Ini Mobil-Mobil yang Gunakan Mesin Hasil Buatan Yamaha

Ini Mobil-Mobil yang Gunakan Mesin Hasil Buatan Yamaha

Kita mungkin kenal dengan sepeda motor bermerek Yamaha, atau alat musik seperti piano dan gitar dengan merek sama. Pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu, Shizouka, Jepang ini jua piawai dalam urusan membuat mesin dengan berbagai peruntukan. Selain motor, ada juga mesin tempel untuk transportasi air, atau ATV. Tapi tahukah Anda jika mereka juga ahli membuat mesin mobil? Ini yang jarang diketahui.

Yamaha ternyata andil dalam membuat penggerak mobil yang mumpuni. Bahkan beberapa di antaranya digunakan oleh roda empat yang kemudian menjadi legendaris. Nah, inilah daftarnya.

Volvo XC90 2002

Volvo XC90

Ia adalah SUV pertama dari pabrikan Swedia, Volvo. Kehadiran tahun 2001 diawali oleh Adventure Concept Car yang debut di North American International Auto Show (dikenal juga sebagai Detroit Auto Show). Tahun berikutnya, selubung Volvo XC90 dibuka ke publik dengan mesin lima dan enam silinder 2,5 liter.

Volvo merasa kurang sreg kalau tidak punya yang performanya lebih. Terutama untuk mendobrak pasar Amerika Serikat. “Kita perlu mesin V8,” kurang lebih begitu pernyataan para petinggi. Masalahnya, Volvo belum pernah bikin V8. Mengambil dari yang sudah ada bikinan pabrikan lain, takut tidak cocok dengan karakter Volvo yang mengedepankan keselamatan.

Yamaha pun mengacungkan tangan. Disepakati, karena Volvo punya kebutuhan yang spesifik mereka akan mendesain mesin. Yamaha yang mewujudkan. Lahirlah B8444S, mesin berukuran ringkas dengan konfigurasi V8 yang khusus dibuat untuk posisi melintang di dalam ruang mesin. Tenaga 292 PS disalurkan melalui transmisi Aisin ke sistem gerak AWD buatan Haldex.

Selain XC90, B8444S juga dipakai di S90 generasi sebelum yang ada sekarang. Hadir juga di supercar Noble M600 dengan posisi membujur, ditambahkan turbocharger. Tenaganya terdongkrak jadi 650 PS.

Baca juga: Mengenang Kejayaan "Si Babi Merah", Saloon Mercedes-Benz yang Mengharumkan nama AMG Lima Puluh Tahun Silam

Ford Taurus SHO

Ford Taurus SHO

Kalau tidak tahu mobil ini, tidak perlu khawatir. Karena memang hanya dipasarkan di Amerika Serikat dan sekitarnya. Saat muncul pertama kali tahun 1985, orang Amerika terpukau dengan desain yang futuristis pada masanya. Ford kala itu nyaris bangkrut, tertolong oleh kehadiran mobil ini.

Lalu muncul versi Taurus Super High Output, disingkat SHO. Di balik moncong yang aerodinamis, terpasang mesin V6 3,0 liter bikinan Yamaha yang mampu mengeluarkan 223 hp. Tipikal Yamaha, mesinnya bisa berputar tinggi. Jantung mekanis ini dikatakan mampu mencapai 8.000 rpm. Meski supaya panjang umur, dibatasi hingga 7.300 rpm. Tetap saja gila. Angka-angka itu bahkan mempermalukan Ford Mustang ‘Vox Body’ bermesin V8.

Belum lagi bentuk mesin dengan lekukan saluran intake yang indah. Terlalu indah untuk bertengger di ruang mesin, cukup pantas dipajang di museum seni.

Taurus SHO generasi kedua yang dikeluarkan tahun 1992 juga menggunakan mesin ini. Namun generasi ketiga yang muncul empat tahun kemudian diganti menggunakan V8 buatan Cosworth. Tapi, silinder head-nya dibikin Yamaha.

Lexus LFA 2011

Lexus LFA

LFA yang hadir akhir 2010 adalah ‘mainan’ yang terbilang baru waktu itu, untuk Lexus. Dan karena mereka punya standar tinggi di berbagai hal, sports car ini juga tidak terkecuali. Semuanya harus dibuat semaksimal dan sedetail mungkin.

Toyota kemudian menggandeng Yamaha, anak perusahaannya. Pabrikan Garpu Tala ini mengeluarkan ide V10. Toyota suka, jalanlah produksi mesin V10 yang unik. Ukurannya lebih kecil dari penggerak V8 konvensional. Klep dibuat dari bahan titanium, rocker arm dilapisi material yang kekuatannya menyamai berlian. Aluminium alloy dan titanium alloy digunakan di bagian lain. Kode mesinnya 1LR-GUE.

Bukan cuma material yang eksentrik, karakternya juga unik. Tenaga 560 PS dan seperti dibilang tadi, karakter jantung mekanis Yamaha adalah high revving. Si GUE mampu berputar hingga 9.000 rpm! Dorongan torsi terasa mulai dari 3.700 rpm, memuncak di 6.800 rpm sebesar 480 Nm dan flat hingga batas putaran akhir. ECU memutus aliran bensin pada 9.500 rpm. Jarang ada mesin mobil jalan raya macam ini.

Tidak hanya performa, suaranya juga luar biasa. Engineer Lexus dan Yamaha mengatakan suaranya bagaikan ‘raungan para malaikat.’ Berlebihan? Tidak juga, coba saja cari video LFA sedang ngegas. Suara itu juga diracik oleh Yamaha. Tapi bukan oleh divisi mesin, melainkan yang spesialis akustik. Mantap kan?

Baca juga: Deretan 10 Mobil dengan Mesin Naturally Aspirated Paling Bertenaga di Dunia

Toyota 2000GT 1967

Toyota 2000GT

Inilah mobil yang membuat dunia melihat kedua pabrikan sebagai pemain golongan kakap. Tapi sebelumnya, yang menarik soal 2000GT adalah proses awal kehadirannya. Yamaha yang ingin bikin kendaraan roda empat berperforma mengontak Nissan. Pesaing Toyota ini sedang memikirkan penerus Fairlady yang sukses dimana-mana. Tapi Nissan merasa tidak cocok.

Yamaha terlanjur bikin proposal, menawarkan kepada Toyota yang kebetulan juga kepincut bikin mobil sport. Konon niat Toyota ini disulut oleh kesuksesan Jaguar E-Type. Gayung bersambut, lahirlah 2000GT yang melegenda dengan mesin DOHC empat silinder bertenaga 150 hp.

Desainnya yang aduhai digambar oleh desainer Toyota Satoru Nozaki. Tapi proses engineering dan perakitan dilakukan oleh Yamaha. Muncul pertama kali tahun 1965. Mobil inilah yang jadi titik balik Toyota. Dari yang awalnya dicap sebagai tukang jiplak, pembuat mobil murahan, jadi produsen otomotif kelas global. (Ind/Raju)

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil