Mulai 2019, Akan Ada Lexus Berbahan Bakar Hidrogen

Mulai 2019, Akan Ada Lexus Berbahan Bakar Hidrogen

Toyota dikabarkan 'menularkan' teknologi hidrogen mereka kepada divisi mobil mewahnya, Lexus. Hal tersebut seiring dengan peraturan yang diterapkan beberapa negara terkait penggunaan mobil dengan bahan bakar yang memiliki emisi gas buang rendah. Nantinya, Lexus akan memasarkan banyak varian yang menggunakan teknologi hidrogen sebagai sumber tenaga.

Pernyataan tersebut diungkapkan langsung oleh bos Lexus Eropa, Alain Uyttenhoven. Menurut Alain, pihaknya saat ini sudah menguasai teknologi mobil hidrogen pada produk Toyota, sementara tantangan yang dihadapi ialah bagaimana penerapan teknologi tersebut dapat menghasilkan kendaraan dengan performa tinggi serta kenyamanan yang baik.

"Masalah yang ada ialah saat ini memasukan teknologi itu ke dalam mobil mewah dengan performa tinggi. Jadi hanya perlu beberapa penyesuaian saja dan mungkin akan bisa masuk kedalam sebuah SUV," papar Alain seperti yang dikutip dari Autoexpress.

Mirai Production

Saat ini, Toyota sudah memiliki kendaraan berteknologi hidrogen yaitu Mirai. Mobil tersebut hadir dengan menggunakan motor listrik bertenaga 152 bhp yang mampu menghasilkan kecepatan dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 9,6 detik.

Rencananya, mobil berteknologi hidrogen Lexus ini akan dipasarkan pada tahun 2020 mendatang. Sebagai tahap awal, Lexus menyatakan teknologi hidrogen ini akan dihadirkan pada model LS. Mobil ini akan diluncurkan Lexus pada tahun 2019 mendatang.

Bila kelak diluncurkan, Lexus LS dicanangkan akan jadi kendaraan mewah pertama yang hadir dengan menggunakan teknologi hidrogen. Pesaing Audi A8, BMW Seri 7, Jaguar XJ dan Mercedes-Benz S-Class ini akan hadir dengan teknologi masa depan.

Sebelumnya, pada tahun 2015 di ajang Tokyo Motor Show, Lexus memamerkan mobil sport berteknologi fuel cell atau hidrogen yang diberi nama LF-FC. Mobil ini juga dipamerkan Lexus di Indonesia lewat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang baru lalu.

Saat dipamerkan, konsep LF-FC bertenaga hidrogen ini hadir dengan menggunakan satu motor listrik dengan penggerak roda belakang. Sementara untuk Lexus LS akan dijual Toyota di beberapa kota negara maju seperti London, Los Angeles, Paris dan Tokyo pada tahun 2019 nanti.

Untuk penjualannya, Lexus menyatakan tidak akan muluk-muluk terkait target. Diperkirakan hanya akan dipasarkan dalam jumlah ratusan unit oleh Lexus. Kehadiran mobil ini dilakukan Lexus seiring dengan rencana penghapusan mobil dengan bahan bakar diesel pada tahun 2020.

Baca Juga: LF-FC, mobil konsep yang Indah