• Wishlist

Ferrari FXX-K Evo Lebih Bengis Buat Trek Balap

Ferrari FXX-K Evo Lebih Bengis Buat Trek Balap

Tak pernah merasa cukup. Itu berlaku juga buat Ferrari yang baru saja merilis update untuk hypercar FXX-K. Disebut Ferrari FXX-K Evo, pada dasarnya paket peningkat performa dari flagship khusus trek balap FXX-K. Paket Evo sebetulnya cukup sederhana, meningkatkan sistem aerodinamika dan diet bobot. Yang diambil acuannya, Ferrari LaFerrari. Meski begitu, hasilnya lebih dari sederhana.


Paket Evo memberi revisi serius di sektor eksterior. Bagian wajah dan buritan dioprek aerodinamikanya, sehingga mengalirkan udara lebih baik. Downforce meningkat berkat sejumlah atribut. Di antaranya ekstra intake di depan dan bagian roda depan serta beberapa peningkatan lain. Intake udara dan rem roda depan didesain ulang. Peningkatan keseluruhan bagian depan terinspirasi mobil GT besutan Ferrari.


Ferrari FXX-K Evo (2)


Bagian buritan sudah ada sayap permanen dan bekerja saling mendukung dengan spoiler belakang aktif. Bukan hal baru memang. Tapi dikatakan peranti lunak untuk spoiler dioprek agar memberi keuntungan maksimal bagi sayap. Ada juga sayap-sayap kecil di bilah penghubung sayap utama dengan bagian tengah belakang mobil dan di ujung pojok belakang kiri serta kanan mobil.


Diklaim peningkatan downforce keseluruhan mencapai 23 persen dari FXX-K standar dan 75 persen dibandingkan LaFerari. Evo menghasilkan downforce 640 kg pada kecepatan 200 km/jam dan 830 kg pada kecepatan puncaknya. Angka itu mendekati mobil balap GT3.


Sektor interior ternyata juga kena update, meski tak banyak. Lingkar kemudi disetel ulang dan layar infotainment diperbesar serta menggunakan sistem telemetri. Sektor mekanis ternyata tak diubah, dengan pertimbangan angka performa sudah cukup bengis untuk berlari di lintasan balap. Hanya bagian suspensi yang disetel untuk penyesuaian dengan peningkatan pada downforce FXX-K Evo.


Ferrari FXX-K Evo (1)


Angka performa 1.050 PS dan torsi 900 Nm masih disemburkan dari mesin V12 6.3 liter yang dikombinasikan dengan motor elektrik. Penyalur daya transmisi kopling ganda F1 7-speed juga masih bertugas menyalurkan daya ke penggerak rodanya. Dengan peningkatan performa aerodinamika dan diet bobot, klaim performa juga turut meningkat. Namun Ferrari belum merilis informasi terkait hal itu.


Ferrari FXX-K Evo bisa didapatkan dengan dua cara: pemiliki FXX-K biasa bisa mengupgradenya menjadi Evo atau bisa dibeli langsung unitnya yang dijual sangat terbatas. Seperti FXX-K biasa, Evo juga difokuskan khusus untuk trek balap dan hanya boleh digunakan pada kompetisi atau program khusus dari Ferrari.


Baca juga: Ferrari Paling Bertenaga Resmi Hadir di Indonesia

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store