• Wishlist

Jaguar Land Rover Pastikan Discovery Mesin 2,0 Liter dan Evoque Terbaru Meluncur Tahun Ini

Jaguar Land Rover Pastikan Discovery Mesin 2,0 Liter dan Evoque Terbaru Meluncur Tahun Ini

Agen Pemegang Merek (APM) Jaguar, Land Rover dan Bentley memastikan peluncuran model serta varian baru di tahun ini. Adalah Land Rover Discovery bermesin kompak 2,0 liter dan All New Range Rover Evoque. Dua model ini, diharap dapat merangsang penjualan merek mobil premium dari PT Wahana Auto Ekamarga (WAE).

“Untuk Land Rover, tahun ini kami memperkenalkan varian baru, Discovery 2,0 liter. Selama ini kan kami baru bawa yang 3,0 liter,” jelas Brand Director Jaguar Land Rover, Jentri Izhar, di Jakarta (12/2).

Trend downsizing mesin, nampaknya memaksa produsen yang terkenal dengan mesin besar ini untuk turut memangkas kapasitas. Ragam faktor lingkungan serta regulasi pajak yang meringankan mesin berkapasitas kecil, jadi faktor yang mendasar. Risiko bahwa konsumen khawatir soal performa, harus bisa dijawab mereka.

“Tujuan pengenalan produk ini, untuk membuat konsumen percaya, mesin 2,0 liter dengan teknologi yang baru sudah lebih mumpuni. Punya output dan torsi yang besar, dan memang cukup untuk medan offroad,” imbuh pria yang sebelumnya pernah bertanggungjawab untuk brand MINI di Indonesia.

Meski bakal merilis Discovery dengan mesin kompak, namun WAE berujar tak menutup keran untuk pengiriman unit 3,0 liter. “Customer tetap boleh pesan, selama di Indonesia masih lolos homologasi. Hanya kami tidak stok. Karena peminatnya terlalu nieche.”

Secara spesifikasi, Discovery 2,0 liter bensin terpangkas hampir 1.000 cc dari mesin 3,0 liter. Meski demikian, tenaganya tetap besar, mencapai 300 PS. Hanya selisih 40 PS dari versi 3,0 liter. Torsinya pun terpaut sedikit, hanya 50 Nm dan bukan jumlah yang perlu dikhawatirkan. Apalagi skema penggerak 4WD, dan sistem elektronikal pengaturannya tetap sama. Jadi daya jelajahnya harusnya tak jauh berbeda.

Selain Discovery 2,0 liter, WAE juga berencana merilis Evoque terbaru. Mereka nampaknya tak ingin kehilangan momentum dari mobil mewah yang kental dengan nuansa lifestyle ini. “Berita terbesar tahun ini, tentu saja kami akan meluncurkan All New Evoque. Waktunya kami belum bisa pastikan, mungkin di tengah-tengah (2019),” imbuh Jentri.

Penetrasi merek Jaguar Land Rover di segmen mobil mewah, sepertinya terus berlangsung. Apalagi melihat penjualan tahun lalu yang tumbuh sangat positif. Padahal pasar mobil secara umum sedang stagnan. “Tahun lalu penjualan Jaguar Land Rover dengan adanya Velar dan Range Rover Sport, berkembang sangat baik. Naik 15% dari tahun sebelumnya. Ini bagi kami sangat baik, karena tak banyak APM lain yang bisa naik sebanyak ini,” imbuh Roland Staehler, Chief Operating Officer WAE di tempat yang sama.

Dengan dua produk baru lagi tahun ini, diharap jumlah penjualan yang sama di 2019 bisa terwujud. Sayang, pihak WAE menutup rapat angka pasti penjualannya. Padahal, informasi ini bisa memberi gambaran konkret terkait performa niaga mereka di tanah air. (Van/Odi)

Baca Juga: Land Rover Defender Terbaru Meluncur 2020, Ada Versi Sport dan Listrik

Jelajahi Land Rover Range Rover Evoque

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store