Honda Jazz Kini Kuasai Segmen Hatchback

Honda Jazz Kini Kuasai Segmen Hatchback

Jakarta: Di samping duel Toyota All New Fortuner kontra Mitsubishi All New Pajero sport di kelas SUV, serta Honda BR-V versus Toyota Rush dan Daihatsu Terios pada segmen Low SUV yang menarik untuk disaksikan, ada satu kelas lain yang tidak kalah seru, yakni segmen hatchback. Adapun para pemain di kelas ini dihuni oleh nama-nama yang tidak asing lagi dan terus melakukan terobosan guna merebut hati konsumen. Namun, yang menjadi menarik, dari awal tahun hingga saat ini mereka tidak mengalami perubahan, tetapi situasi persaingannya terus bergejolak dan kini posisi puncaknya direbut oleh Honda Jazz.

Selama periode kuartal pertama tahun 2016, produk hatchback yang diniagakan oleh Toyota Astra Motor, Yaris berhasil mempertahankan gelarnya sebagai pimpinan klasemen. Hal ini merupakan efek samping dari pembukuan angka wholesales yang terus unggul selama bulan Januari sampai dengan bulan Maret apabila dibandingkan dengan rivalnya dari Honda. Terhitung selisih antar keduanya dengan perlahan berkembang positif dari 235 unit, 356 unit dan 686 unit secara berturut turut.

Kemudian memasuki bulan ke 4, kondisinya berubah 360 derajat. Pasalnya, prestasi dari penjualan Toyota Yaris mengalami penyusutan sebesar 30% atau hanya mampu menorehkan 1.313 unit dari sebelumnya yang bisa mencapai 1.891 unit. Kemudian, pada waktu yang bersamaan, hatchback Honda malahan meningkat penjualannya, hampir dua kali lipat, 2.406 unit dari Maret sebanyak 1.205 unit. Akan tetapi, secara akumulasi Yaris masih memimpin.

Melihat rentang jarak antara posisi Jazz yang semakin dekat untuk mendahului Yaris, maka pada bulan Mei, hal tersebut akhirnya tergenapi. Ya, jumlah penjualan wholesales berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) memaparkan bahwa jumlah unit hatchback Honda yang dijual mencapai angka 2.241 unit atau turun 165 unit dan Toyota Yaris sejumlah 1.333 unit atau naik 30 unit dari bulan April.

Secara keseluruhan penjualan honda menurun

Dengan demikian, gelar pimpinan klasemen segmen hatchback di Tanah Air berpindah tangan dari Toyota Yaris ke Honda Jazz. Dimana, total penjualan wholesalesnya dari bulan Januari hingga Mei sebesar 8.301 unit untuk Jazz dan 7.577 unit untuk Yaris. Perihal varian Jazz yang menyumbangkan paling banyak memberikan kontribusi adalah kasta tertingginya yang bertransmisi otomotis yaitu Jazz RS CVT sebesar 69,7% atau 5.787 unit.

Sekilas mengenai Honda Jazz, merupakan mobil hatchback yang dibekali dengan depot tenaga 4-silinder berkapasitas 1.5L i-VTEC. Kompetensinya menyajikan tenaga maksimal 120 PS dan melontarkan momen puntir 145 Nm. Sebagai pemindah dayanya, Honda menyematkan pola transmisi manual 5-percepatan atau otomotis berteknologi CVT. Sedangkan rivalnya, Toyota Yaris, mengenakan jantung mekanis berkekuatan 1.5L VVT-i dengan prestasi memproduksi tenaga 109 PS dan memberikan torsi 141 Nm yang dikawinkan dengan sistem distribusi daya manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Mobil yang diniagakan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) ini juga sudah dilengkapi dengan perangkat deselerasi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD) plus dual front SRS Airbag untuk melindungi penumpang depan dan pengemudi. Pun varian dari Jazz terdiri dari 4 pilihan yakni Jazz S, Jazz S CVT, Jazz RS dan Jazz RS CVT. Mengenai banderol harganya dimulai dari Rp 227,5 Juta hingga Rp 262,5 Juta.

Baca Juga:  Penjualan Tata Motors Capai 3.000 Unit

Jelajahi Honda Jazz

Honda Jazz Rp 252,5 - Rp 295 Juta Cicilan : Rp 5,76 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store