Honda HR-V Generasi Baru, Tampilan Makin Ganteng dan Ada Versi Hybrid

Honda HR-V Generasi Baru, Tampilan Makin Ganteng dan Ada Versi Hybrid

Lama ditunggu, Honda akhirnya segera menghadirkan generasi terbaru Honda HR-V. Generasi ketiga model ini akan segera dijual di Eropa pada akhir tahun. Crossover andalan Honda itu mendapat banyak ubahan. Tak hanya tampilan tapi juga interior, fitur, dan pilihan mesin baru.

Pabrikan Jepang itu meneruskan prinsip pengembangn kendaraan "Man-Maximum, Machine-Minimum". Honda menggunakan global small platform terbarunya yang juga digunakan oleh generasi terbaru Honda Jazz dan City. Salah satunya adalah dengan layout tangki bahan bakar di tengah. Hal ini ditujukan untuk memaksimalkan ruang kabin.

Tubuhnya lebih lebar dari Jazz dan City dengan panjang 4.330 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.590 mm. Honda HR-V generasi baru hadir melalui konsep eksterior Sleek & Long Cabin yang digunakan untuk memberikan efek tampilan lebih segar dengan kemasan lebih padat. Konsepnya coupe-style terlihat jelas di desain kaca bagian belakang. Bagian bumper juga dibuat dengan tampilan baru. Grille senada bodi dipasang menggantikan chrome dront bar pada model sebelumnya.

Honda HR-V 2022

Banyak bagian baru yang dibuat seperti door handle kekinian. Bagian belakang terlihat tailights baru yang terintegrasi dengan logo Honda pada bagian tengah.

Ragam fitur kekinian juga turut disematkan, salah satunya teknokogi keselmatan Honda Sensing. Sementara untuk itu Honda Connect sudah tersemat yang menjadi perangkat standar. Masih ada lagi beberapa fitur lain, salah satunya pintu bagasi belakang yang dibuka tutup tanpa harus disentuh.

Honda mengatakan mereka fokus pada kelegaan dan keleluasaan kabin. Dimulai dari penggunaan kaca depan yang lebih besar untuk pandangan lebih luas. Jok pengemudi dibuat 10 mm lebih tinggi dari model sebelumnya. Kemudian desain dashboard horizontal serta bonet datar. Penggunaan ventilasi AC berbentuk L yang memaksimalkan aliran udara hingga ke belakang.

Penempatan tombol-tombol kontrol juga ditata ulang. Tombol hiburan dan AC dibuat berdekatan. Sedangkan di bagian belakang, pangaturan kursi juga dibuat baru. HR-V meningkatkan legroom dan headroom, meski secara dimensi ia masih sama dengan model sebelumnya.

Baca juga: Honda Brio Kantongi Penjualan Ratusan Unit Selama IIMS Hybrid 2021

Honda HR-V 2022 interior

Versi Hybrid

Mengambil konsep "Amp Up Your Life", HR-V -- yang dikenal dengan Vezel untuk pasar Jepang -- juga ditawarkan dengan versi hybrid yang merupakan kolaborasi mesin bensin dan motor listrik bernama e:HEV. "Pada model e:HEV kami bertujuan menghasilkan pengendaraan bertenaga yang cocok untuk SUV, dengan meningkatkan jumlah sel baterai dan meningkatkan output motor," tulis Honda dalam keterangan resmi Honda.co.jp, Jumat (23/4/2021).

Secara tenaga, HR-V e:HEV memiliki motor listrik dengan tenaga 131 PS atau setara 129,2 hp dan torsi 253 Nm. Motor listrik tersebut disingkronkan dengan mesin Atkinson 1.500 cc bertenaga 106 PS atau 104 hp dan torsi 127 Nm. Sehingga total model hybrid ini memiliki tenaga 126 PS.

Tak hanya itu, Honda juga menyajikan model HR-V hybrid dengan tiga varian, yakni e:HEV X, e:HEV Z, dan e HEV PLaY. Bahkan ada pilihan penggerak empat rodanya. Plus ada 3 pilihan model berkendaran Sport, Normal, dan Econ.

Versi hybrid ini ditawarka untuk pasar Eropa. Untuk varian bensin -- di negara lain -- disokong mesin 1.500 cc DOHC i-VTEC yang mampu menyuplai tenaga 113 hp serta torsi maksimal sebesar 142 Nm pada putaran mesin 4.300 rpm.

Honda HR-V Urban Style Honda HR-V Urban Style

Pilihan Paket Modifikasi

Menariknya, meski baru diperkenalkan, HR-V terbaru sudah tersedia dalam balutan paket aksesoris pada eksteriornya. Tampilan tersebut disediakan oleh Honda Access untuk Honda Vezel dengan paket Urban Style dan Casual Style. Kedua kit aksesoris tersebut disediakan untuk menambah estetika dari desain eskterior Honda HR-V sekaligus menjadi alternatif tampilan jika konsumen kurang suka dengan paket aksesoris dari Mugen yang terkesan terlalu sportif.

Pertama, grill depan dengan sisipan mesh hexagonal. Kemudian terdapat skirt pada bumper depan dengan tampilan yang lebih lebar dan terlihat lebih menonjol. Bagian sampingnya diberi sentuhan garnish berkelir krom. Tambahan, ada spoiler di pintu bagasi belakangnya. Selain itu terdapat hiasan tambahan pada bumper belakang dan lapisan krom pada lubang knalpotnya.

Paket aksesoris kedua sebetulnya sama dengan yang pertama. Beadanya, yakni hanya pada finishing warna saja. Kalau tipe Urban Style lebih condong menggunakan aksen berwarna krom silver sementara versi Casual Style punya warna yang sedikit lebih gelap, copper brown. Perbedaan mencolok juga tampak pada cover spion yang hanya tersedia pada paket aksesoris Casual Style.

Baca juga: Honda SUV e:prototype, Mobil Listrik Murni Bergaya HR-V Segera Dijual

Honda HR-V Casual Style Honda HR-V Casual Style

Tentunya rangkaian produk Honda Access untuk HR-V tidak hanya sebatas body kit saja, tersedia pula paket aksesoris lain seperti C-pillar decals, tailgate garnish, emblem, fog lamp garnish, aluminium wheels, pelindung gagang pintu, bingkai pelat nomor dan mudguard.

Honda Access juga menyediakan paket tambahan untuk interior. Salah satunya lampu tambahan untuk konsol tengah, footwell, pegangan pintu, ruang penyimpanan di pintu dan cupholder. Konsumen juga bisa memasang side sills dengan logo Vezel, pedal akselerasi bergaya sport, floor mats dengan bahan fabric, sarung jok, tambahan colokan USB di baris kedua dan layanan pengisi daya smartphone secara nirkabel.

Honda Access juga menyediakan paket tamabahan lainnya untuk mendukung keselamatan pengendara Vezel/HR-V seperti kamera depan belakang dengan perekam video. Selain itu tersedia sistem navigasi yang bisa disesuaikan, speaker Kenwood dan kursi khusus balita ataupun perlengkapan yang mendukung untuk para pecinta hewan.

Sepertinya apa yang disediakan oleh Honda Access untuk pelanggan Vezel di Jepang sangat lengkap dengan berbagai pilihan tergantung dari keinginan dan kebutuhan konsumen. Diharapkan pilihan paket tersebut juga tersedia untuk konsumen lain di luar Jepang khususnya di Indonesia yang juga punya basis pengguna maupun penggemar Honda HR-V cukup banyak.

Honda HR-V Mugen Honda HR-V Mugen

Paket Mugen

Tak butuh waktu lama juga bagi mobil ini untuk mendapatkan sentuhan Mugen. Melansir Indiacarnews, Mugen Motorsport telah mengumumkan sederet aksesori aftermarket dari generasi terbaru Honda HR-V. Dengan body-kit dan knalpot sport dari Mugen, penampilan Honda HR-V jadi semakin sporty dan ganteng.

Untuk perubahannya, SUV ini mendapatkan gril dan headlamp baru. Kemudian ada garis di bodi bawah mobil yang memanjang dari samping hingga belakang. Selain itu, juga disematkan spoiler terintegrasi dengan atap, spoiler tailgate, stiker bumper belakang dan penutup ORVM. Sederet aksesori ini berharga JPY 596.200 atau Rp 80 juta (Kurs JPY1=Rp134).

Untuk peningkatan performanya, Mugen menyediakan filter udara baru dan sistem pembuangan khusus. Menariknya knapot yang dipakai berasal dari mobil balap. Harganya sendiri mencapai JPY 126.500 atau Rp 16 juta.

Kemudian Mugen juga menawarkan velg 18 inci khusus dengan banderol JPY 50.600 atau Rp 6 juta. Selain itu, pelanggan juga bisa membeli karpet merah yang telah disediakan. Mugen juga menawarkan pekerjaan cat khusus agar HR-V tampil dengan skema dual-tone. Pelanggan juga bisa menambahkan garnish gril depan, ekstensi spoiler, dan garnish side skirt. (Raju)

Baca juga: Efek Insentif PPnBM, Penjualan Mobil Melonjak 172 Persen pada Maret 2021

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Jangan lewatkan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda HRV Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda HRV

Tren Crossover

  • Yang Akan Datang