• Wishlist

Ferrari Jakarta Siapkan 5 Pembalap Ferrari Challenge Asia Pacific 2018

Ferrari Jakarta Siapkan 5 Pembalap Ferrari Challenge Asia Pacific 2018

Ajang balap satu pabrikan Ferrari Challenge menyambut musim baru. Seperti pada musim sebelumnya, Indonesia turut meramaikan balapan satu merek itu. Namun ada yang berbeda, tahun ini Ferrari Jakarta mengirimkan lima pembalap sekaligus. Selain itu, khusus untuk regional Asia Pasifik, tahun ini menggunakan mobil baru dari basis Ferrari 488 GTB.



[caption id="attachment_71912" align="alignnone" width="852"] (Leonard Adam/Ferrari Jakarta)[/caption]

"Ini (musim 2018-red) merupakan pencapaian tertinggi karena kita memiliki lima pembalap," papar Arie Christopher selaku CEO Ferrari Jakarta dalam sambutannya di markas Ferrari Jakarta (7/2). Arie juga menyampaikan, dua dari lima pembalap Indonesia merupakan profesional. Salah satunya, Renaldi Hutasoit, yang beberapa kali pernah naik podium di ajang serupa, Rama Danindro dan Aditia. Dua lagi akan diumumkan menyusul. Musim lalu, Renaldi absen dan Indonesia tidak naik podium.


Selain lima pembalap dari Indonesia, mobil 488 Challenge perdana mengaspal di balap Ferrari regional Asia Pasifik. Di luar regional itu, di Eropa dan benua lain, 488 Challenge sudah digunakan sejak musim lalu.


Dibanding 458 Challenge, banyak perubahan yang menjadikan balapan tahun ini lebih menantang. Selain tenaga lebih besar, karena dukungan turbocharger, peningkatan lain juga diaplikasi seperti aerodinamika lebih baik dan diet bobot dengan mengganti sejumlah material menjadi serat karbon. Sistem mode berkendara Manetinno, juga jadi elemen penting balap menggunakan 488 Challenge karena pengemudi harus bisa memilih mode sesuai kondisi.



"Mobil ini yang pertama dilengkapi turbo untuk digunakan dalam seri one make race Ferrari. Banyak bagian telah didesain ulang sepenuhnya, untuk memastikan peningkatan efisiensi dibandingkan dengan 458 Challenge Evo. Tidak diragukan lagi, musim ini menjadi musim yang cepat dan seru bagi para pembalap," ungkap Louis Colmache yang menjabat Head of Corse Clienti Asia Pasifik.


Tentu saja mobil Ferrari 488 Challenge seragam digunakan untuk semua pembalap. Tujuannya, agar tidak terjadi perang hardware dan hanya mengandalkan skill pengemudi sebenarnya. Teknisi juga disediakan oleh Ferrari langsung, dengan tim yang khusus menangani ajang balap ketahanan Ferrari seperti World Endurance Championship dan Le Mans.


Ferrari Challenge APAC 2018 dimulai pada 22 Maret 2018. Sirkuit pembuka dilaksanakan di Melbourne dan menjadi momen pendukung Australian Grand Prix. Sirkuit lainnya termasuk di New Zealand, Shanghai, Fuji dan Suzuka di Jepang, Singapura, dan ditutup di Monza (Italia). Beberapa sirkuit itu masuk sirkuit skala internasional yang dipakai di balap bergengsi Formula 1.


Dengan mengirimkan lima pembalap dan tiga mobil, mewakili tiga kelas, Ferrari Jakarta ingin menunjukkan pada dunia, banyak pembalap dari Indonesia yang punya kemampuan menjanjikan. Harapannya, tentu, pembalap Indonesia naik podium. Membalas absennya Indonesia dari podium musim lalu. "Saya optimis para driver ini akan mengharumkan nama Indonesia dan mengibarkan Merah Putih di kancah Internasional," tutup Arie. (Tom/Odi)


Baca Juga: Ferrari FXX-K Evo Lebih Bengis Buat Trek Balap

Jelajahi Ferrari 488 Spider

Ferrari 488 Spider Rp 10 Milyar Cicilan : Rp 228,16 Juta

Bandingkan & Rekomendasi