jakarta-selatan
kali dibagikan

Lexus LS Generasi Terbaru Debut di Detroit

  • 10 Jan, 2017
  • 3866 Kali Dilihat

Di pameran North American International Auto Show (NAIAS) 2017 menjadi panggung utama bagi Lexus dalam memperkenalkan generasi terbaru sedan flagship mereka, Lexus LS. Generasi kelima LS, kembali merefleksikan keotentikan Jepang dengan kemewahan level tinggi yang semakin ditingkatkan. LS terbaru juga didesain sebagai produk global yang akan tersedia di 90 negara yang tentunya Indonesia akan termasuk di dalamnya.


“LS tidak hanya sebagai simbol merek Lexus, tapi akan menjadi definisi bagi sebuah mobil mewah yang mewujudkan tradisi dan budaya Jepang,” ujar Toshio Asahi, chief engineer new LS, dikutip dari siaran pers Toyota. “Produk global ini harus melebihi apa yang diharapkan dari sebuah mobil mewah” tambahnya.


New Lexus LS


Desain LS terbaru tampak lebih ramping dengan siluet coupe dan memperkenalkan bahasa desain Lexus terbaru. Bodi berdiri di atas platform terbaru global architecture for luxury vehicles (GA-L) dengan format tetap penggerak roda belakang (RWD). Basis ini merupakan pengembangan dari platform LC 500 coupe yang dibuat lebih panjang, rendah dan lebar. Dengan demikian, kedinamisan berkendara turut menjadi perhatian selain tetap mempertahankan kenyamanan sebagai sedan flagship.


Platform GA-L diklaim memiliki kesimbangan tepat antara pengendalian yang lebih lincah tanpa harus mengorbankan kenyamanan. Sebuah tugas yang tergolong sulit bagi pabrikan manapun. Platform yang berasal dari LC 500 coupe memiliki wheelbase yang lebih panjang untuk menampung bodi LS yang lebih besar. Agar tercipta titik gravitasi dan distribusi bobot lebih baik, sasis dibuat lebih lebar dan rendah. Lebih panjang 3,3 cm dibandingkan wheelbase LS model sebelumnya tapi setelan sasis memang dibuat kaku. Tak lain untuk menunjang pengendalian, kehalusan dan kekedapan kabin.


New LS platform


Sebagai penunjang dari sisi keseimbangan berkendara, new LS dilengkapi pengembangan terbaru chassis control technology yang dikenal sebagai Vehicle Dynamic Integrated Management (VDIM). Sistem ini mengontrol rem, kemudi, mesin dan suspensi untuk mengatur pergerakan dasar lateral dan vertikal, dan kemiringan bodi. Kontrol yang semakin optimal akan tercipta kenyamanan berkendara lebih baik, traksi roda dan pengendalian meningkat. Keseimbangan pengendalian semakin bertambah berkat pengembangan pada batang stabilizer aktif dan sistem Lexus Dynamic Handling (LDH) dengan kemudi independen di depan dan belakang.


Bobot semakin ringan jelas salah satu faktor penunjang pengendalian. New LS menggunakan material ultra-high tensile steel dan aluminium yang ringan untuk memangkas 91 kg dibanding LS terdahulu. Dan karena titik gravitasi dibuat lebih rendah, termasuk posisi mesin dan duduk penumpang, disematkan beberapa alat penahan (brace) di sasis sebagai penguat struktur keseluruhan.


new LS cabin


Mesin yang bersemayam di dalam engine bay LS untuk varian LS 500, merupakan mesin pengembangan baru yang menggantikan V8 lama. Mengikuti tren engine downsizing, mesin terbaru ini hanya berkonfigurasi V6 dengan kapasitas mesin 3,5-liter namun disokong oleh dua buah turbocharger. Output dihasilkan tercatat sebesar 415 hp dengan torsi 599 Nm, atau lebih besar daripada mesin V8 terdahulu tapi dengan efisiensi lebih baik. Klaim akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 4,5 detik saja.



New LS juga menggunakan transmisi otomatis 10-kecepatan terbaru yang juga dicomot dari LC 500 coupe. Transmisi ini masih konvensional menggunakan torque converter namun menurut Lexus memiliki performa secepat transmisi kopling ganda.


All-New Lexus LS 2018 baru akan dijual untuk pasar Amerika Serikat di akhir tahun 2017. Ini berarti butuh waktu lebih lama lagi hingga mendarat di tanah air.


Baca Juga: Lexus Kembangkan Fuel Cell Untuk Tahun 2019


Sumber: Toyota Global Newsroom

  • Tampak Depan Bawah Lexus LS
  • Tampak samping LS
  • Tampak belakang serong LS
  • Tampak Depan Lexus LS
  • Tampak belakang LS
  • Tampak Grille LS
  • Lampu depan LS
  • lampu belakang LS
Lexus LS
Rp 3,74 - Rp 4,66 Milyar
Lihat Promo

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Lexus LS

Lihat video terbaru Lexus LS untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Lexus Pilihan

  • Populer
  • Komparasi