GIIAS Kampanye Standardisasi Emisi EURO 4, Bukan Elektrifikasi

GIIAS Kampanye Standardisasi Emisi EURO 4, Bukan Elektrifikasi

Sudah jadi bagian dari pameran otomotif, mengangkat dan mengkampanyekan tema tertentu. Pun Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), gelaran tahun ini menekankan standardisasi emisi bahan bakar EURO 4.

Tak muluk-muluk, menyerukan kendaraan elektrik untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Alasannya, karena pemerintah sudah menetapkan berlakunya standar emisi EURO 4 untuk emisi gas buang dari bahan bakar minyak, tepatnya 7 Oktober 2018. Sedang uji coba dimulai saat Asian Games dihelat Agustus nanti.

Bahan bakar minyak

GIIAS 2018 yang digelar sebelum perhelatan besar, Asian Games, menjadi momen perdana pendeklarasian standar EURO 4 di Indonesia. Sebagai satu-satunya pameran otomotif yang diakui Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), sewajarnya GIIAS menyambut diberlakukannya EURO 4. "Ini sangat penting buat kita. Ini merupakan langkah besar untuk Indonesia karena melangkah dari EURO 2 ke EURO 4," papar Yohanes Nangoi selaku Ketua Umum Gaikindo saat jumpa media di kawasan Senayan, Jakarta (22/5).

Indonesia saat ini masih termasuk yang menggunakan standar EURO 2, bersama dengan Laos dan Myanmar. Dengan penerapan standar EURO 4, Indonesia bisa mengejar negara lain, yang bahkan kebanyakan sudah memakai standar EURO 6 lebih ketat lagi. Sampai saat ini, sejumlah mobil yang diimpor ke Indonesia harus disesuaikan alias downgrade menjadi EURO 2.

Sementara pihak Pertamina, dikatakan secara bertahap menyediakan BBM berkualitas lebih tinggi yang memenuhi standar EURO 4. Arya Dwi Paramita, External Communication Manager Pertamina, sebelumnya pernah menyebutkan kalau kilang di Balongan, Cilacap dan Balik Papan bakal jadi basis produksi BBM berstandar EURO 4. Namun sampai saat ini, kilang Pertamina belum bisa memenuhi kebutuhan BBM kualitas tinggi sehingga untuk memenuhi pasokan BBM standar EURO 4 masih harus impor. Sebagai informasi, baru Pertamax Turbo sudah memenuhi standar emisi EURO 4.

Melalui ajang GIIAS 2018 yang dihelat pada 2 - 12 Agustus 2018 nanti, pihak Gaikindo berharap dapat memberi inspirasi kepada publik mengenai perkembangan terkini industri otomotif. Salah satunya, soal nilai kepentingan standar emisi EURO 4 untuk kualitas lingkungan hidup yang lebih baik.

Baca Juga: 30 merek pasti ikut GIIAS 2018

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil