Land Rover Defender Terbaru Meluncur 2020, Ada Versi Sport dan Listrik

Land Rover Defender Terbaru Meluncur 2020, Ada Versi Sport dan Listrik

Satu mobil baru yang sedang dinanti-nanti, sedikit demi sedikit terkuak informasinya. Land Rover Defender generasi terbaru dengan kode nama L851, dijadwalkan masuk showroom pada 2020 mendatang. Saat ini sedang masih dalam fase pengujian intensif. Foto spy saat pengetesan sudah tersebar luas. Desainnya pun cukup menggemparkan.

Dipastikan Defender berevolusi menjadi off-roader modern. Gaya konservatif dengan desain mengotak kaku sedikit ditinggalkan. Tidak seperti Mercedes-Benz G-Wagon yang masih sangt mewarisi leluhurnya. Mirip Range Rover, hanya saja lebih besar. Tersisa kemiripan konsep DC100 yang diperkenalkan 2011 silam.

Pembangunan Defender baru membutuhkan waktu lama dan penuh kehati-hatian dalam prosesnya. Karena bakal jadi model penting bagi pabrikan Inggris ini. Wajar saja, Defender masih menjadi tulang punggung nama besar Land Rover. Mobil inilah ikon sesungguhnya, sehingga Landie diakui sebagai brand 4x4 terbaik. Kekosongan sejak pensiunnya model terakhir pada 2016 tidak boleh dibiarkan terlalu lama.

Nantinya Defender tidak hanya konsentrasi pada satu varian saja. Ia juga akan berkembang layaknya model Landie lain. Seperti diwartakan Car Magazine, Land Rover tengah mempersiapkan sub-brand berimbuhan Sport, selain model bertenaga listrik. Berarti mengikuti jejak Range Rover Sport dan juga Discovery Sport. Varian yang lebih sporty dan lebih berorientasi ke jalanan aspal mulus.

Belum banyak informasi didapat, sebab direncanakan terlahir di 2026. Desas-desus menyebut, proyek itu dinamakan L860. Dirancang sebagai off-roader premium yang diperuntukkan lebih ke on-road dan gaya hidup. Walau sepertinya tetap ditunjang desain boxy klasik dan kemampuan off-road hebat.

Paling menarik soal rencana elektrifikasi dalam lini Defender. Memang mendukung arah teknologi otomotif di masa depan, namun kebanyakan pembelinya mungkin tetap akan memilih mesin pembakaran biasa. Menurut sumber orang dalam, mesin bensin dan diesel 4-silinder 2,0-liter tersedia untuk varian terendah. Tapi juga ada pilihan mesin 6-silinder baru yang tergabung dalam lini mesin Ingenium. Opsi lainnya termasuk panjang sasis bodi, jumlah pintu dan trim level.

Defender terbaru masuk dalam lineup JLR anyar yang memakai platform aluminium. Ucapkan selamat tinggal pada sasis ladder-frame, karena Defender bakal memakai konstruksi monokok. Hasilnya tentu lebih ringan, kaku dan diyakini semakin fleksibel. Dari gambar tersebar beberapa waktu lalu, terlihat suspensi belakang independen yang seharusnya mumpuni di dua alam. Kabarnya Landie akan menawarkan pilihan gardan, ban, transmisi dan setelan suspensi untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumennya.

Untuk awalan, tiga model Land Rover Defender yang dijual pertama kali. Yaitu Long Wheelbase (LWB) 4-pintu atap metal, Short Wheelbase (SWB) 2-pintu atap metal dan atap kanvas. (Odi/Van)

Sumber: Car Magazine UK

Baca Juga: Road Rover, Spesies Land Rover Baru untuk Aspal

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store