Dampak Virus Corona Terhadap Industri Otomotif

live updates
  • 2020-04-27 10:01:02 Industri Otomotif Indonesia Segera Produksi Ventilator.

    Meski terbilang agak lambat tapi GAIKINDO, asosiasi industri mobil di Indonesia menyatakan segera membuat ventilator untuk membantu pasien COVID-19. Ini bisa dilaksanakan karena salah satu vendor GAIKINDO, entah yang mana, telah melakukan reverse engineering untuk ventilator dan akan segera produksi. Asal disetujui oleh pemerintah.

  • 2020-04-24 08:34:06 Sterilisasi Pabrik Oli

    Produsen oli Evalube melakukan sterilisasi pabrik mereka untuk cegah virus Corona. Penyemprotan disinfektan dilakukan di seluruh area pabrik, termasuk perkantoran, gudang, kantin, ruang ibadah karyawan dan tempat produksi hingga gudang. Tidak hanya itu, lingkungan masyarakat di sekitar pabrik juga ikut disemprot disinfektan. "Evalube Lubricants mengambil peran dan langkah serius untuk mengurangi penyebaran di area operasional. Langkah proteksi ini merupakan prioritas Evalube dalam menjamin kesehatan dan keselamatan kerja setiap karyawan, relasi kerja hingga masyarakat di sekitar area operasi," kata Yomie Harlin, Commercial Director Evalube dalam siaran resminya (23/4).

  • 2020-04-23 09:47:08 Pabrikan Rem Bantu Penelitian COVID-19

    Ya, pabrikan rem. Tepatnya Brembo. Produsen alat penghenti laju ini merasa punya tanggung jawab untuk menghentikan laju virus Corona. Mereka menggelontorkan dana hingga satu juta Euro untuk membantu para peneliti menemukan jalan keluar dari pandemi ini. "Riset merupakan seni sekaligus cerminan dari nilai Brembo sebagai perusahaan. Kami percaya, ini adalah metode penting untuk menemukan solusi di kemudian hari, utamanya dalam situasi genting seperti ini,” kata Alberto Bombassei, Presiden Direktur Brembo.

  • 2020-04-22 08:33:12 DIlarang Mudik!

    Presiden Joko Widodo akhirnya menegaskan larangan mudik untuk Idul Fitri 2020 ini. Hal tersebut diumumkan pada 21 April 2020 dan mulai berlaku tiga hari kemudian. Mengikuti arahan presiden, Kementerian Perhubungan berencana membatasi akses jalan. Terutama lalu lintas di zona merah atau rawan virus korona, termasuk wilayah berstatus Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti Jabodetabek. "Jika nantinya mudik dilarang, kita sudah siapkan skema bagaimana kendaraan angkutan umum, kendaraan pribadi, sepeda motor tidak boleh keluar masuk zona merah," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi. Budi kemudian melanjutkan bahwa skenario larangan mudik berupa pembatasan akses keluar masuk wilayah, bukan penutupan jalan."Skema pembatasan lalu lintas ini dipilih karena yang dilarang untuk melintas adalah terbatas pada angkutan penumpang saja, sedangkan angkutan barang atau logistik masih dapat beroperasi," jelasnya.

  • 2020-04-21 19:39:32 Honda Rombak Odyssey Untuk Angkut Pasien Corona

    Upaya memerangi virus Corona terus dilakukan. Berbagai pihak turun tangan demi menyelamatkan nyawa mereka yang terjangkit. Honda, mengeluarkan MPV Odyssey yang dirombak khusus untuk mengangkut pasien COVID-19. Beberapa ubahan yang dilakukan antara lain penyekatan kabin depan dan belakang. Tekanan udara pun dibuat berbeda diantara keduanya. Odyssey ini diproduksi di Saitama, Jepang. Nantinya akan dipinjamkan kepada yang membutuhkan.

  • 2020-04-09 09:09:10 Pabrik Nissan Tutup Hingga Mei 2020

    Nissan mengumumkan penutupan sementara pabriknya di Thailand, demi meredam penyebaran COVID-19. Hal itu diumumkan Nissan Motor Thailand (NMT). "Hari ini, Nissan mengumumkan penyesuaian sementara pada produksi di Thailand sebagai respons terhadap penyebaran COVID-19 yang terus berlanjut, juga menurunnya permintaan di pasar otomotif," jelas pihak NMT dalam siaran persnya (2/4). Adapun pabrik yang dihentikan sementara produksinya adalah Plant 2 di Samut Prakan. Setop operasi ini dilakukan mulai 6 April hingga 3 Mei 2020. Di lain sisi, produksi pada Plant 1 di wilayah yang sama, akan tetap dilakukan. Dengan menyesuaikan pada level permintaan yang ada saat ini. Tak cuma itu, penyesuaian khusus juga disebut diterapkan pada bagian pencetakan (stamping) dan perakitan mesin.

  • 2020-04-07 10:18:12 Gaikindo Minta Pemerintah Sediakan Rekanan Ahli Untuk Produksi Ventilator

    Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyatakan, dalam upaya mendorong para anggotanya untuk memproduksi ventilator. Ia meminta kepada pemerintah agar dapat menyediakan rekanan ahli. “Kami membutuhkan pendamping, khususnya industri yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam pembuatan ventilator,” ujar dia. Pendamping itu, lanjutnya, membantu dalam menjabarkan blueprint terkait teknis pembuatan ventilator. Lalu alih teknologi, sampai memodifikasi fasilitas perakitan mobil yang ada saat ini agar dapat digunakan memproduksi ventilator. Kemudian dapat pula menentukan standar bahan baku kepada supplier. “Kemudian, partner yang sudah berpengalaman itu menentukan standar bahan baku kepada pemasok. Kami hanya membantu menjahitkan,” Yohannes Nangoi menambahkan.

  • 2020-04-01 12:47:10 SKY Untuk Anda yang Perlu Servis Motor

    SKY Atau Servis Kunjung Yamaha bisa Anda manfaatkan kalau motor dirasa perlu servis. Prosesnya tidak terlalu rumit. Tinggal telepon dealer atau bengkel yang punya program SKY, teknisi akan melipir ke rumah Anda. Yang harus diperhatikan, kalau motor ada keluhan. Pastikan pihak bengkel tahu supaya mereka siap membawa onderdil yang diperlukan. Program ini berlaku untuk semua sepeda motor Yamaha.

  • 2020-04-01 12:41:49 Daihatsu Kurangi Produksi

    Anjuran bekerja dari rumah sedang berlangsung. Sayang, tidak semua bisa melaksanakan sepenuhnya. Terutama mereka yang bekerja di bidang industri. Pabrik Daihatsu juga demikian. Meski mereka berusaha sekuatnya untuk melaksanakan anjran tersebut dengan mengurangi shift (giliran) kerja. Pabrik Daihatsu di Krawang kini hanya beroperasi dalam satu shift. Tujuannya agar para pekerja bisa bergantian #dirumahaja .“Karyawan merupakan aset utama Daihatsu yang harus dilindungi. Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman optimal untuk seluruh karyawan di masa pandemik COVID-19. Semoga wabah global COVID-19 termasuk di Indonesia bisa segera berakhir,” ungkap Amelia Tjandra, Corporate Planning & Communications Director PT Astra Daihatsu Motor (1/4).

  • 2020-03-31 10:27:27 Astra Bantu BNPB Cegah Penyebaran COVID-19

    Astra International tergerak untuk membantu meredam penyebaran virus Corona. Mereka menyumbangkan bantuan berupa APD kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kemarin (30/03). Dikatakan ini adalah bantuan awal senilai Rp 63 Milyar yang digelontorkan. Isinya ada 3.000 masker N95, 15.000 surgical mask, 1.500 coverall hazmat dan 1.000 alat COVID-19 rapid test. Donasi tersebut diserahkan langsung oleh Deputy Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah kepada Kepala BNPB Doni Monardo. “Dengan adanya bantuan dari Astra ini, BNPB dapat menyebarkan alat bantuan tersebut ke berbagai daerah-daerah di Indonesia yang masih kekurangan alat pencegah COVID-19 secara merata," tegas Doni.

  • 2020-03-31 10:10:56 Wahana Honda Berikan Layanan Home Service

    Kalau Anda punya motor Honda yang sudah waktunya servis, tidak perlu khawatir. Wahana Honda di Jakarta dan Tangerang akan mendatangi Anda dan melakukan servis maupun perbaikan di rumah. Silahkan daftar di situs wahanaritelindo.com. Atau bisa juga via FAcebook dan Instagram AHASS terdekat. Ketentuan lengkapnya ada di situ. Meski sebetulnya tidak ribet, hanya ada aturan jarak. Bengkel AHASS yang Anda percaya tidak lebih dari dua kilometer. BIaya servis juga sama, tidak berubah. Hanya kalau perlu ganti part, silahkan memesan dulu.

  • 2020-03-31 09:48:21 Tim F1 Mercedes Sukses Bikin Alat CPAP Canggih

    Balapan Formula 1 (F1) yang terpaksa ditunda karena penyebaran COVID-19 memberikan hal positif. Tim papan atas Mercedes-AMG bekerja sama dengan University College London berhasil menciptakan alat bantu Continuous Positive Airway Pressure (CPAP). Alat ini akan membantu pernafasan penderita COVID-19 tanpa ventilator yang sekarang ini jadi barang langka. CPAP memang bukan barang baru, tapi yang ada sekarang dikatakan tidak efektif karena malah bisa menyebar virus Corona ke petugas medis. Inilah yang diakali oleh Mercedes-AMG F1. mereka menghasilkan alat yang lebih mumpuni. Hebatnya, proyek ini dimulai tanggal 18 Maret lalu. Sekarang, otoritas kesehatan di Inggris sudah memberikan persetujuannya untuk digunakan. University College London menguji dulu di rumah sakit mereka, dan akan segera diedarkan secara luas.

  • 2020-03-30 11:40:26 Magna Kembangkan Alat Anti Virus Corona

    Magna International, perusahaan pembuat suku cadang mobil terbesar di Amerika Utara, ikut banting setir mengembangkan penangkal virus Corona. Menurut rilis perusahaan Kanada itu, mereka berhasil mengembangkan alat sanitasi ozon Puro, yang kemampuannya ditingkatkan untuk membersihkan virus Corona. Bahkan, disebutkan sudah siap untuk memasuki lini produksi. Namun mereka menemui kendala untuk menemukan rekanan yang bisa memvalidasi kalau alat tersebut memang bisa membunuh COVID-19. Puro sendiri, yang peranti lunaknya dibuat oleh Magna, terbukti mampu membunuh virus MRSA.

  • 2020-03-30 11:27:58 Soal Mudik, Ada Tiga Opsi Diajukan

    Ritual tahunan pulang kampung (mudik) sepertinya terancam batal gara-gara sebaran COVID-19 yang tak kunjung reda. Tapi belum dipastikan apakah memang akan dilarang karena masih di bahas di pemerintahan. Juru bicara Menko Maritim dan Investasi (Marves), Jodi Mahardi mengatakan ada tiga opsi yang sedang dibahas oleh sejumlah kementrian. Pertama, mudik seperti biasa, kedua penghapusan mudik gratis, terakhir pelarangan mudik. "Ketiga skenario itu segera dilaporkan kepada Presiden. Kami sudah bersepakat. Hal yang paling utama adalah menjaga keselamatan masyarakat. Atas berbagai pertimbangan ini, kami melihat opsi kebijakan pelarangan mudik,” kata Jodi.

  • 2020-03-28 06:30:29 Land Rover Defender Bantu Palang Merah Atasi COVID-19

    Land Rover Defender, mobil legendaris yang punya kemampuan tinggi kerap diandalkan untuk misi kemanusiaan. Generasi terbaru Defender yang baru seumur jagung pun serupa. Dalam menghadapi krisis virus Corona, Land Rover Inggris yang tadinya akan menggelar test drive untuk media, mengalihkan mobil yang akan diuji untuk membantu Palang Merah setempat.

  • 2020-03-28 06:16:07 Pabrik Ferrari Operasinal Lagi 14 April

    Ferrari menegaskan akan membuka kembali lini produksi di Maranello pada 14 April nanti. Asalkan penyedia bahan bakunya siap juga. Hal ini membuat banyak yang bertanya apakah mungkin, mengingat kondisi Italia yang masih berjuang melawan COVID-19.

  • 2020-03-27 10:46:27 Produsen Mobil Indonesia Diminta Bikin Ventilator

    Kemenperin juga mendorong produsen otomotif di dalam negeri untuk bisa memproduksi alat kesehatan. Misalnya ventilator atau alat bantu pernapasan. “Untuk supply ventilator, akan dibuat prototipe sederhana yang dapat diproduksi massal. Caranya bisa melalui kerja sama antara industri otomotif dengan industri komponen,” ujar Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. Dalam menanggulangi wabah Covid-19, diproyeksi butuh banyak masker, ventilator dan alat pelindung diri (APD). Sampai empat bulan ke depan dibutuhkan sebanyak 12 juta pcs APD. Bahkan dengan kondisi seperti saat ini, kemungkinan kebutuhan dapat bertambah hingga 100 persen atau bahkan 500 persen. Kemenperin mengaku telah memetakan potensi industri APD dalam negeri. Yang dibutuhkan meliputi pakaian, caps, towel, sarung tangan, pelindung kaki, pelindung tangan dan kacamata pelindung wajah (goggles).

  • 2020-03-27 08:22:08 Shop & Drive Kurangi Jumlah Outlet

    Shop & Drive, bengkel ritel yang berada di bawah naungan Astra Group menyatakan mengurangi jumlah outlet yang beroperasi, mulai 25 Maret hingga 5 April 2020. Beberapa otlet yang masih buka, diberikan peraturan yang ketat seperti tidak mengizinkan mekanik untuk masuk ke dalam mobil, konsumen mengoperasikan sendiri fungsi mobil yang dibutuhkan oleh mekanik hingga menjaga jarak antara konsumen dan crew Shop & Drive. Ini merupakan bentuk dukungan mereka untuk memerangi penyebaran Covid-19 di Indonesia.

  • 2020-03-27 03:23:41 Toyota Lanjutkan Produksi di Amerika Utara Akhir April 2020

    Raksasa otomotif Toyota menyatakan mereka menutup pabriknya di Amerika sejak 23 Maret lalu. Yang awalnya ditutup untuk pembersihan, kini tutup karena kekhawatiran pandemi Covid-19. Tadinya, produksi akan mulai lagi pada 3 April namun mereka mengeluarkan pernyataan baru, penutupannya diperpanjang. 30 April pabrik-pabrik mereka di Amerika Utara akan kembali operasional.

  • 2020-03-27 03:10:30 Layanan SIM Dihentikan Sementara

    Kepolisian Republik Indonesia untuk sementara waktu mengurangi jam pelayanan pembuatan dan perpanjangan surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB dari jam 08.00 hingga 13.00 dan libur di hari Sabtu. Lebih dari itu, layanan SIM (Surat Izin Mengemudi) Dirlantas Polda Metro Jaya dihentikan dulu hingga masa tanggap darurat Corona berakhir. Dikutip dari NTMC Polri 26/3 kemarin, "Untuk perpanjangan SIM ditutup, SIM keliling dan gerai SIM juga ditutup sementara. Ini dilakukan sampai masa tanggap darurat COVID-19 berakhir atau hingga 29 Mei 2020. Diusulkan pula pembebasan denda pajak bila terlambat bayar selama masa tanggap Corona," papar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo

  • 2020-03-27 02:58:07 Forum Wartawan Otomotif Sumbang APD

    Menyadari Alat Pengaman Diri (APD) untuk petugas medis makin sulit didapat, Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) bergerak dengan memberikan sumbangan APD kepada RSUD Cengkareng yang jadi salah satu rumah sakit rujukan Covid-19. Selain itu, perkumpulan peliput industri otomotif ini juga memberikan sumbangan kepada Aksi Cepat Tanggap, yang akan mendistribusikannya kepada beberapa rumah sakit yang membutuhkan. Melalui kegiatan ini, FORWOT juga meminta kepada semua pihak baik perorangan, korporasi maupun komunitas untuk saling membantu memerangi penyebaran VIrus Corona, dalam bentuk apapun.

Dampak Virus Corona Terhadap Industri Otomotif

Virus Corona memang luar biasa. Kehidupan dipaksa bertekuk lutut dan menyesuaikan demi menyelamatkan diri darinya. Sektor otomotif juga tidak terhindar. Inilah masa paling kelam yang pernah dialami oleh industri kendaraan bermotor. Merek ternama dunia terpaksa memberhentikan produksi dan mengurangi aktivitas jualan. Pameran kelas dunia macam Geneva Motor Show terpaksa dibatalkan. Balapan F1 maupun MotoGP juga menyerah dan mengatur ulang jadwalnya.

Tercatat pabrik Harley Davidson, Mercedes-Benz, BMW dan merek ternama lainnya harus berhenti beroperasi. Ford, GM dan beberapa pabrikan Cina untuk sementara waktu alih produksi membuat alat kesehatan. Sebuah langkah yang masuk akal. Alat kesehatan sangat dibutuhkan karena untuk saat ini tidak ada yang memikirkan beli mobil atau motor. Pemerintah di pelosok dunia mengeluarkan aturan untuk berdiam diri di rumah. Akibatnya, ada sedikit sisi positif, jalanan jadi sepi dan tingkat polusi turun di beberapa kota besar dunia. 

Pertanyaan paling manusiawi, berapa lama situasi ini akan berlangsung? Sulit diperkirakan. Semoga saja tidak lama. Tapi sisi optimis harus tetap dipelihara. Ilmuwan di berbagai negara sedang bekerja keras mencari penawar Covid-19 yang manjur. Kementrian Riset dan Teknologi Indonesia bahkan sudah menggelontorkan Rp 20 milyar untuk melakukan riset pencegahan dan pengobatan virus gila ini.

Kami di OTO Group (OTO.com, Carvaganza.com, Motovaganza.com dan Autovaganza) bersama dengan 'sister website' kami di Filipina, Malaysia dan India, berusaha untuk menyajikan informasi terkini soal Covid-19/Corona ini. Utamanya yang bersentuhan langsung dengan sektor otomotif. Baik global maupun lokal. Halaman ini akan selalu tersedia untuk keperluan tersebut. Kami juga berkomitmen untuk selalu membantu Anda memilih mobil atau motor dan truk yang tepat. Semoga, saat semua ini usai Anda sudah bisa menentukan kendaraan yang sesuai. Tidak lupa, kami juga mengajak pengunjung OTO Group untuk berpartisipasi dalam memerangi wabah Corona ini. Salam Sehat!

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store