Honda Odyssey Dirombak jadi Mobil Pengangkut Pasien COVID-19, Begini Cara Kerjanya

Honda Odyssey Dirombak jadi Mobil Pengangkut Pasien COVID-19, Begini Cara Kerjanya
Gambar
Review Pengguna

Tiap pabrikan besar siapkan solusi masing-masing untuk turut berperan menangani pandemi COVID-19 ini. Salah satunya Honda di Jepang, menyiapkan dua jenis minivan mereka – Odyssey dan Step WGN – untuk keperluan mengangkut pasien. Namun tidak dibiarkan standar, mobil ini telah dirombak agar aman bagi pengemudi.

Seluruh penyesuaian desain terletak di kabin dengan menyekat ruang kokpit dan penumpang. Langkah ini ditujukan agar pasien pengidap tidak menularkan virus kepada petugas medis dan supir. Meski begitu, penyekatan antara keduanya lebih dari sekadar membatasi. Honda membuat sistem HVAC (Heating, Ventilating, and Air Conditioning) canggih bertekanan bak pesawat terbang.

Pembatasan ruang kabin dibuat untuk memisahkan dua zona secara independen. Tekanan udaranya pun berbeda. Di depan, supir dan penumpang duduk pada ruangan bertekanan lebih tinggi. Udara dari luar secara khusus masuk lewat area kokpit dan telah melalui proses filtrasi. Kemudian mencapai ke area belakang melalui dua ventilasi di headliner dan lantai.

odyssey sketch

Tekanan area belakang dibuat lebih rendah. Hal ini ditujukan agar udara benar benar tersalur dari depan dan tidak kembali. Pun tidak disirkulasi ulang sebagaimana minivan pada umumnya, angin segera dibuang ke luar lewat ventilasi ekstra pada bagian bawah bumper. Jadi pada intinya udara dari luar masuk terfiltrasi dan langsung dikeluarkan guna menjaga kebersihan sekaligus meminimalisir risiko penularan.

Baca Juga: AMMDes Dimodifikasi Sebagai Penyemprot Disinfektan

Honda spesial ini mulai diproduksi di fasilitas pabrik Saitama dan akan dikembangkan ke area pabrik lain di Jepang. Nantinya, mobil ini akan dipinjamkan kepada banyak komunitas di area yang memiliki jumlah infeksi terbanyak. Van ini bakal membawa para pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala sama sekali, bukan sebagai ambulans di waktu darurat.

Bukan hanya Honda, Toyota dikabarkan turut memikirkan langkah serupa. Melansir Reuters, mereka berencana mengadopsi sistem serupa untuk model taksi JPN. Tujuannya pun serupa, untuk mengantar pasien terinfeksi agar segera ditangani sekaligus aman bagi pengemudi.

odyssey for covid-19

Di samping produksi van khusus COVID-19, Honda turut berperan di ranah non otomotif. Sama seperti jenama lain, mereka menyiapkan lini produksi face shield, masker, dan peralatan medis lain di berbagai fasilitas produksi. Di Amerika, Honda menyediakan 200 ribu unit APD untuk didonasikan kepada fasilitas medis. Meliputi sarung tangan, face shield, masker N95, alcohol wipes, masker respirator, dan lain-lain.

Sebagai informasi, berdasar data dari NHK per 20 April telah terdapat 10.807 kasus terkonfirmasi di Jepang. Dari sekian banyak kasus, terdapat 238 pasien meninggal sementara 1.069 keluar dari rumah sakit. (Krm/Odi)

Sumber: Thedrive, Reuters, NHK

Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19 Honda Tutup Produksi Sementara, Stok Masih Aman

Jelajahi Honda Odyssey

Honda Odyssey Rp 888 Juta Cicilan : Rp 20,26 Juta

Bandingkan & Rekomendasi