Honda Civic Terbaru Siap Meluncur di Thailand 6 Agustus, Begini Spesifikasinya

Honda Civic Terbaru Siap Meluncur di Thailand 6 Agustus, Begini Spesifikasinya

Meski sedan bukan lagi model favorit, namun Honda masih betah menghadirkan model-model baru. Bahkan Honda termasuk merek yang berjaya di segmen ini. Yang terbaru mereka menghadirkan Honda Civic generasi ayar yang sudah resmi meluncur di Eropa. Ia hadir dengan perbuahan desain menjadi lebih dewasa dan peningkatan teknologi. Kabarnya, dalam waktu dekat Civic terbaru akan resmi diluncurkan di kawasan Asia, tepatnya Thailand. Rencananya tidak sampai sebulan lagi. Apakah artinya Indonesia segera menyusul Thailand membawa Civic ke pasar Tanah Air?

Debut untuk wilayan Asia Tenggara akan dilakoni Civic dari Negeri Gajah Putih, seperti generasi sebelumnya. Tidak heran karena Thailand merupakan salah satu negara yang menjadi basis produksi untuk model yang namanya paling lama beredar di keluarga Honda roda empat ini. Dilansir oleh Paultan, peluncuran Honda Civic terbaru di Thailand akan berlangsung pada tanggal 6 Agustus 2021.

Honda Civic Sedan 2022

Honda merilis versi produksi Civic berbentuk sedan pertama kali pada bulan April lalu. Posisinya menggantikan model berkode FC seperti yang tengah dipasarkan di Indonesia sekarang. Kemudian sebulan berselang, giliran Amerika Serikat resmi kedatangan Civic. Seperti apa spesifikasi Civic yang akan dibawa untuk pasar Thailand menarik disimak, karena kemungkinan besar akan sama dengan untuk pasar Indonesia.

Headlight Magazine melaporkan bahwa Honda hanya akan menawarkan Civic terbaru dengan varian mesin empat silinder 1.5 liter VTEC Turbo. Spesifikasinya kurang lebih akan sama seperti mesin yang dipakai saat ini, dengan mendapatkan upgrade performa dan efisiensi. Thailand tidak akan lagi memasarkan Civic dengan mesin 1.8 liter naturally-aspirated, jenis mesin yang sudah lama dipakai oleh Civic pada beberapa generasi lampau.

Sementara mesin 1.8 liter dikabarkan tidak akan ditawarkan lagi, ada peluang Honda akan menyertai varian 1.5 liter turbo dengan versi e:HEV alias hybrid. Namun paling cepat Civic e:HEV baru akan melantai pada tahun 2022, itupun untuk debut global. Versi Civic e:HEV akan mendapat sokongan dua unit motor listrik untuk mendongkrak tenaga dan mengurangi konsumsi BBM.

Baca juga: Penjualan Otomotif Semester I 2021, Honda dan Mitsubishi Bersaing di Bawah Toyota

Honda Civic Sedan 2022

Desain eksterior Civic menjadi perhatian banyak pihak, karena telah bertransformasi menjadi sosok yang lebih kalem. Tidak ditemukan guratan tajam dan tabrakan lekuk-lekuk yang berusaha keras menyuarakan kesan sporty. Cenderung lebih dewasa dan minimalis. Di samping itu, dimensi tubuhnya juga tidak mengembang banyak. Sedikit lebih panjang tapi tetap memiliki lebar dan tinggi identic dengan generasi sekarang.

Begitu juga di dalam kabin, yang seakan kembalikan hal esensial dan mengutamakan pengalaman berkendara ketimbang menonjolkan aspek visual. Ada nuansa minimalis dan tampil apa adanya seperti desain Civic generasi pertama. Memainkan banyak permukaan dan garis mendatar sekaligus sembunyikan kesibukan berbagai komponen dan ornamen.

Baca juga: Honda Brio Pertahankan Trofi Mobil Terlaris di Semester Pertama 2021

Honda Civic Sedan 2022

Meski desainnya berubah ke arah minimalis, Honda meningkatkan unsur kecanggihan untuk Civic pada sisi keselamatan. Rangkain sistem keselamatan Honda Sensing diisi oleh fitur seperti Traffic Jam Assist 2 (TJA 2) dengan kemampuan berkendara semi otonom Level 2. Sistem hiburan touchscreen 7 inci jadi kelengkapan standar, lalu opsi layar 9 inci komplet sistem audio 12 speaker lansiran Bose pada varian tertinggi. Hadirnya Apple CarPlay dan Android Auto tentu akan menjadi standar di generasi baru.

Civic generasi baru akan menjadi fokus Honda di Thailand dalam waktu dekat, tapi bagaimana dengan Indonesia? Sepertinya Indonesia baru akan kedatangan All New Honda Civic paling cepat pada tahun depan. Apalagi kalau melihat konsentrasi PT Honda Prospect Motor (HPM) yang tengah persiapkan debut global versi produksi dari N7X Concept, yang kuat diduga generasi peneruh untuk BR-V. sejumlah negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura bahkan belum mendapat jadwal peluncuran untuk Civic terbaru.

Sebagai informasi, saat ini HPM memasarkan 3 keluarga Civic. Pertama Honda Civic Hatchback RS dengan harga mulai Rp 512,8 juta dan Honda Civic Turbo dijual Rp 533 juta. Keduanya sama-sama menggunakan mesin 1.5L DOHC VTEC turbo dengan tenaga 173 PS. Terakhir ada Honda Civic Type R yang dibanderol Rp 1,177 miliar. (Why/Raju)

Sumber dan Foto: Paultan

Baca juga: Begini Aturan Transportasi Umum Selama PPKM Darurat dari 26 Juli - 2 Agustus 2021

Jelajahi Honda Civic

Model Mobil Honda

  • Honda BRV 2021
    Honda BRV 2021
  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda City
    Honda City
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Jangan lewatkan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda Civic Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda Civic

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sedan

  • Yang Akan Datang