Generasi Ke-11 Honda Civic Mendebut, Sembunyikan Penyempurnaan di Balik Penyederhanaan Gaya

Generasi Ke-11 Honda Civic Mendebut, Sembunyikan Penyempurnaan di Balik Penyederhanaan Gaya

Resmi sudah Honda Civic generasi ke-11 mendebut. Wujudnya tak asing lagi lantaran sudah mejeng duluan sebagai prototipe beberapa waktu lalu. Realisasinya pun tak berbeda jauh, jadi evolusi Civic yang tampil lebih sederhana dan terkesan dewasa ketimbang model lama. Tapi di balik itu tentu terdapat berbagai penyempurnaan.

Suka atau tidak, lenggok terbaru Civic sedan jauh lebih merendah ketimbang versi sebelum. Tidak ditemukan guratan tajam dan tabrakan lekuk-lekuk yang berusaha keras menyuarakan kesan sporty. Cenderung lebih dewasa dan minimalis. Di samping itu, dimensi tubuhnya juga tidak mengembang banyak. Sedikit lebih panjang hanya saja memiliki lebar dan tinggi identik.

Juga dalam kabin, ia seakan kembalikan hal esensial dan mengutamakan pengalaman berkendara ketimbang kesibukan visual. Ada nuansa kesederhanaan dan tampil apa adanya seperti leluhur Civic generasi pertama. Memainkan banyak permukaan dan garis mendatar sekaligus sembunyikan kesibukan berbagai komponen dan ornamen. Bermain rapih. Visibilitas lantas ditingkatkan lewat penempatan batang spion di bodi berikut beltline rendah.

Yep, segala kesibukan garis di dasbor diminimalisir. Boleh dibilang lebih nyaman di mata bagi yang tidak suka dengan keramaian lekuk eksentrik. Ini ditujukan meningkatkan fungsionalitas. Mengurangi refleksi cahaya di kaca depan. Melansir The Drive, Honda menempatkan fokus terhadap kesederhanaan dan kebersihan yang menjadi ekspektasi arah masa depan desain pabrikan.

Honda Civic

Kendati begitu, tampil sederhana bukan berarti melupakan fitur kekinian. Sarana hiburan touchscreen 7 inci jadi kelengkapan standar. Pada varian lebih tinggi bahkan terpasang monitor 9 inci komplet sistem audio 12 speaker lansiran Bose. Terlepas dari tingkatan trim, semua sudah kebagian teknologi integrasi Apple CarPlay dan Android Auto. Belum selesai sampai di situ, terpasang instrumentasi digital sebagai standar pula. Baik itu model cluster hybrid berisi monitor tujuh inci atau set full digital 10,2 inci sesuai varian.

Mungkin bagi sebagian penambahan fitur terdengar kurang gigit. Well, sorotan penyempurnaan justru di balik semua hal yang terlihat langsung. Terletak pada struktur, Civic memiliki rangka lebih kaku. Torsional rigidity diklaim meningkat 8 persen sementara bending rigidity naik 13 persen. Sontak menjadikan generasi ke-11 sebagai anggota bersasis paling kaku.

Semakin kaku berarti terdapat korelasi dengan penyempurnaan handling. Tapi bukan itu saja faktornya. Ball joint depan minim gesekan, dudukan damper depan, dan electronic power steering anyar disebut berikan feedback lebih baik serta stabilitas di jalan lurus. Selain itu, bos suspensi di belakang bikin berkendara lebih nyaman dengan mengurangi kadar NVH (Noise, Vibration, and Harshness). Atas semua revisi ini, gen 11 diklaim sebagai Civic yang paling menyenangkan untuk dikendarai.

Baca juga: Honda Tebar Teaser Mobil Baru di Instagram, All-new BR-V?

Honda Civic Interior

Perbaikan di sektor handling dibarengi pula penyempurnaan enjin. Efisiensi Unit empat silinder 2.000 cc naturally aspirated diperbaiki melalui penggantian catalytic converter, start/stop system, dan revisi CVT. Output tidak berubah, sanggup gelontorkan output 158 hp dan torsi 187 Nm. Namun lain cerita pada enjin turbo, sajikan keluaran daya 180 hp dan momen puntir 240 Nm yang berarti meningkat 6 hp dan 20 Nm.

Terakhir urusan keselamatan, juga kebagian peningkatan kemampuan. Contoh fitur Honda Sensing kini memanfaatkan wide-view camera, menggantikan aransemen kamera dan radar. Kemudian semua itu disambung ke prosesor anyar agar identifikasi objek, marka, dan rambu lalu lintas lebih akurat. Lebih dari itu, Civic menganut desain peranti keselamatan lebih baik. Sepasang airbag depan didesain untuk menghindari trauma otak dan cedera leher. Ditambah pula perbekalannya dengan airbag samping untuk penumpang belakang.

Untuk saat ini baru model sedan berkenalan diri. Namun, di masa mendatang, ia akan disusul oleh hatchback dan model lebih bertenaga seperti Si dan Type R. Kita tunggu saja. (Krm/Raju)

Baca juga: Honda HR-V Generasi Baru, Tampilan Makin Ganteng dan Ada Versi Hybrid

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda BRV 2021
    Honda BRV 2021
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Jangan lewatkan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda Civic Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda Civic

Tren Sedan

  • Yang Akan Datang