head unit ini juga menjadi tempat untuk melihat fitur kamera 360 derajat. UNtuk kenyamanan MG menghadirkan enam speaker di seluruh kabin.

Mazda CX-3

CX-3

Model lainnya yang berada di segmen yang sama adalah Mazda CX-3 1.5L. Model dengan banderol Rp365 juta ini menawarkan head unit berukuran 8 inci dengan kemampuan standar seperti radio AM dan FM, konektivitas dengan smartphone, serta kemudahan akses lewat tombol di lingkar kemudi. Ini termasuk hadirnya Apple Carplay dan Andoroid Auto yang menampilkan beragam aplikasi di telepon genggam dengan mudah. Untuk pengalaman hiburan selama berkendara yang lebih baik, Mazda menghadirkan enam speaker di kabin CX-3.

KIA Seltos

Seltos GT Line

Terakhir, ada saudara Creta yang juga hadir di Indonesia yakni Kia Seltos. Produk SUV ini menawarkan head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Head unit ini mengatur hampir semua fitur yang ada dalam kendaraan, seperti info berkendara, voice memo, radio, navigasi, sambungan telepon, manual book, beragam format media dan lainnya. Hadir juga di head unit ini tampilan untuk kamera belakang saat memasukkan gigi mundur kendaraan.

Itu dia tadi daftar head unit dari rival Creta. Nah jika bicara soal kualitas suara audio, itu nanti akan kembali pada masing-masing pemilik. Pastinya dari data di atas kertas, tiap model menawarkan kemudahan dan pengaturan pada head unit yang sesuai dengan tuntutan berkendara di dalam dan luar kota juga harian atau sekedar jalan-jalan di akhir pekan. Selain itu, jika merasakan kurang puas, head unit pasti menjadi salah satu bagian yang pertama kali dimodifikasi oleh pemilik kendaraan. Sah-sah saja, asalkan sudah mempelajari mengenai garansi yang kemungkinan bakal hangus dengan ubahan yang dilakukan. (Sta/Tom)

Baca juga: 6 Fitur Ini Bikin Kia Seltos GT Line Nyaman Diajak Mudik

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature